Rabu, 27 Juli 2016

MENGAPA NATAL HARUS DITOLAK?

Ada yang berusaha menghitung kebenaran tanggal Natal 25 Desember dengan berdasarkan pada urutan rombongan imam besar yang bertugas, yakni imam besar Zakharia, ayahnya Yohanes Pembaptis yang dari rombongan Abia. Tapi ini akan saya bahas secara tersendiri, sebab sekalipun benar tanggalnya namun itu harus ditolak.

1. Konsep ELOHIM YAHWEH adalah konsep pemerintahan, sehingga segala sesuatu harus didasarkan pada perintah ELOHIM YAHWEH, selaku RAJA-nya. Uza yang bermaksud baik menyelamatkan tabut perjanjian dari terjatuh ke tanah, dihukum mati oleh TUHAN, sebab Uza bukan orang Lewi yang diberi tanggungjawab untuk mengurusi perkakas Kemah Suci.

2Samuel
6:6Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Nakhon, maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir.
6:7Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu.

Perhatikan ayat ini:

1Kor. 4:6Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.

2. Merayakan ulangtahun tidak ada dalam ajaran maupun perintah ELOHIM YAHWEH. Kebiasaan merayakan ulangtahun bangsa Yahudi terjadi setelah mereka pulang dari pembuangan Babilon. Jadi, itu adalah ajaran kafir.

a. Di Perjanjian Lama, ulangtahun Firaun[lambang kekafiran Perjanjian Lama] memakan korban juru roti digantung;

Kejadian  40:20Dan terjadilah pada hari ketiga, hari kelahiran Firaun, maka Firaun mengadakan perjamuan untuk semua pegawainya. Ia meninggikan kepala juru minuman dan kepala juru roti itu di tengah-tengah para pegawainya:

b. Di Perjanjian Baru, ulangtahun Herodes[lambang kekafiran Perjanjian Baru] memakan korban kepala Yohanes Pembaptis dipenggal;

Matius 14:6Tetapi pada hari ulang tahun Herodes, menarilah anak perempuan Herodias di tengah-tengah mereka dan menyukakan hati Herodes,
14:11dan kepala Yohanes itupun dibawa orang di sebuah talam, lalu diberikan kepada gadis itu dan ia membawanya kepada ibunya.

3. Dari fase hidup ELOHIM YESHUA: kelahiran, kematian dan kebangkitanNYA, yang kita disuruh memperingatinya adalah kematianNYA;

Luk. 22:19Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."

1Kor. 11:26Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

4. Ulangtahun itu untuk orang yang masih hidup, sedangkan Alkitab mencatat ELOHIM YESHUA sudah mati untuk menebus dosa manusia. Tidak ada orang merayakan ulangtahun buat orang yang sudah mati.

Apakah anda seperti Muslim yang tidak mempercayai kematian ELOHIM YESHUA?

5. Ulangtahun itu untuk kehidupan di dunia, sedangkan ELOHIM YESHUA setelah kebangkitanNYA hidup kekal. Ulangtahun itu untuk menghitung umur sampai kita matinya. Tapi di akherat umur kita abadi sehingga tak perlu dihitung.

6. Ulangtahun itu memberi peringatan tentang semakin dekatnya kematian kita. Menurut kita ulangtahun itu menambah umur kita; dari umur 17 ke 18, kita pikir itu bertambah. Tapi menurut ELOHIM YAHWEH, itu mengurangi masa hidup kita. Semakin bertambah umur kita semakin dekat dengan kematian. Maukah anda diberi ucapan: "selamat menyongsong kematianmu?"

Karena itu ulangtahun harusnya menjadi hari perenungan bukannya dipestakan. Sebab "tahi" dibungkus kertas kado yang indahpun tetap "tahi." Bahwa ulangtahun semakin mengurangi umur itulah kebenarannya. Dipestakan seperti apapun takkan menambah usia kita.

7. Ucapan ulangtahun itu biasanya disampaikan secara langsung ke yang bersangkutan, yaitu ELOHIM YESHUA. Tapi ucapan Natal diucapkan ke sesama Kristennya: "Selamat ulangtahun, YESUS", "Selamat Natal, YESUS."

Coba lihat pada kartu ucapan Natal yang anda kirimkan, kepada siapa itu anda tujukan? Ke YESUS atau ke teman? Kacau, nggak?!

8. Musim salju di Israel itu antara 21 Desember hingga 21 Maret. Coba pikirkan apa mungkin ada gembala yang berkeliaran di padang dan orang Majus mengadakan perjalanan berhari-hari di malam hari karena mereka melihat kelahiran ELOHIM YESHUA berdasarkan perbintangan?

9. ELOHIM YESHUA naik ke sorga tahun 31, kitab Wahyu ditulis tahun 95. Ada masa 64 tahun sejak kenaikan ELOHIM YESHUA. Apakah ada para rasul yang merayakan Natal ataupun memerintahkannya?

10. ELOHIM YAHWEH itu mengerti tanggalan, bukan buta tanggalan. Sejak di zaman nabi Nuh sudah diperkenalkan tanggalan;

Kej. 8:5Sampai bulan yang kesepuluh makin berkuranglah air itu; dalam bulan yang kesepuluh, pada tanggal satu bulan itu, tampaklah puncak-puncak gunung.

ELOHIM YAHWEH pula yang membuatkan penanggalan Israel untuk menandai hari-hari raya Israel di zaman nabi Musa. Tapi untuk kelahiran ELOHIM YESHUA tidak disebutkan tanggal lahirNYA;

Luk. 2:11Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Itu artinya ELOHIM YAHWEH sengaja menyembunyikannya. Mengapakah kita mereka-rekakannya?

Ulangan 29:29Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

Yer. 14:14Jawab TUHAN kepadaku: "Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri.

Yer. 23:16Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN;

11. Natal, mengapa menggunakan pohon cemara, bukannya pohon Ara yang lebih populer di Alkitab? Lihat cuplikan berikut ini:

"Bagi orang-orang yang tidak berkenan dengan pohon Natal, mengisahkan bahwa pada zaman dahulu bangsa Romawi menggunakan pohon cemara untuk perayaan Saturnalia, mereka menghiasinya dengan hiasan-hiasan kecil dan topeng-topeng kecil, karena pada tgl 25 Desember ini adalah hari kelahiran dewa matahari, Mithras, yang asal mulanya dari Dewa Matahari Iran yang kemudian dipuja di Roma. Demikian pula hari Minggu adalah hari untuk menyembah dewa matahari sesuai dari arti kata Zondag, Sunday atau Sonntag"

>> Saturnalia adalah festival bulan Desember Romawi.

12. Natal mengadopsi dari perayaan bangsa kafir, lihat cuplikan ini:

"Kalau begitu, mengapa dunia merayakan kelahiran Yesus pada 25 Desember? Kelahiran Yesus tidak pernah dirayakan sampai tahun 336.
Kelahiran-Nya mulai dirayakan setelah kaisar Roma yang bernama Konstantin (285-337) menyatakan diri menjadi pemeluk Kristen.
Sudah menjadi tradisi setiap 25 Desember penduduk kota Roma merayakan pesta besar yang disebut Saturnalia Romawi untuk menyambut kembalinya matahari ke belahan bumi utara setelah mencapai garis balik selatan. Ketika siang hari menjadi lebih panjang, dewa matahari dianggap telah lahir kembali dan mereka bergembira-ria sambil tukar-menukar hadiah.

Ketetapan untuk mengkonversikan 25 Desember menjadi hari raya Nasrani dengan menjadikannya sebagai hari kelahiran Yesus dilakukan oleh Paus Julius I pada pertengahan abad 4 di kota Roma (Worldwide Church of God, 1985 "The Plain Truth About Christmas"). Ketetapan tersebut tidak dapat diterima oleh gereja-gereja di Yerusalem yang menolaknya sampai abad 6 (Wagner, C. 1995 "Bridges for Peace").
Setelah itu secara tidak resmi umat Kristiani menerima 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus, walaupun banyak yang mengetahui bahwa itu bukan tanggal yang sesungguhnya."

Arbol Navidad 03.gif

Tidak ada komentar: