Selasa, 05 Juli 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 24

Matius
11:16Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya:
11:17Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung.
11:18Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan.
11:19Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

Di internet saya mengenal banyak penginjil, tapi sayang sifatnya hanya siram-siram saja. Setiap hari begitu rajin menyampaikan renungan-renungan, kata-kata mutiara dan pekabaran tentang YESHUA, tapi selalu menghindari dialog atau diskusi. Mereka takut menghadapi pertentangan dan tidak siap menghadapi serangan lawan. Mereka hanya bisa melemparkan statement tapi tidak siap mempertahankan statementnya. Jadi, bagaimana mereka bisa meyakinkan orang tentang apa-apa yang ia sampaikan? Apakah itu termasuk memberitakan Injil, jika konsepnya lempar batu sembunyi tangan, atau seperti seekor cicak yang melepaskan ekornya untuk mengelabuhi musuh, tapi badannya sudah lari jauh-jauh. Tentu saja itu merupakan penginjilan yang tidak bertanggungjawab. Dia hanya ngomong sendiri, tidak memberikan kesempatan orang bertanya.
Padahal kalau dalam seminar-seminar atau di ruang kelas, guru pasti memberi kesempatan kepada murid-muridnya untuk bertanya. Ada sesi tanya-jawabnya.

ELOHIM YESHUA maupun para rasul dalam setiap memberitakan Injil selalu masuk ke arena perdebatan atau diskusi. Dan konsep pemberitaannya selalu menunjukkan kesalahan lawan, lalu menunjukkan kebenarannya. Bukannya membabi buta merasa benar sendiri tanpa menunjukkan letak kesalahan lawannya. Sebab kebenaran itu mempunyai pasangan, yaitu kesalahan, sehingga pada saat kita ingin menyampaikan kebenaran kita harus juga menyampaikan kesalahan sebagai perbandingannya.

Sebagai contoh; mungkinkah kita berkata kepada kaum Muslim bahwa YESHUA itu TUHAN, jika kaum Muslim mempunyai pemikiran bahwa YESHUA itu manusia biasa? Sampai kapanpun Kristen dengan Islam akan membentuk kubu sendiri-sendiri yang tak mungkin disinkronkan. Tapi saya memberikan bukti bahwa dalil-dalil mereka itu salah sambil menunjukkan kekuatan kebenarannya. Saya selalu mengajak semua orang berdiskusi terhadap suatu masalah sampai tuntas. Bahkan saya mempunyai prinsip, jika saya yang mengaku dari TUHAN ini sampai kalah berdiskusi, maka saya akan merasa malu untuk tampil lagi. Saya akan mengundurkan diri dari dunia internet jika saya sekali saja kalah. Dan fakta membuktikan bahwa dari sejak semula saya terjun sebagai penginjil, saya selalu menang gemilang, selalu membungkam mulut para lawan saya, entah dari Islam, dari Kristen Minggu maupun dari Advent.

Dari tahun 2008 hingga 2014 saya membentuk 35 grup di Yahoogroups.com dengan jumlah member sekitar 32.000 orang. Karena ada dorongan ROH KUDUS untuk menutup grup-grup tersebut karena sudah tidak ada pertentangannya dan sebelum grup-grup tersebut dihabisi oleh hecker, maka saya matikan sendiri[bunuh diri] grup-grup itu. Lebih terhormat begitu dari pada saya dipermainkan hecker tanpa daya. Lalu saya masuk ke Twitter dan Facebook hingga sekarang. Tapi setelah menjajagi diskusi di sini tak ada "greget" melainkan ya begitu-begitu saja, maka sekarang ini saya agak enggan meladeni diskusi, terlebih akun Facebook saya sering-sering kena blokir. Tapi bukan berarti saya mematikan diskusi. Justru semangat diskusi saya masih sangat tinggi dan menggebu-gebu asalkan topiknya ada yang baru. Sebab saya pikir saya telah berhasil mengunci topik-topik yang intinya, sehingga saya pastikan takkan ada topik yang lebih besar lagi.

Model diskusi saya sama seperti model diskusinya ELOHIM YESHUA, yakni memakai cara-cara yang paling praktis dan efektif, tanpa basa-basi dan tanpa bertele-tele. Sekali jawab dibuat penjabaran yang lengkap sehingga dipastikan mematikan pertanyaan lawan. Karena lengkap maka lawan akan kehabisan bahan pertanyaan.

Kis. 15:2Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu.

Kisah
18:27Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya.
18:28Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias.

Nah, orang-orang yang kehabisan bahan bakar itu akhirnya membelokkan arah pembicaraan dari pembahasan masalah ajaran, mereka belokkan dengan menjadi komentator-komentator yang mencari-cari kesalahan lawannya, sebagaimana dicontohkan ELOHIM YESHUA, ketika melihat Yohanes Pembaptis makanannya belalang dan madu hutan, mereka katakan Yohanes gila, sedangkan ketika melihat ELOHIM YESHUA makan bersama orang-orang berdosa, mereka katakan ELOHIM YESHUA itu Seorang pelahap;

Mat. 3:4Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.

Tentang ini Ny. Ellen G. White katakan; "Akan selalu ada kelompok orang yang mengaku saleh, yang gantinya terus berusaha mengetahui kebenaran, membuat agama mereka mencari-cari kesalahan tabiat atau iman orang-orang yang mereka tidak setujui. Orang-orang seperti ini adalah tangan kanan setan." - Kemenangan Akhir hal. 545.

Komentar-komentarnya itu nggak nalar sama sekali: "Kamu itu Saksi Jehovah." Kalau ELOHIM YESHUA dibilang "Beelzebul", nabi Elia dibilang "pencelaka Israel", rasul Paulus dibilang "penyakit sampar";

Luk. 11:15Tetapi ada di antara mereka yang berkata: "Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan."

1Raj. 18:17Segera sesudah Ahab melihat Elia, ia berkata kepadanya: "Engkaukah itu, yang mencelakakan Israel?"

Kis. 24:5Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani.

Itulah sebabnya ELOHIM YESHUA membuat perumpamaan anak-anak di pasar: "Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung."

Mereka itu orang-orang yang tak tahu maksud ajakan ELOHIM YESHUA, maksud ajakan Injil, maksud ajakan seruling dan maksud ajakan nyanyian duka. Harusnya kalau mendengar bunyi musik itu menari, kalau mendengar nyanyian duka itu sedih. Tapi mereka selalu salah tanggap. 

Injil itu mengajak orang memikirkan kebenaran, supaya orang mau introspeksi terhadap ajaran-ajaran yang telah diterimanya selama ini, supaya orang mau melakukan study banding terhadap hal-hal yang baru, supaya orang diuntungkan dari kebenarannya. Sebab hal yang terbaru itu pasti lebih baik dan pasti lebih unggul, sebagaimana konsep: "yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, sedangkan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu." Yang lama akan ditinggalkan ketika yang baru sudah datang. Kompor minyak tanah kini sudah ditinggalkan, setelah adanya kompor LPG. Dunia yang sekarang akan dimusnahkan, diganti dengan dunia yang baru. Manusia yang sekarang akan dimusnahkan, diganti dengan yang baru.

Kehidupan di dunia ini selalu berputar antara kesalahan dengan kebenaran, seperti perputaran siang dengan malam. Suatu kali kebenaran mengalahkan kesalahan, tapi suatu kali kesalahan mengalahkan kebenaran. Ketika bangsa Israel hidup benar, YAHWEH tidak mengutus nabi. Tapi ketika bangsa Israel terjebak dalam suatu kesalahan, maka YAHWEH mengutus nabi untuk meluruskannya. Jadi, kemunculan nabi itu merupakan pertanda adanya kesalahan yang sedang berlangsung. Itulah sebabnya para nabi diperlengkapi dengan tanda-tanda mukjizat, supaya meyakinkan bahwa dia berasal dari ELOHIM YAHWEH.

2Kor. 12:12Segala sesuatu yang membuktikan, bahwa aku adalah seorang rasul, telah dilakukan di tengah-tengah kamu dengan segala kesabaran oleh tanda-tanda, mujizat-mujizat dan kuasa-kuasa.

Nah, harusnya para nabi itu disambut dengan sukacita, diuji kebenarannya dari Alkitab;

Kis. 17:11Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Alkitab memberitahukan salah-satu tanda orang baik itu adalah "menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian." Bukannya memberikan komentar-komentar yang mendiskreditkan orang.

Sebab kebenaran itu tentang "apa"-nya, bukan tentang "siapa"-nya. Yang harus dilihat adalah "apa" yang disampaikannya, bukan "siapa" yang menyampaikannya. Tapi orang lebih suka melihat photo profile saya dari pada melihat pada apa yang saya sampaikan. Sehingga karena photo profilenya nggak jelas, maka ajaran sayapun dibilangnya ajaran yang nggak jelas. Padahal berapa banyak orang yang photo profilenya jelas tapi perbuatannya yang nggak jelas?!

Matius 11:19Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

Tetapi hikmat ELOHIM dibenarkan oleh perbuatannya. ELOHIM YAHWEH melihat pada "apa"-nya, bukan pada "siapa"-nya. Sebab sekalipun photo profile anda jelas, jika anda Kristen Minggu, Islam, Hindu, Buddha, Khong Hu Chu, dan lain-lainnya, apakah itu berguna bagi YAHWEH?! Karena itu jagalah photo profile anda yang jelas itu supaya anda bisa masuk sorga, supaya jangan orang yang photo profilenya nggak jelas yang masuk sorga.


Tidak ada komentar: