Senin, 11 Juli 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 30

Lukas
12:35"Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.
12:36Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.
12:37Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.
12:38Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.
12:39Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.
12:40Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan."


Apakah artinya pinggang berikat? - Kalau "ikat pinggang" itu sabuk, tapi pinggang berikat adalah tanda siap-sedia atau waspada.

Orang Madura memiliki tradisi memakai celana panjang yang dirangkap dengan sarung. Dan jika mereka sedang emosi hendak berkelahi atau carok, biasanya ditandai dengan mengikat pinggangnya dengan sarungnya itu. Itu tandanya mereka marah dan siap memukul orang. Begitu pula dengan orang-orang modern yang mengenakan baju berlengan panjang. Jika mereka hendak berkelahi atau hendak melakukan suatu pekerjaan kasar, mereka menandainya dengan menggulung lengan bajunya. Itu tandanya mereka siap bekerja atau siap berkelahi.

Kalau penebang pohon siap hendak menebang pohon, maka kapaknya akan dia tancapkan ke batang pohon itu, tanda dia siap untuk menebang pohon itu;

Mat. 3:10Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.

Pinggang berikat atau kapak yang ditancapkan ke batang pohon adalah tanda kesiapsediaan atau waspada. Sedangkan pelitamu yang menyala artinya Firman TUHAN yang dihidupkan atau dipraktekkan. Jadi, perumpamaan ini sedang menyampaikan pesan bahwa kita perlu mempraktekkan ajaran Alkitab, sebagai tanda kesiapsediaan kita.

Boss anda sebelum bepergian ke luar kota meninggalkan pesan kepada anda supaya anda menyelesaikan 10 macam pekerjaan. Apakah itu maksudnya? Apakah ke-10 perintah itu harus anda selesaikan atau cukup sebagian saja? Apa akibatnya jika ketika boss itu pulang ternyata mendapati anda sedang mabuk-mabukan, sedangkan tak satupun perintahnya yang anda laksanakan?

Apa reaksi ELOHIM YESHUA ketika datang di hari Sabat[Sabtu] didapati tak ada seorangpun yang hadir, yang menyambutNYA, sebab semuanya sedang berkumpul di hari Minggu? Apa reaksi pak guru ketika masuk kelas tak ada seorang muridpun yang di kelas?

Lukas 4:16Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

Seandainya umur ELOHIM YESHUA tidak terhenti oleh kematianNYA, DIA hidup hingga sekarang ini, sedangkan menurut ayat itu kebiasaanNYA masuk ke rumah ibadat pada hari Sabtu, masakan sekarang berubah ke hari Minggu?

Dan menurut Alkitab apakah kebiasaan berhari Sabat itu hanya sebatas di dunia ini saja, atau masih berlanjut di akherat nanti?

Yesaya
6:22Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.
66:23Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.

Apa reaksi ELOHIM YESHUA ketika datang didapati ada beberapa orang yang sedang menghias pohon natal?

Tidakkah ELOHIM YESHUA akan bertanya: "Hey, kamu sekalian sedang ngapain?" Lalu Tomas menerangkan bahwa mereka sedang merayakan Natal, 25 Desember, hari kelahiranNYA. Tidakkah ELOHIM YESHUA akan terperanjat dan bertanya: "Lho, siapa yang bilang AKU ulangtahun tanggal 25 Desember? Lagi pula siapa yang menyuruh kamu menghias pohon? Bukankah AKU menyuruh kamu menghias hatimu, mengapa pohon yang kamu hias? Sinting kamu semuanya!"

Apa reaksi ELOHIM YESHUA ketika datang didapati ada seorang laki-laki yang rambutnya panjang? Tidakkah DIA akan merasa heran dan bertanya: "Hey, kamu itu orang mana koq rambutnya panjang?" Maka orang itupun menjawab: "Nama saya Yesus Kristus, dari kesebelasan A.C. Milan." Maka ELOHIM YESHUA-pun manggut-manggut dan berkata dalam hati: "Untunglah bukan umatKU. Sebab bagi umatKU laki-laki adalah kehinaan jika ia berambut panjang. Kalau kesebelasan A.C. Milan, biarlah, emang GUE pikirin?!"

Apa reaksi ELOHIM YESHUA ketika datang didapati ada seorang yang rambut kepalanya basah? Tidakkah DIA akan bertanya kepada Tomas: "Tomas, kenapa rambut orang itu basah seperti habis kehujanan?" Lalu Tomas-pun menjelaskan kalau orang itu baru saja dibaptis percik di gereja HKBP. Maka manggut-manggutlah ELOHIM YESHUA seraya berkata: "Lho, AKU dulu koq diselamkan oleh Yohanes Pembaptis, ya?!"

Apa reaksi ELOHIM YESHUA ketika datang didapati ada seorang sedang bertelut, lipat tangan dan menutup matanya? Tidakkah ELOHIM YESHUA akan memandangi dengan perasaan heran sambil berpikir: "Sedang apa orang ini? Mulutnya komat-kamit, apakah sedang makan permen? Matanya dipejamkan, apakah sedang tidur? Tangannya dilipat, apakah dia umat Hindu Dharma?" Maka Tomas yang mendampingiNYA menerangkan kalau itu adalah orang beragama Roma Katolik. Maka manggut-manggutlah ELOHIM YESHUA sambil bergumam: "Ada-ada saja, ya?!"

Apa reaksi ELOHIM YESHUA ketika datang didapati ada banyak orang menari-nari, mengangkat kedua tangannya ke atas, matanya terpejam, sedangkan musik yang mengiringinya hingar-bingar kayak konsernya  Iwan Fals? Tidakkah ELOHIM YESHUA akan bertanya kepada Tomas yang menyertai perjalananNYA: "Ada acara apa ini, Tomas, koq berisik sekali?" Maka Tomas-pun menjelaskan kalau itu adalah model ibadahnya orang gereja Mawar Sharon. "Oh, asyik juga, ya?! Bagaimana kalau pendetanya AKU undang ke sorga supaya mengajari malaikat-malaikatKU berjoget kayak gitu?!"

Apa reaksi ELOHIM YESHUA ketika datang didapati ada orang-orang yang mengenakan jas dan dasi? Tidakkah DIA akan bertanya kepada Tomas: "Tomas, siapakah orang-orang itu?" Maka Tomas menerangkan kalau mereka itu adalah hamba-hamba TUHAN. Terbelalaklah mata ELOHIM YESHUA dan merasa takjub: "Waah, dunia ini sudah maju pesat, ya?! Seorang hamba saja pakaiannya begitu indah, maka seperti apakah pakaian majikannya? Kalau di negaraKU seorang hamba pakaiannya sederhana sekali, Tomas. HambaKU, Musa, hanya berkasut. Mana boleh bersepatu oleh BAPAKU? Itupun harus ditanggalkan di hadapan BAPAKU."

Kel. 3:5Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."

Demikianlah ELOHIM YESHUA memanfaatkan liburan Lebaran tahun 2016 dengan mengunjungi planet bumi. Ketika ELOHIM YESHUA hendak berangkat balik ke sorga, Tomas mengingatkan: "TUHAN, jangan lewat toll Brebes, macet total!"

Menyahutlah ELOHIM YESHUA: "Bilang pada presidenmu: Jokowi, bikinlah JALAN TUHAN, jangan jalan toll."


Tidak ada komentar: