Rabu, 20 Juli 2016

PERUMPAMAAN YESHUA - 39

Lukas
14:34Garam memang baik, tetapi jika garam juga menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan?
14:35Tidak ada lagi gunanya baik untuk ladang maupun untuk pupuk, dan orang membuangnya saja. Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

Apakah anda sadar di manakah kedudukan anda sebagai orang Kristen? Orang Kristen sebagai umat ELOHIM YAHWEH itu didudukkan di atas manusia-manusia yang lainnya;

1Ptr. 2:9Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Imamat adalah pemimpin, rajani artinya bersifat raja. Orang Kristen adalah pemimpin dunia dan raja dunia. Kedudukan ini harus kita imani supaya kita memiliki keberanian untuk menghadapi raja-raja dunia. Jangan Yesus Kristus yang berambut panjang anda imani sebagai YESHUA ha MASHIA. Kalau ini bukan iman yang benar, tapi iman yang ngawur, sebab anda membuat konsep iman sendiri, bukan berdasarkan konsep TUHAN. Tapi segala perkataan Alkitab yang kita hidupkan dalam kehidupan kita dengan penuh keberanian, itulah yang disebut iman. Bahwa kita menganggap Alkitab sebagai kata-kata TUHAN yang tidak kelihatan, kita perlihatkan kepada dunia bahwa kita ini umat TUHAN.

Memperlihatkan TUHAN yang tidak kelihatan melalui perbuatan kita adalah merupakan tugas kita dari TUHAN. Itulah sebabnya TUHAN menyembunyikan diri, sebab kitalah yang diberi tugas untuk memperlihatkan TUHAN kepada bangsa-bangsa. Sama seperti tugas ELOHIM YESHUA turun ke dunia salah satunya adalah menerangkan tentang ELOHIM YAHWEH yang pernah dilihatNYA. DIA melihat BAPANYA, lalu itu diceritakan ke kita;

Yohanes 1:18Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Yohanes 17:4Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

Antara orang Kristen dengan orang Kristen adalah saudara, sebab sama-sama rajanya. Saudara itu kedudukannya sejajar, tidak ada derajat laki-laki dengan perempuan, tidak ada derajat orangtua dengan anak, tidak ada derajat kakak dengan adik, tidak ada derajat guru dengan murid ataupun atasan dengan bawahan. Karena itu antara orang Kristen yang satu dengan orang Kristen yang lainnya tidak ada pertentangan, tidak ada perbedaan pendapat sebab telah disatukan oleh ROH KUDUS. Kita sama-sama minum air dari satu sumur, sehingga kita satu TUHAN, satu iman dan satu baptisan.

Kita semua adalah pasukan yang dilepaskan TUHAN untuk berperang melawan dunia;

Ef. 6:12karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Kita berperang melawan dunia bukan dengan pedang besi, tapi dengan pedang Alkitab;

Ef. 6:17dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,

Kita melawan orang, tapi bukan melawan tubuhnya melainkan melawan pikirannya. Kalau peperangan duniawi yang ditembak adalah tubuhnya. Tapi kita menembak pikiran orang-orang yang menyesatkan. Kita tidak mengurusi orang-orang yang melanggar hukum ELOHIM, seperti mencuri, membunuh atau berzinah. Karena itu kita tidak perlu melakukan sweeping seperti FPI atau Satpol PP, sebab soal dosa itu urusan masing-masing orang dengan ELOHIM, bukan kewenangan kita. Asal orang itu sadar bahwa berzinah itu salah, kita tidak mengurusi itu. Tapi jika ada orang yang berkata dan mengajarkan bahwa berzinah itu kebenaran, maka konsep pemikiran inilah yang harus kita tumbangkan dengan Alkitab.

Jadi, orang melanggar hukum ELOHIM YAHWEH, silahkan, itu urusan dia dengan ELOHIM YAHWEH. Tapi urusan kita adalah jika dia mengajarkan sesuatu yang tidak diajarkan oleh ELOHIM YAHWEH. Kita melawan system, melawan ajaran-ajaran yang menjauhkan orang dari ELOHIM YAHWEH. Sebab tujuan ELOHIM YAHWEH adalah memanggil semua orang untuk datang kepadaNYA.

Karena orang dunia itu hanya mengenal alam fisik, sebab ROH mereka dikuasai iblis, maka mereka akan melawan kita secara fisik. Mereka akan memusuhi kita, menganiaya kita, bahkan membunuh kita, tapi kita tidak boleh melawan mereka secara fisik. Sebab kita ini dikaruniai ELOHIM YAHWEH untuk memiliki alam fisik dan alam ROH, sehingga jika fisik kita mereka rampas, kita masih memiliki ROH. Mereka hanya bisa mengambil tubuh kita, tapi tak bisa mengambil ROH atau akal budi kita.

Matius 10:28Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

Pikiran sempit mereka menyangka dengan membunuh kita, maka ajaran kita akan selesai juga. Tapi fakta membuktikan bahwa sekalipun tubuh kita sudah tiada, namun ajaran-ajaran kita entah baik atau tidak baik akan bergentayangan secara abadi. Ajaran, entah ajaran setan atau ajaran TUHAN itu tak bisa dibinasakan. Sekalipun Darwin sudah mati, namun ajaran teori evolusinya masih merajalela. Sekalipun Karl Max sudah mati, namun ajaran komunismenya masih bergentayangan. Sekalipun Soekarno sudah mati, namun ajaran marhaenismenya masih dianut banyak orang. Muhammad sudah mati, namun ajaran Islamnya malah semakin berkembang. ELOHIM YESHUA sudah tidak di dunia, namun ajaranNYA masih mendunia.

Karena itu pikiran cerdas ELOHIM YAHWEH mengatakan: "tiada gunanya membunuh orang." Tapi bunuhlah ajarannya dengan dalil yang lebih baik, maka ajaran itu akan mati, tidak laku lagi. Patahkanlah dalil-dalilnya, kalahkanlah segala argumentasinya, maka disitulah kemenangan kita. Buktikanlah bahwa kompor gas LPG itu lebih baik, maka orang takkan mau lagi menggunakan kompor minyak tanah. Jadi, sebenarnya pemerintahan presiden SBY tak perlu harus merampasi kompor-kompor minyak tanah dan dipaksa harus menggunakan kompor LPG. Tidak intelek namanya jika di zaman segini masih menggunakan cara-cara kasar. Pergunakan program penyuluhan, jangan gunakan cara militer.

2Tim. 4:2Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Tapi sebagai manusia fisik yang dimusuhi secara fisik oleh manusia-manusia duniawi, jelas prajurit-prajurit ELOHIM YAHWEH akan selalu kalah. ELOHIM YAHWEH juga tidak sebodoh itu. Karena itu sebagian orang ditentukan untuk dimakan pedang, tapi sebagian orang lagi dikaruniakan untuk memakan pedang. Contohnya: nabi Musa, seorang gembala kambing-domba disanggupkan menghadapi Firaun. Melalui mukjizat-mukjizatnya sehingga nabi Musa tidak sampai dimakan pedangnya Firaun.

>> Orang-orang yang menyerbu rumah Lot dibutakan matanya sehingga tidak bisa melihat pintunya;

Kej. 19:11Dan mereka membutakan mata orang-orang yang di depan pintu rumah itu, dari yang kecil sampai yang besar, sehingga percumalah orang-orang itu mencari-cari pintu.

>> Raja Yerobeam yang hendak memukul nabi ELOHIM YAHWEH, tiba-tiba tangannya dikejangkan;

1Raja-raja 13:4Demi raja Yerobeam mendengar perkataan abdi Allah yang diserukannya terhadap mezbah di Betel itu, ia mengulurkan tangannya dari atas mezbah dan berkata: "Tangkaplah dia!" Tetapi tangan yang diulurkannya terhadap orang itu menjadi kejang, sehingga tidak dapat ditariknya kembali.

>> Untuk merobohkan tembok kota Yerikho dan mengalahkan pasukannya, bangsa Israel hanya diperintahkan memutari kota itu 7 kali sambil meniup sangkakala;

Yosua
6:2Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.
6:3Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya,
6:4dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.

>> ELOHIM YESHUA ketika hendak dilemparkan ke jurang, menghilang;

Lukas
4:29Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu.
4:30Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.

>> ELOHIM YESHUA ketika membutuhkan duit, mengambil dari mulut ikan, kayak mesin ATM;

Mat. 17:27Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga."

>> Rasul Paulus ketika dibelenggu dan dipenjarakan dibebaskan oleh ELOHIM YAHWEH;

Kisah
16:25Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.
16:26Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua.

>> Rasul Paulus bisa selamat dari gigitan ular;

Kis. 28:5Tetapi Paulus mengibaskan ular itu ke dalam api, dan ia sama sekali tidak menderita sesuatu.


>> Rasul Petrus bisa berjalan di atas air, tak perlu kapal;

Matius 14:29Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.

>> Nabi Elia mengendalikan musim-musim;

Yakobus
5:17Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.
5:18Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya.

>> Nabi Yosua mengendalikan planet-planet;

Yosua
10:12Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"
10:13Maka berhentilah matahari dan bulanpun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.

>> Para murid ELOHIM YESHUA mengusir setan-setan;

Markus
16:17Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
16:18mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."


 >> Kita memiliki ROH yang lebih besar dari roh manapun;

1Yoh. 4:4Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

>> Kita diberi kemampuan mengalahkan dunia;

1Yoh. 5:4sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.


Nah, dengan kemampuan ELOHIM YAHWEH yang sangat dahsyat itu, apa yang perlu kita takutkan dari presiden Amerika Serikat, dari agen rahasia CIA, dari presiden Jokowi, dari Paspampres, dari Kopassus, dari TNI, dari Polisi? Asal kita bicara kebenaran dan tidak melakukan kejahatan, TUHAN pasti ada di pihak kita. Dan jika TUHAN ada di pihak kita, maka siapakah lawan-lawan kita?

Rm. 8:31Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Karena itu mengapakah kita tiarap, tidak menampakkan diri ke dunia? Mengapakah kita menyembunyikan kekuatan kita? Mengapakah kita menjadi garam yang tidak asin lagi? Mengapa kita menjadi terang yang redup?

Banyak kakek dan nenek, opa dan oma, ompung dan ompung boru, yang dengan bangganya berkata: "Saya ini sejak kecil setia bergereja di sini." Ini namanya kesalahkaprahan dalam memahami kesetiaan. Harusnya setia itu pada TUHAN, pada Firman TUHAN, pada Alkitab. Artinya menuruti apa kata Alkitab. Bukan setia pada gereja dan setia menjadi jemaat seumur hidup. Setia pada Alkitab berarti kita berpegang pada perkataan Alkitab, pada "ada tertulis", bukan pada perkataan manusia. Dan Firman TUHAN tidak menyuruh kita untuk sampai mati hanya sebagai umat, sebagai murid atau sebagai pendengar terus. Tapi TUHAN menyuruh kita bertumbuh, berbuah, menjadi pelaku Firman[mempraktekkan], menjadi guru dan menjadi pemberita Injil.

Menjadi murid itu harus ada batas-batasnya. Para murid ELOHIM YESHUA menjadi murid ELOHIM YESHUA hanya selama 3,5 tahun, yakni selama ELOHIM YESHUA mengajar. Selebihnya mereka adalah guru dan penginjil.

Ibr. 5:12Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

Wahai orang-orang Kristen, di manakah kamu? Mana garam dan terangmu?


Tidak ada komentar: