Selasa, 23 Agustus 2016

AJARAN-AJARAN YESHUA - 20

Matius
11:20Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:
11:21"Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
11:22Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
11:23Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.
11:24Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."
11:25Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.

Di zaman nabi Yunus, tahun 750 Sebelum Masehi, kota Niniwe dikenal oleh ELOHIM YAHWEH sebagai kota yang jahat. ELOHIM YAHWEH mengutus nabi Yunus supaya memperingatkan kota itu, sebab jika tidak bertobat dalam waktu 40 hari, maka kota itu akan dimusnahkan. Tapi Yunus tidak mau diutus ke kota itu melainkan melarikan diri ke arah Tarsis. Singkat cerita, di tengah perjalanannya dia dibuang ke laut dan ditelan ikan selama 3 hari 3 malam. Baru setelah itulah Yunus mau melakukan perintah ELOHIM YAHWEH, mengumumkan penghukuman atas kota itu dalam waktu 40 hari.

Yunus 3:4Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan."

Hanya begitu sederhana isi pengumuman nabi Yunus itu, namun sanggup memberikan reaksi yang luar biasa;

Yunus 3:5Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung.

Mulai dari raja, para pejabat dan seluruh rakyatnya bertobat dan berpuasa. Kata-kata itu begitu ampuh menggerakkan semua orang untuk bertobat sehingga ELOHIM YAHWEH membatalkan niatNYA menghukum kota itu. Tanpa mukjizat apapun! Ada kesadaran yang tinggi dari orang-orang di kota itu untuk melihat bahwa mereka telah berbuat kejahatan dan kejahatan itu sudah mencapai batas toleransi, sehingga pengumuman nabi Yunus itu logis bahwa ELOHIM YAHWEH pasti akan bertindak.

Penduduk kota Niniwe berbeda dengan gembong narkoba; Freddy Budiman. Sebab walaupun kejahatannya sudah melampaui batas karena dia membisniskan narkoba secara besar-besaran, sudah ditangkap, dan dipenjarakan di Nusakambangan dengan ancaman hukuman mati, namun di dalam penjara masih juga mengedarkan narkoba. Harusnya di dalam penjara itu bertobat, tapi malah masih dilanjutkan. Rem blong! Maka jika pada akhirnya dia harus dieksekusi mati, itu adalah kebodohannya yang tidak tahu diri.

Selain Freddy Budiman, ada lagi yang namanya: Mbah Marijan, sesepuh gunung Merapi, yang bersikeras tidak mau dievakuasikan ketika gunung itu hendak meletus. Peringatan-peringatan pemerintah diabaikannya sehingga dia harus mati yang dilihat masyarakat luas sebagai kebodohannya. Sebab masyarakat melihat perkataan pemerintahlah yang terbukti benar.

Kalau di bidang Handphone, dulu, tombol-tombolnya harus ditekan baru mau bereaksi. Tapi Handphone yang sekarang ini, disentuh saja sudah bereaksi. Itu namanya kepekaan. Yang dulu kurang peka, yang sekarang ini sangat peka. Kalau hati orang jika segala nasehat sudah tidak mempan, itu namanya kebebalan. "Ndableg!" kata orang Jawa.

Tahu jalan raya semakin ramai bukannya semakin berhati-hati, malah semakin ugal-ugalan. Tahu harus memakai helm dan membawa surat-surat kendaraan, malah seringkali sengaja melanggarnya. Tahu, bukannya tidak tahu! Mengerti, bukannya tidak mengerti! Akibat-akibatnya diketahui, bukannya tidak diketahui. Tapi rupanya mereka menunggu kecelakaan atau ditilang polisi baru mengerti artinya menyesal.

Apakah anda tidak tahu mana TUHAN yang benar dengan mana TUHAN yang palsu? Apakah anda tidak tahu mana kitab suci yang benar dengan mana kitab suci yang palsu? Apakah anda tidak tahu mana ajaran yang benar dengan mana ajaran yang menyesatkan? Apakah anda tidak tahu mana yang benar antara YAHWEH dengan Tuhan? Apakah anda tidak tahu mana yang benar antara YESHUA dengan Yesus? Apakah anda tidak tahu salah atau benarnya ajaran Trinitas? Apakah anda tidak tahu mana yang benar antara Sabat dengan Minggu? Apakah anda tidak tahu salah atau benarnya cara berdoa anda? Apakah anda tidak tahu salah atau benarnya hari Natal 25 Desember itu?

Jika belum tahu, apakah anda tidak tahu bagaimana caranya mencari tahu? Jika sudah tahu, apakah anda tidak tahu bagaimana caranya mempraktekkan yang anda tahu?

ELOHIM YESHUA di 3 kota itu: Khorazim, Betsaida dan Kapernaum, banyak sekali melakukan mukjizat, seperti: hamba seorang perwira yang sakit lumpuh[Matius 8], rasul Petrus mengambil uang dirham dari mulut ikan[Matius 17], memberi makan 5.000 orang[Yohanes 6], dan lain-lainnya. Tapi di kota itu juga IA hendak dilemparkan ke jurang;

Lukas
4:28Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu.
4:29Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu.
4:30Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.

Mempunyai telinga tapi tidak mendengar, sia-sia mempunyai telinga. Mendengar tapi tidak mengerti, sia-sia dia mendengar. Mengerti tapi tidak melakukan, sia-sia juga dia tidak mempraktekkannya.

KASIH KARUNIA

Ketika ELOHIM YAHWEH berbicara kepada Musa, apakah Harun, abangnya, mendengar? Jelas, tidak! Hanya Musa saja yang mendengar perkataan ELOHIM YAHWEH. Ketika ELOHIM YAHWEH berbicara kepada bangsa Israel, apakah bangsa-bangsa lain mendengar? Jelas, tidak! Sebab Firman itu hanya ditujukan untuk bangsa Israel saja.

Ketika ELOHIM YESHUA berada di kota Nazaret, apakah ELOHIM YESHUA juga ada di kota Yerusalem? Jelas, tidak! Sebab ELOHIM YESHUA hanya satu, sehingga DIA tidak mungkin berada di berbagai tempat secara bersamaan. Ketika ELOHIM YESHUA berbicara kepada orang banyak yang mengikutiNYA, apakah orang-orang yang tidak mengikutiNYA mendengar? Jelas, tidak!

Demikian halnya dengan saya yang berbicara kepada anda melalui media ini. Tulisan-tulisan saya hanyalah untuk anda-anda yang membacanya saja. Yang membaca yang tahu, yang tidak membaca takkan tahu. Padahal ada banyak orang yang beraktifitas di dunia internet ini, namun tidak semua orang berkesempatan untuk membaca tulisan saya.

Ketika saya menjadi salesman sebuah produk tentu saja saya ingin bisa menawarkan barang saya ke semua orang, supaya semakin banyak orang yang membelinya. Namun ketika saya di suatu perkampungan tidak mungkin bagi saya untuk memasuki rumah ke rumah secara merata. Tidak semua rumah saya masuki, melainkan saya memilih-milih rumah yang bagus yang saya perkirakan pemiliknya orang kaya. Sebab orang miskin tidak mungkin mampu membeli barang saya. Karena itu rumah-rumah miskin tidak saya masuki. Sedangkan rumah-rumah bagus itupun masih saya seleksi dengan feeling atau naluri dagang saya. Jadi, tidak semua rumah bagus saya masuki. Ada kriteria-kriteria tertentu untuk memutuskan saya masuk atau tidak ke rumah itu. Sebab saya harus berusaha meminimalisasikan terjadinya kesia-siaan jika memasuki rumah secara membabi-buta.

Namun pertanyaannya, apakah bidikan saya jitu? Apakah setiap rumah yang saya masuki membelinya? Ternyata, tidak! Dari sepuluh rumah kayaknya hanya satu saja yang membeli. Banyak melesetnya, bukan?!

Bidikan TUHAN-pun ternyata juga banyak melesetnya. Malaikat-malaikat yang dipercayaiNYA, sepertiganya memberontak, jatuh menjadi setan yang dipimpin oleh Lusifer. Adam dan Hawa ternyata mengecewakan sekali. Kain? Menjadi pembunuh adiknya sendiri. Bangsa Israel? Murtad semuanya. Keduabelas murid ELOHIM YESHUA? Yudas Iskariot mengkhianatiNYA.

Tapi itulah kasih karunia namanya, yaitu kepada siapa yang diberikan kesempatan untuk mengecap kebajikan ELOHIM YAHWEH. Anda yang membaca tulisan ini, andalah menerima kasih karunia TUHAN. Sebab orang-orang yang lainnya tak berkesempatan membacanya. TUHAN berkenan mengundang anda. Anda mau datang atau menolak, itu pilihan anda sepenuhnya. TUHAN tidak memaksa. Namun yang jelas anda sudah diistimewakan oleh TUHAN. TUHAN sudah berbuat baik buat anda. Sebab jika kasih karunia itu diberikan ke semua orang, maka itu bukan lagi kasih karunia namanya. Itu menjadi lumrah atau biasa.

Ada yang diberi dan ada yang tidak diberi, itulah kasih karunia.



Tidak ada komentar: