Jumat, 05 Agustus 2016

AJARAN-AJARAN YESHUA - 7

Mat. 5:4Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

Lukas 6:25Celakalah kamu, yang sekarang ini kenyang, karena kamu akan lapar. Celakalah kamu, yang sekarang ini tertawa, karena kamu akan berdukacita dan menangis.

Inilah yang saya sebut bahwa konsep Kristen itu konsep ILAHIAH, sebuah konsep yang berlawanan dengan konsep dunia. Konsep yang nyeleneh, yang aneh, tidak wajar, dan tidak masuk akal. Orang Kristen akan menjadi tertawaan dunia jika mengikuti JALAN TUHAN. Akan disebut orang-orang bodoh dan orang-orang gila.

Dan seandainya tidak ada TUHAN, tidak ada Kekristenan, bukankah semua orang tanpa kecuali para nabi dan para rasul pasti akan berlomba-lomba mencari kesenangan duniawi? Itu artinya alamiahnya manusia itu seperti itu, yaitu tidak mau susah barang sedetikpun. Jangankan untuk mati, kena panas terik matahari saja sudah tak tahan. Jangankan untuk puasa, nasi sepiring saja masih belum cukup. Jangankan bersedekah pada orang, harta bermilyar-milyar saja masih kurang. Jangankan menyembah TUHAN, menghormati orangtua saja masih tak becus.

Mengapa JALAN TUHAN mengajak kita menderita atau melawan arus? Mengapa TUHAN menciptakan kita tapi tidak memberikan kesenangan pada kita? Mau tahu alasannya? Kalau mau tahu alasannya, bukalah sejarahnya. Hanya Alkitab saja yang mencatat sejarah manusia dan bisa memberikan jawaban mengapa kita dilempar ke dunia yang seperti ini.

Bahwa kita adalah rangkaian dari ayah-ibu, kakek-nenek, dan nenek-moyang yang menjadi asal-usul kita, hingga menunjuk ke manusia pertama: Adam dan Hawa;

Yesaya 43:27Bapa leluhurmu yang pertama sudah berdosa, dan jurubicaramu telah memberontak terhadap Aku.

Karena kesalahan nenek-moyang kita itulah sehingga kita diusir dari Taman Eden, ke dunia yang penuh onak duri. Perempuan yang harusnya merasakan nikmat dan bahagia ketika melahirkan, kini harus menderita kesakitan. Laki-laki yang harusnya tidak perlu berjuang mencari nafkah, kini harus berjuang mati-matian. Alam dunia adalah alam yang menimbulkan kesukaran, rintangan dan membinasakan. Alam dunia adalah lawan atau musuh kita. Dunia tidak bersahabat dengan kita, sebab memang bukan alam kita. Alam kita adalah di Taman Eden, bukan di dunia. Dunia ini cocoknya dihuni oleh binatang, bukan kita.

Karena manusia tidak mau disukarkan oleh dunia, maka manusia mengusahakan kesenangan-kesenangan sebagai perlawanannya terhadap alam dunia. Manusia mendaulat uang sebagai raja atau dewanya, supaya segala sesuatu ditaklukkan oleh uang. Semua hal ditaklukkan pada uang. Semua hal bisa dibeli dengan uang. Karena itu semua orang berlomba-lomba menumpuk uang supaya siapa yang terbanyak uangnya dialah yang terkuasa. Itulah sebabnya kita membungkuk-bungkuk hormat pada orang kaya. Semakin kaya semakin dihormati.

ELOHIM YAHWEH melihat bahwa persangkaan kita itu keliru, tidak benar. Alam dunia yang jahat ini tak bisa ditiadakan oleh uang. Sekalipun ada uang kamu tetap mengalami berbagai macam permasalahan. Sekalipun ada uang kamu tetap sakit dan tetap mati. Alam dunia yang ditentukan oleh ELOHIM YAHWEH sebagai tempat hukuman bagi manusia ini jangan ditentang. Melawan sifat alam ini sama dengan melawan ELOHIM YAHWEH. Melawan kodrat, seperti melahirkan secara operasi caesar, kecuali dengan alasan medis adalah melawan TUHAN.

Melawan alam, sama seperti saya ketika masih kecil, minggat dari rumah karena takut menghadapi kemarahan ayah saya. Saya bersalah harusnya menerima hukuman, tapi saya melarikan diri dari hukuman itu. Akibatnya saya bertambah salah, ayah saya bertambah marah. Seperti itulah ELOHIM YAHWEH mengajar umatNYA, yaitu supaya mengikuti irama alam. Jangan melawan alam! Jika alam menyusahkanmu, nikmatilah itu dan mintalah pertolongan pada ELOHIM YAHWEH, jangan pada uang.

Karena kemurtadan bangsa Israel, ELOHIM YAHWEH membuang mereka ke Babilon. ELOHIM YAHWEH bersuit mengundang raja Babel; Nebukadnezar, supaya menyerang Yerusalem dan mengangkuti penduduknya ke Babel.

Yes. 5:26Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat!

Orang-orang Israel yang tidak mau menjalani pembuangan akan dibunuh oleh ELOHIM YAHWEH. Justru orang yang mau menjalani hukuman pembuangan yang akan dijamin hidup dan diberkati;

Yeremia
21:8Tetapi kepada bangsa ini haruslah kaukatakan: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku menghadapkan kepada kamu jalan kehidupan dan jalan kematian.
21:9Siapa yang tinggal di kota ini akan mati karena pedang, karena kelaparan dan karena penyakit sampar; tetapi siapa yang keluar dari sini dan menyerahkan diri kepada orang-orang Kasdim yang mengepung kamu, ia akan tetap hidup; nyawanya akan menjadi jarahan baginya.
21:10Sebab Aku telah menentang kota ini untuk mendatangkan kecelakaan dan bukan untuk mendatangkan keberuntungannya, demikianlah firman TUHAN. Kota ini akan diserahkan ke dalam tangan raja Babel yang akan membakarnya habis dengan api."

Jadi, Firman ELOHIM YAHWEH pada kita adalah agar kita menikmati apa saja yang disajikan oleh dunia untuk kita. Jangan melawan sifat dunia, seperti yang dilakukan oleh orang-orang dunia yang mencari kesenangan dan menghindari kesusahan dunia. Jika kita menurut kita akan diselamatkan, tapi jika kita memberontak, kita akan dihukum.

Jika ada orang berutang padamu dan tak membayar, nikmati saja itu dengan sabar dan tetap mengucap syukur. Ampuni dia dan jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. Jika ada orang merugikanmu, menipumu, mencuri barangmu, sudahlah, tak usah diperkarakan ke kantor polisi. Ampunilah dia dan jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. Jika ada orang yang menghabisi hartamu sehingga kamu miskin, jangan gusar, sebab hartamu yang di sorga tetap aman. Jika ada orang yang memintai kamu, berilah, jangan ditolak. Jika warisan yang menjadi hakmu dirampas oleh saudaramu, sudahlah, biarkan dia memakan itu. Yang penting kamu masih mewarisi TUHAN.

Matius
5:21Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.
5:22Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.
5:38Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
5:43Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
5:44Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Itu dalam urusan duniawi. Dalam urusan kita sebagai orang Kristen, kita juga akan menghadapi banyak tantangan;

Matius 10:16"Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
10:18Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.
10:22Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
10:34"Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.
10:36dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.
10:38Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.
10:39Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Kepada orang yang menuruti Firman itu, TUHAN ucapkan: "berbahagialah!" Tapi kepada orang-orang yang pengecut, yang berusaha menghindari ketentuan itu, sehingga ketika ada orang yang merugikannya dia akan marah, akan memaki-maki, akan melaporkan ke polisi, akan membalas kejahatan dengan kejahatan pula, TUHAN ucapkan: "celakalah kamu!"

Orang mencuri barangmu, lalu kamu memukulinya dan memperkarakannya ke kantor polisi; "celakalah kamu!"

Kalau anakmu nakal atau mencuri, marahi dan hajarlah. Itu penting, sebab sifatnya mendidik. Tapi terhadap orang lain yang sifatnya amarah atau dendam, jangan lakukan! Yang sifatnya mendidik, boleh, yang sifatnya dendam, tidak boleh! Itulah Kristen!


Tidak ada komentar: