Minggu, 07 Agustus 2016

AJARAN-AJARAN YESHUA - 8

Mat. 5:5Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.

Alkitab mencatat orang-orang yang lemah-lembut adalah nabi Musa dan ELOHIM YESHUA;

Bil. 12:3Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi.

Za. 9:9Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Seperti apakah kelembutan hati nabi Musa yang Alkitab tunjukkan?

Di hadapan ELOHIM YAHWEH, jika bangsa Israel berbuat dosa, nabi Musa selalu berdiri membela bangsa itu dan memohonkan belas kasihan ELOHIM YAHWEH. Bahkan nabi Musa rela namanya dihapuskan dari kitab ELOHIM YAHWEH;

Keluaran
32:11Lalu Musa mencoba melunakkan hati TUHAN, Allahnya, dengan berkata: "Mengapakah, TUHAN, murka-Mu bangkit terhadap umat-Mu, yang telah Kaubawa keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang kuat?
32:12Mengapakah orang Mesir akan berkata: Dia membawa mereka keluar dengan maksud menimpakan malapetaka kepada mereka dan membunuh mereka di gunung dan membinasakannya dari muka bumi? Berbaliklah dari murka-Mu yang bernyala-nyala itu dan menyesallah karena malapetaka yang hendak Kaudatangkan kepada umat-Mu.
32:13Ingatlah kepada Abraham, Ishak dan Israel, hamba-hamba-Mu itu, sebab kepada mereka Engkau telah bersumpah demi diri-Mu sendiri dengan berfirman kepada mereka: Aku akan membuat keturunanmu sebanyak bintang di langit, dan seluruh negeri yang telah Kujanjikan ini akan Kuberikan kepada keturunanmu, supaya dimilikinya untuk selama-lamanya."
32:14Dan menyesallah TUHAN karena malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya.

32:31Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi mereka.
32:32Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu--dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis."


Dan seperti apakah kelembutan hati ELOHIM YESHUA?

Matius
9:36Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.
9:37Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.
9:38Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

ELOHIM YESHUA merasa kasihan melihat orang-orang Israel tidak tergembalakan dengan baik. Begitu pula jika ELOHIM YESHUA melihat orang-orang di zaman ini yang hidup semau-maunya sendiri karena mereka tak memiliki pengetahuan kebenaran. ELOHIM YESHUA berharap ada banyak orang yang bersedia menjadi penginjil supaya menjangkau seluruh dunia, merampas mereka dari tangan gembala-gembala palsu.

Mat. 20:34Maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, lalu Ia menjamah mata mereka dan seketika itu juga mereka melihat lalu mengikuti Dia.

Hati ELOHIM YESHUA tidak tegaan melihat kelemahan orang-orang di sekitarNYA. DIA selalu ringan tangan untuk menolong orang. DIA tidak mungkin makan ayam goreng Kentucky sambil memandangi orang-orang yang kelaparan. DIA tidak mungkin membeli mobil mewah sambil memandangi orang-orang yang berjalan kaki. DIA tidak mungkin memasang AC di kantorNYA sambil memandangi orang-orang yang kepanasan. DIA tidak mungkin menumpuk uangNYA sambil memandangi orang-orang yang uangnya recehan. DIA tidak mungkin membangun gedung gereja yang mewah sambil memandangi jemaatNYA yang fakir-miskin. DIA tidak mungkin membangun rumah istana sambil memandangi rumah kumuh pendudukNYA, seperti gubernur Ahok.

ELOHIM YESHUA tak seperti orang-orang Kristen di dunia ini yang mematikan perasaan empatinya, sampai-sampai timbul konsep: "Lu lu, gue gue." - "Kamu kamu, aku aku." - "Urus urusanmu sendiri, kuurus urusanku sendiri." Tetangga sebelah tak kenal, jemaat yang duduk di sebelahnya juga tak kenal. Lebih-lebih ELOHIM YAHWEH yang jauh di sorga.

"Hati yang tergerak" adalah hati yang hidup, yang masih memiliki gerak reflek atau gerakan spontan. Ketika melihat sesuatu yang tak sewajarnya, memberikan respon spontan yang tepat. Melihat orang terjatuh bersegera memberikan pertolongan. Melihat orang kecelakaan bersegera menggotongnya ke rumahsakit dan mau membiayai sekalipun bukan dia yang menabraknya. Baik tenaga, pikiran dan keuangan tak ada yang diberati dilepaskan untuk meringankan beban sesama. Tapi hati yang tidak bergerak adalah hati yang mati, yang baru naik ke atas kalau digotong. Baru mau menyumbang setelah direngek-rengek, didesak-desak, dan dirayu-rayu. Harus ada orang lain yang menggerakkan hatinya, sebab hatinya sudah mati.

Menurut anda hati yang mana yang menyukakan hati ELOHIM YAHWEH; yang hidup atau hati yang mati? Murah hati atau mahal hati?

Nabi Musa dan ELOHIM YESHUA kalau dari cerita itu memang kelihatan lemah-lembut. Tapi Alkitab juga mempunyai kisah kekasaran Mereka sebagai lawan kata kelemah-lembutan Mereka.

Ketika nabi Musa turun dari gunung Horeb dengan membawa dua loh batu bertulisan 10 Hukum ELOHIM YAHWEH, lalu menyaksikan bangsa Israel bersorak-sorai memuja-muja patung anak lembu emas, apa reaksi nabi Musa?

Kel. 32:19Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu.

Ternyata nabi Musa bisa juga marah. Marah karena bangsa Israel berdosa melanggar hukum ELOHIM YAHWEH yang kedua: "Jangan membuat patung yang menyerupai apapun." Tapi bagaimana jika patung itu patungnya Yesus Kristus dan bunda Maria? Marah, nggak?! Dan jika pelanggaran terhadap hukum pertama dan kedua, nabi Musa marah, bagaimana jika nabi Musa melihat anda menari-nari dan bersorak-sorai di gereja pada hari Minggu, yang menyangkut hukum keempat: "Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat." Marah, nggak?!

Seperti apakah kekasaran ELOHIM YESHUA?

Mat. 11:21"Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.

Tirus dan Sidon jika melihat mukjizat ELOHIM YAHWEH pasti akan bertobat, tapi Khorazim dan Betsaida tak bertobat sekalipun menyaksikan perbuatan-perbuatan ajaib ELOHIM YAHWEH. Bagaimana dengan anda yang menyaksikan kebenaran Alkitab, ketika saya berkata: "demikianlah Firman TUHAN." Apakah anda bertobat?

Luk. 16:31Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."

Dari beberapa contoh di atas bisalah disimpulkan bahwa nabi Musa dan ELOHIM YESHUA itu mengasihi orang-orang berdosa, tapi membenci orang-orang yang berbuat dosa. Yang disebut orang berdosa adalah orang yang belum mempunyai pengetahuan kebenaran, seperti: pelacur, pemungut cukai, pemabuk, pencuri, dan lain-lainnya. Mereka ini perlu diberi kabar, perlu diberitahu bahwa perbuatan mereka itu berdosa, supaya mereka segera menghentikannya. Sedangkan yang disebut orang yang berbuat dosa adalah orang yang sudah tahu kebenaran namun masih melakukan pelanggaran, seperti: orang-orang yang memegang dan membaca Alkitab, pendeta-pendeta, penginjil-penginjil dan mereka yang mengakunya guru agama.

Yohanes 3:10Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?

ELOHIM YESHUA mengejek Nikodemus; masak guru tidak tahu apa-apa? Masak kelakuan guru itu seperti muridnya? Mereka yang sudah pernah diterangi hatinya, tapi masih bandel dalam dosanya, maka takkan ada pengampunan lagi;

Ibrani
6:4Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,
6:5dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
6:6namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

Orang-orang yang mamadamkan suara ROH KUDUS takkan diampuni dosanya;

Luk. 12:10Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni.

Kaum Muslim yang menghina ELOHIM YESHUA karena kurangnya pengetahuan mereka tentang ELOHIM YESHUA, masih bisa diampuni dosanya. Tapi jika di dalam hati mereka ada suara ROH KUDUS yang membenarkan pemberitaan Injil yang mereka dengar dan mereka tidak mau mengikuti suara yang berbicara di dalam hati mereka, maka dosa mereka takkan diampuni lagi. Pintu pertobatan mereka sudah ditutup sehingga takkan pernah menjadi orang Kristen.

Sebab ketika seorang yang diurapi ROH KUDUS, seorang penginjil sedang memberitakan Injil, ROH KUDUS hadir di hati tiap-tiap orang yang mendengar pekabaran itu untuk membenarkan berita itu, sehingga ada dua yang bersaksi; dari luar dirinya yaitu penginjil, dan dari dalam dirinya yaitu ROH KUDUS. Plus akal sehat yang sudah ditanamkan ELOHIM YAHWEH sejak lahir.

Lukas 24:32Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?"

Di forum diskusi seperti di Facebook ini, dalam soal Kitab Suci, saya akan berdiri keras mempertahankan argumentasi saya. Saya tidak akan mengalah, tidak akan lunak terhadap kesalahan konsep berpikir anda. Tapi di luar forum diskusi, jika anda membutuhkan pertolongan saya, sekalipun anda pernah memaki-maki saya, saya pasti akan menolong anda totalitas. Anda butuh uang, saya berikan seluruh uang yang saya miliki. Anda butuh ginjal, saya berikan ginjal saya secara gratis. Bahkan nyawapun siap saya berikan untuk anda.

Itu adalah sikap standart orang Kristen di seluruh dunia sejak dahulu kala, membagi diri ke dalam dua alam; pikiran dan badani. Di alam pikiran mungkin kita bermusuhan, tapi di alam badani kita adalah sesama manusia. Pikiran untuk ELOHIM YAHWEH, tubuh untuk dunia.

Rm. 7:25Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (7-26) Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.

Yang saya tunjukkan dari ayat itu adalah tentang dua alamnya, yaitu alam pikiran dengan alam badani. Sedangkan yang rasul Paulus maksudkan dengan kalimat itu adalah bahwa setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menjadi orang baik. Tapi sering kali keinginan menjadi orang baik itu gagal oleh sebab keinginan daging. Dalam diri ini ada pertentangan antara pikiran dengan tubuh. Pikiran selalu bermuatan positif, tubuh selalu bermuatan negatif. Maksudnya? Sekalipun maling pasti memiliki keinginan menjadi orang baik. Tak ada orang yang bercita-cita menjadi bajingan. Akal pikiran selalu setujuan dengan ELOHIM, sedangkan tubuh selalu setujuan dengan dunia. Sebab tubuh manusia diambil dari bumi, sedangkan hembusan roh dari ELOHIM YAHWEH.

Yohanes 3:6Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

Kej. 2:7ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Rm. 8:7Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

Jika ROH KUDUS ada dalam diri kita, tidak mungkin ada perdamaian dengan kesalahan, melainkan justru mengobarkan peperangan. Tidak mungkin ROH ELOHIM itu berkata: "Sudahlah, semua agama itu sama-sama mengajarkan kebaikan", "Sudahlah, tak usah membicarakan doktrin", "Sudahlah, jagalah persatuan dan kesatuan", "agamamu agamamu, agamaku agamaku", "hormati keyakinan orang lain", dan lain-lainnya. Sebab seluruh Alkitab, baik ELOHIM YAHWEH, para nabi, ELOHIM YESHUA dan para rasul, semuanya berkata-kata keras melawan dunia.

2Tim. 3:16Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


Tidak ada komentar: