Selasa, 09 Agustus 2016

AJARAN-AJARAN YESHUA - 9

Mat. 5:6Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.

Mazmur
1:1Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
1:2tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
1:3Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
1:4Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam yang ditiupkan angin.
1:5Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar;
1:6sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.

Tanda orang yang lapar dan haus akan kebenaran adalah kesukaannya adalah membaca Alkitab dan merenungkannya siang dan malam, bukan tentang orang yang rajin ke gereja tapi tak pernah membaca Alkitab. Sebab sama seperti perut dikenyangkan oleh nasi, demikianlah jiwa kita dikenyangkan oleh ajaran-ajaran yang benar.

Sama seperti orang yang terlatih kungfu, ketika menghadapi serangan musuh secara reflek dia akan mengeluarkan jurus-jurus tangkisan menurut latihannya;

Luk. 6:45Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."

Mat. 15:19Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Jahat atau baiknya seseorang itu tergantung dari apa yang ada di benaknya. Sedangkan apa yang ada di benaknya adalah ajaran-ajaran atau pengalaman yang diterimanya, sama seperti media penyimpanan data: CD yang merekam apa-apa yang direkamkan kepadanya.

Coba pergilah ke sebuah terminal, ke komunitas sopir-sopir, maka telinga anda akan mendengarkan perkataan-perkataan yang kasar dan jorok, seperti: 'Anjing loe', 'bangsat loe', dan lain-lainnya. Bisa dipastikan kata-kata itu akan anda dengar permenit-persopir, sehingga seharian seorang sopir bisa mengeluarkan ribuan kata-kata kasar dan jorok. Dan jika anda setiap hari bergaul dengan mereka, maka dalam waktu sebulan anda sudah bisa semahir mereka.

Karena sudah menjadi jiwa mereka, maka kata-kata kasar dan jorok itu bukan hanya ada di terminal saja, melainkan bisa anda dengar di jalan-jalan yang mereka lewati, termasuk juga di rumah si sopir itu. Coba perhatikan telinga istri dan telinga anak-anaknya, pasti telinganya tebal kayak telinga badak. Sebab setiap hari mereka mendengar nyanyian sang bapak yang seperti itu.

Cara-cara mereka memecahkan masalah jika misalnya mobil mereka terjebak kemacetan atau ketika tabrakan atau ketika kena tilang polisi atau ketika uang belanja istri kurang atau ketika anak-anaknya nakal, maka kata-kata yang sudah dihafalnya itulah yang dijadikan solusinya. Bagi standart TUHAN, setiap aktifitas mereka hanya melahirkan dosa semata-mata.

Kej. 6:5Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,

Tapi kalau anda membaca Alkitab, suasananya jauh berbeda. Orang-orang benar Alkitab mempunyai perkataan-perkataan yang mulia di berbagai peristiwa yang mereka hadapi. Dalam segala aktifitas mereka selalu melahirkan kebenaran. Dalam menyikapi berbagai permasalahan bibir mereka selalu memberikan pujian bagi ELOHIM YAHWEH.

Alkitab memperkenalkan 3 tingkatan kwalitas; yang paling rendah adalah kelas setan, yaitu orang-orang yang perbuatannya jahat, lalu kelas dunia, yaitu orang-orang yang mengandalkan akal pikirannya sendiri, sedangkan yang tertinggi adalah kelas ILAHIAH, yaitu orang-orang yang mengandalkan TUHAN. Orang-orang kelas dunia maksimalnya melahirkan orang-orang baik, seperti pahlawan atau orang-orang yang bertanda jasa. Dan karena tidak merasa perlu mengakui Keagungan TUHAN, maka jalan orang-orang dunia tak bisa dipakai untuk keselamatan akherat mereka.

Karena itu jika anda bukan termasuk kelompok sopir, tapi juga bukan pembaca Alkitab yang setia, maka anda berada di kelas dunia sekalipun anda seorang yang rajin ke gereja. Hanya tubuhnya saja yang ke TUHAN sedangkan jiwanya diisi oleh konsep-konsep duniawi.

Orang-orang jahat kalau sedang menghadapi kesulitan uang, yang dipikirkannya adalah perbuatan-perbuatan jahat, seperti mencuri, maling atau merampok. Sedangkan orang-orang dunia ketika menghadapi kesulitan yang sama, maka yang dipikirkannya adalah bagaimana cara memajukan usahanya, atau mau mencari pinjaman uang ke mana, atau mencari solusinya dari buku-buku ilmu ekonomi. Tapi anak-anak ELOHIM YAHWEH kalau menghadapi kesulitan yang sama, maka dia akan bersujud dan mengadukan permasalahannya kepada ELOHIM YAHWEH.

Seorang istri nabi yang dililit utang, dia datang ke nabi Elisa dan mengadukan permasalahannya. Ketika ditanyai apa yang dia punyai di rumahnya, janda itu hanya mempunyai sebuah buli-buli yang berisi minyak. Nah, dengan buli-buli berisi minyak itulah ELOHIM YAHWEH mengadakan mukjizat. - 2Raja-raja 4:1-7;





>> Yang dipunyai nabi Musa adalah sebatang tongkat, maka dengan tongkat itulah ELOHIM YAHWEH membuat mukjizat.

>> Untuk membuat anggur yang tersedia hanya air tawar, maka dengan air tawar itulah ELOHIM YAHWEH membuat anggur. 

>> Untuk memberi makan 5.000 orang, rasul Petrus hanya mempunyai 5 roti dan 2 ikan, maka dengan yang ada itulah ELOHIM YAHWEH membuat mukjizat.

>> Untuk membayar pajak Bait Suci rasul Petrus tak punya apa-apa. Karena tak punya apa-apa maka ELOHIM YESHUA menyuruh mengambil uang dari mulut ikan.

Kalau minta pertolongan pada ELOHIM YAHWEH, tak diperlukan surat-surat seperti KTP, Kartu Miskin, Kartu BPJS, ataupun sertifikat tanah. Sebab tanpa bahan apapun ELOHIM YAHWEH bisa menolong segala keperluan kita secara ajaib.

Ada kalanya ELOHIM YAHWEH melakukan mukjizat secara seketika, seperti ketika menyembuhkan seorang yang lumpuh, dengan Firman: "Berjalanlah!" maka orang itu seketika itu juga sembuh. Tapi ada kalanya melewati sebuah proses, seperti ketika menyembuhkan penyakit kusta Naaman, Naaman disuruh mandi 7 kali di sungai Yordan. Begitu pula ketika mengatasi janda nabi yang dililit utang, ada proses yang harus dilakukan oleh janda nabi itu.

Jalan dunia tanpa iman, melainkan menggunakan akal pikiran, seperti ilmu kedokteran. Itu bukan berasal dari TUHAN karena semuanya berlangsung secara logis. TUHAN mengajarkan dan menuntut kita memiliki iman, sebab segala sesuatu yang tanpa iman adalah dosa. Karena itu jangan mencampurkan jalan dunia dengan JALAN TUHAN. Jangan pergi ke dokter dan berdoa pada TUHAN. Dan jangan berpikir TUHAN menyembuhkan melalui dokter dan obat-obatan yang kita doakan. Itu pantangan besar bagi ELOHIM YAHWEH. Jika anda mengenal ELOHIM YAHWEH, anda pasti tahu bahwa berobat ke dokter adalah pantangan besar ELOHIM YAHWEH.

Ibr. 10:38Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."

Jika imannya memudar maka ELOHIM YAHWEH akan meninggalkan orang itu.

Ef. 6:16dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,

Apapun keadaannya, separah apapun penyakit anda, pergunakan iman yang teguh, jangan goncang-gancing.

Rm. 14:23Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

Zaman dulu jika orang menghadapi masalah, masalah apapun selalu diadukan ke nabi ELOHIM. Entah masalah utang, masalah penyakit atau masalah apapun larinya ke nabi ELOHIM. Seorang nabi didaulat sebagai orang yang serba bisa;

1Sa. 9:9--Dahulu di antara orang Israel, apabila seseorang pergi menanyakan petunjuk Allah, ia berkata begini: "Mari kita pergi kepada pelihat," sebab nabi yang sekarang ini disebutkan dahulu pelihat. --

Sebab seorang nabi selalu diperlengkapi dengan kuasa ELOHIM YAHWEH;

Markus
16:17Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
16:18mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Jadi, apa kurangnya dengan ELOHIM YAHWEH sehingga kita melarikan masalah kita ke orang-orang duniawi? Dan sekalipun masalah berhasil terpecahkan jika melahirkan dosa karena tidak berlandaskan iman, buat apa?

Mazmur
1:1Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,


Tidak ada komentar: