Senin, 05 September 2016

APAKAH ROH ITU?

Ada 4 pengertian roh; ujud makhluk yang tak kelihatan, nafas hidup, pikiran, dan menunjuk pada sifat yang tak kelihatan.

I. UJUD MAKHLUK YANG TAK KELIHATAN:

Siapa saja makhluk yang tak kelihatan? ELOHIM YAHWEH, ROH KUDUS, malaikat dan setan/iblis.

1. ELOHIM YAHWEH;

Yoh. 4:24Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

ELOHIM YAHWEH itu ROH menunjuk pada ujud/bentukNYA yang tidak kelihatan, sedangkan "dalam roh" menunjuk pada sifat yang tidak kelihatan, seperti bukan masalah kota Yerusalemnya, bukan masalah Bait Sucinya dan bukan masalah gedung gerejanya. Sebab menyembah DIA di Yerusalem atau di Bait Suci atau di gedung gereja jika tidak benar, maka itu semua tak ada artinya.

Yohanes 1:18Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Tidak ada seorangpun yang pernah melihat ELOHIM YAHWEH. Apa sebab? Sebab DIA ROH yang tidak bisa dilihat oleh mata biasa. Sama seperti virus yang harus dilihat dengan alat khusus; mikroskop. Hanya mata ELOHIM YESHUA saja yang bisa melihatNYA.

Kol. 1:15Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

ELOHIM YESHUA adalah gambar dari ELOHIM YAHWEH yang tak kelihatan;

2Kor. 4:6Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

Karena itu melihat ELOHIM YESHUA sama seperti melihat ELOHIM YAHWEH. Tapi apakah kita sedang membicarakan wajah ELOHIM YESHUA yang belum pernah kita jumpai? Jelas bukan soal wajah atau rupa atau muka atau kepala badani, tapi soal karakter atau tabiat. Sebab apa gunanya wajah mirip ELOHIM YAHWEH jika tabiatnya berantakan kayak setan? Jadi, wajah artinya adalah tabiat.

Seandainya ELOHIM YAHWEH itu bisa dilihat, apakah bentuk tubuhNYA seperti raksasa yang memenuhi bumi? Apakah tubuhNYA sebesar planet bumi sebagaimana ajaran gereja-gereja yang mengatakan bahwa ELOHIM YAHWEH itu memenuhi bumi? Jelas tidak benar! Yang benar adalah sebagaimana sosok ELOHIM YESHUA atau sosok kita. Alkitab tidak pernah mengajarkan bahwa ELOHIM YAHWEH itu berada di mana-mana, tapi menguasai mana-mana. Apa saja yang ada di belahan bumi DIA ketahui, seperti kita melihat mana-mana melalui kamera CCTV.

Itulah sebabnya Alkitab selalu menyebutkan di lokasi mana ELOHIM YAHWEH sedang berada. Misalnya ketika IA melayang-layang di atas permukaan air, itu artinya DIA tidak sedang di darat juga tidak sedang di sorga. Ketika di Taman Eden, itu artinya DIA tidak sedang di Taman Mini Indonesia Indah. Dan ketika sedang di sorga, itu artinya DIA tidak ada di bumi.

Kejadian 1:2Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Apakah "ROH ELOHIM" yang dimaksud? ROH ELOHIM adalah Diri ELOHIM, sebab DIA itu ROH. Jadi, bukan ROH KUDUS sebagaimana yang diajarkan gereja-gereja penganut paham Trinitas. Sebab pada waktu itu belum ada dosa, maka ROH KUDUS masih belum diciptakan;

Yoh. 15:26Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

ROH KUDUS itu "keluar" dari BAPA, artinya asal mulanya ada di dalam Diri BAPA. ROH KUDUS itu tergantung pada perintah BAPA. Jika diperintahkan keluar barulah DIA keluar.


2. ROH KUDUS:

Perbedaan ELOHIM YAHWEH, ELOHIM YESHUA dan ROH KUDUS;

>> ELOHIM YAHWEH dan ELOHIM YESHUA selalu di luar tubuh kita, tak pernah masuk ke dalam tubuh kita. Tapi ROH KUDUS selalu di dalam diri kita, tak pernah di luar tubuh kita.

>> ELOHIM YAHWEH dan ELOHIM YESHUA menampakkan diri, tapi ROH KUDUS tak pernah menampakkan diri.

>> ELOHIM YAHWEH dan ELOHIM YESHUA sama-sama disebut ELOHIM atau TUHAN, tapi Alkitab tak pernah mengajarkan kita menyebut TUHAN ROH KUDUS.

>> ELOHIM YAHWEH dan ELOHIM YESHUA sama-sama menerima pemujaan dan penyembahan, tapi tak ada orang yang memuja dan menyembah ROH KUDUS.

>> ELOHIM YAHWEH dan ELOHIM YESHUA sama-sama berkuasa mengampuni dosa, tapi tak ada orang yang meminta pengampunan dosa pada ROH KUDUS.

>> ELOHIM YAHWEH dan ELOHIM YESHUA sama-sama sering membuat mukjizat, tapi ROH KUDUS tak pernah membuat mukjizat.

>> ELOHIM YAHWEH dan ELOHIM YESHUA sama-sama esa atau tunggalnya, tapi ROH KUDUS itu bisa dilipatgandakan. Roh itu bisa dipecah-pecah seperti di komputer adalah copypaste. Cara perkembangbiakan roh itu dengan membelahdiri seperti sel. Kalau manusia melalui perkawinan;

Kisah
2:3dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
2:4Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

2Raja-raja
2:9Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu."
2:10Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."
2:15Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa." Mereka datang menemui dia, lalu sujudlah mereka kepadanya sampai ke tanah.

Bil. 11:25Lalu turunlah TUHAN dalam awan dan berbicara kepada Musa, kemudian diambil-Nya sebagian dari Roh yang hinggap padanya, dan ditaruh-Nya atas ketujuh puluh tua-tua itu; ketika Roh itu hinggap pada mereka, kepenuhanlah mereka seperti nabi, tetapi sesudah itu tidak lagi.

ROH KUDUS yang ada pada nabi Musa diambil sebagian lalu dibagi-bagikan ke 70 tua-tua Israel. Tapi tak pernah ada cerita ELOHIM YAHWEH atau ELOHIM YESHUA yang dibagi-bagikan.


>> Di kitab Wahyu yang menceritakan suasana sorga, tak ada kata-kata: ROH KUDUS, tak pernah disebutkan dan tak mempunyai Takhta;

Wahyu 5:13Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"

Wahyu 21:22Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.

Wahyu 21:23Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.

Wahyu 22:1Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.

Bagaimana dengan ayat ini?

Why. 1:10Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,

Yohanes dikuasai ROH KUDUS itu di pulau Patmos, di bumi, bukan di sorga. Melalui kuasa ROH KUDUS itulah Yohanes bisa menerima penglihatan-penglihatan tentang suasana sorga.

Apa artinya Maria mengandung dari ROH KUDUS?

Mat. 1:18Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

Sebab ELOHIM YAHWEH tidak masuk ke dalam tubuh manusia yang berdosa, maka ELOHIM YAHWEH mengutus ROH KUDUS masuk ke dalam diri Maria dan mengurus Janin ELOHIM YESHUA.

Luk. 1:15Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;

Ayat itu memang untuk Yohanes Pembaptis, tapi sangat menolong kita mengerti tentang kejadian ELOHIM YESHUA. Bahwa ROH KUDUS sudah menguasai sejak semulanya.

Dalam salam pendahuluan atau salam penutup surat-surat para rasul, ROH KUDUS tak pernah disebutkan. Tapi ELOHIM YAHWEH selalu disebutkan bersama-sama dengan ELOHIM YESHUA;

Roma 1:1Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.

1Korintus 1:1Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah dipanggil menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Sostenes, saudara kita,

Galatia 1:1Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,

1Petrus 1:3Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

1Yohanes 1:3Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.

Yakobus 1:1Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan.

Yudas 1:1Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus.


3. MALAIKAT;

Ibrani
1:13Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?"
1:14Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?

Malaikat juga berposisi di luar tubuh, tak pernah masuk ke dalam tubuh. ELOHIM YAHWEH, ELOHIM YESHUA dan para malaikat cara komunikasinya adalah berbicara atau berfirman, bukan memberikan ilham atau gagasan sebagaimana ROH KUDUS.


4. SETAN/IBLIS;

Setan atau iblis diijinkan beroperasi di luar tubuh melalui penampakan-penampakan maupun merasuki pikiran orang.


II. NAFAS HIDUP;

Kej. 2:7ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

ELOHIM YAHWEH menghembusi dengan nafas, bahasa ilmiahnya adalah oksigen. Oleh oksigen itulah jantung bekerja memompa darah, darah mengaliri otak, maka timbullah kesadarannya. Kesadaran itulah kehidupan manusia. Karena itu jika manusia sudah kehilangan kesadarannya, yaitu mati otak, maka dokter menyatakan orang itu sudah mati sekalipun jantungnya masih berdetak.

Orang mati itu tubuhnya menjadi tanah sedangkan oksigen sudah tidak terhirup lagi. Karena itu orang mati adalah orang yang sudah kehilangan segala-galanya, sehingga tidak mungkin ada arwah atau roh orang mati yang bergentayangan.

Ayb. 7:9Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali.

Ayb. 14:10Tetapi bila manusia mati, maka tidak berdayalah ia, bila orang binasa, di manakah ia?

Jadi, pengertian roh yang lainnya adalah nafas hidup.


III. PIKIRAN;

Roh juga berarti pikiran atau jiwa atau karakter kita. Roh saya adalah pikiran saya, roh anda adalah pikiran anda. Orang Yahudi berjiwa Moses, artinya mereka menjiwai ajaran-ajaran nabi Musa. Orang Indonesia berjiwa Soekarnois, artinya menjiwai ajaran-ajaran Soekarno.

Lukas 4:18"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

ROH TUHAN ada pada ELOHIM YESHUA, artinya, pikiran-pikiran ELOHIM YAHWEH ada di dalam diri ELOHIM YESHUA, bukan Diri ELOHIM YAHWEH yang masuk ke Diri ELOHIM YESHUA. Bisa juga diartikan ROH KUDUS ada di dalam Diri ELOHIM YESHUA.

Yoh. 10:38tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."

"BAPA di dalam ELOHIM YESHUA", artinya pikiran/ajaran ELOHIM YAHWEH ada di dalam ELOHIM YESHUA. "ELOHIM YESHUA di dalam BAPA", artinya ELOHIM YESHUA menjalankan pikiran/ajaran ELOHIM YAHWEH.


IV. MENUNJUK PADA SIFAT YANG TIDAK KELIHATAN;

Menunjuk pada sifat rohaniah, misalnya: tidak membunuh tubuh tapi membunuh ajaran. Kalau kaum Muslim membunuh orang Kristen, saya membunuh ajaran-ajaran yang menyesatkan. Ada zinah fisik, ada zinah pikiran. Ada pencurian harafiah ada yang disebut pencurian waktu.

Hasil gambar untuk gambar lidah-lidah api

Tidak ada komentar: