Kamis, 01 September 2016

SANGKAKALA KETUJUH

Dan. 8:14Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar."

"Pemulihan tempat kudus" itulah yang menjadi berita utama Williem Miller yang ia sangka adalah kedatangan ELOHIM YESHUA ha MASHIA ke dunia. Kapan itu akan terjadi? Kata malaikat setelah lewat 2300 petang dan pagi, maka tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar/normal. Sebenarnya apakah yang menjadi percakapan orang-orang kudus dalam penglihatan nabi Daniel?

Daniel 8:13Kemudian kudengar seorang kudus berbicara, dan seorang kudus lain berkata kepada yang berbicara itu: "Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini, yakni korban sehari-hari dan kefasikan yang membinasakan, tempat kudus yang diserahkan dan bala tentara yang diinjak-injak?"

Yah, sampai berapa lamakah dunia ini gelap gulita tanpa terang kebenaran? Itulah pertanyaan di zaman nabi Daniel, 538 tahun sebelum kelahiran ELOHIM YESHUA, ketika nabi itu masih berada di Babilon dan kota Yerusalem dalam keadaan porak-poranda karena dihancurkan oleh raja Nebukadnezar. Maka ELOHIM YAHWEH merentangkan langkah-langkahNYA, bahwa kota Yerusalem dan Bait Suci harus dibangun kembali untuk menyambut kedatangan ELOHIM YESHUA.

Daniel 9:24Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.

70 x 7 masa = 490 masa = 490 tahun untuk sampai pada kedatangan ELOHIM YESHUA.

Daniel 9:25Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.

Dihitung dari keluarnya Firman untuk membangun kembali Yerusalem hingga terbentuknya kota itu ditargetkan memakan waktu: 7 x 7 masa = 49 tahun.

ELOHIM YAHWEH menetapkan hukuman pembuangan ke Babel selama 70 tahun: 608 - 538 Sebelum Masehi. Setelah itu di zaman kerajaan Madai-Parsi, mereka dipulangkan ke Palestina kembali untuk membangun kota itu. Dan karena adanya perlawanan dari orang-orang yang menentang pembangunan Bait Suci kembali, maka pembangunannya tersendat-sendat. Ada 3 raja Persia yang dilibatkan untuk membuat surat perintahnya: Darius, Koresh dan Artahsasta;

Ezr. 6:14Para tua-tua orang Yahudi melanjutkan pembangunan itu dengan lancar digerakkan oleh nubuat nabi Hagai dan nabi Zakharia bin Ido. Mereka menyelesaikan pembangunan menurut perintah Allah Israel dan menurut perintah Koresh, Darius dan Artahsasta, raja-raja negeri Persia.

Ezra
7:11Inilah salinan surat, yang diberikan raja Artahsasta kepada Ezra, imam dan ahli kitab itu, yang ahli dalam perkataan segala perintah dan ketetapan TUHAN bagi orang Israel:
7:12"Artahsasta, raja segala raja, kepada Ezra, imam dan ahli Taurat Allah semesta langit, dan selanjutnya. Maka sekarang,
7:13olehku telah dikeluarkan perintah, bahwa setiap orang di dalam kerajaanku yang termasuk orang Israel awam, atau para imamnya atau orang-orang Lewi, dan yang rela pergi ke Yerusalem, boleh turut pergi dengan engkau.
7:14Oleh karena engkau disuruh raja serta ketujuh orang penasihatnya untuk mengadakan penyelidikan mengenai Yehuda dan Yerusalem dengan berpedoman kepada hukum Allahmu yang menjadi peganganmu, ......................................

Surat Artahsasta itu bertahun 457 Sebelum Masehi, dan kota Yerusalem selesai dibangun tahun 408 Sebelum Masehi = 49 tahun sebagaimana dinubuatkan. Lalu menurut Daniel 9:25, ada 62 x 7 masa = 434 tahun untuk sampai pada Seorang yang Diurapi.

408 Sebelum Masehi + 434 tahun = tahun 27 Tarikh Masehi, yaitu ketika ELOHIM YESHUA dibaptis oleh Yohanes Pembaptis;

Lukas
4:18"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
4:20Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.
4:21Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

Berdasarkan petunjuk nubuatan inilah kita membuat perkiraan tahun kelahiran ELOHIM YESHUA: 457 SM - 408 SM - 27 TM ELOHIM YESHUA dibaptis;

Luk. 3:23Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,

Tahun 27 Tarikh Masehi dikurangi umurNYA mulai mengajar: 30 tahun, maka tahun kelahiranNYA adalah tahun 4 Sebelum Masehi. Mengapa bukannya tahun 1 Tarikh Masehi jika kalender Masehi itu berpedoman padaNYA? Mengapa ganjil di tahun 4 Sebelum Masehi? Sebab penanggalan Alkitab berbeda dengan penanggalan Romawi. Penanggalan Alkitab 360 hari setahun, penanggalan Romawi 364 hari setahun. Dan tentu saja sesuai penentuan ELOHIM YAHWEH untuk menghindari penyesatan, supaya orang yang berkata ELOHIM YESHUA lahir di tahun 1, menjadi kecele, ketahuan kalau asumsinya tidak berdasarkan nubuatan itu.

Dari 70 x 70 masa = 490 tahun dikurangi 7 x 7 masa[49 tahun] dikurangi lagi 62 x 7 masa[434 tahun], maka sisanya adalah 1 x 7 masa[7 tahun];

Daniel 9:27Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Pada pertengahan 1 x 7 masa, yaitu 3,5 tahun dari tahun 27 Tarikh Masehi = tahun 31 Tarikh Masehi, raja itu menghentikan korban-korban ritual Hukum Taurat, yaitu oleh penyaliban ELOHIM YESHUA;

Matius
27:50Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.
27:51Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,

ELOHIM YAHWEH merobek tabir Bait Suci, menandakan selesainya segala upacara Bait Suci;

Yohanes 4:21Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
4:23Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
4:24Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Bait Suci dan kota Yerusalem sudah tidak diperlukan lagi. Kita tidak perlu pergi ke sana, sebab kita bisa menyembah ELOHIM YAHWEH di mana saja kita berada;

Mat. 18:20Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

Jika ada kumpulan yang berkumpul oleh sebab nama ELOHIM YESHUA, maka itulah Bait Sucinya orang-orang Kristen. Itu bisa di lapangan, di halte bus, di warung kopi, di sawah, dan lain-lainnya. Tidak harus ke sebuah gedung gereja. Nggak perlu itu! Nggak perlu ribut mengurus ijin mendirikan gereja. Nggak perlu mengundang permusuhan dengan FPI.

Dari 1 x 7 masa dikurangi 3,5 tahun, sisanya 3,5 tahun menunjuk ke tahun 34 Tarikh Masehi, ketika Stefanus dibunuh. Itulah murid ELOHIM YESHUA yang mati syahid pertama, sehingga genaplah kejahatan bangsa Yahudi bahwa mereka menolak baik Guru maupun muridnya. Mereka menolak Kekristenan sama sekali;

Kis. 5:28katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."

Dari 2300 hari atau 2300 tahun dikurangi 490 tahun, sisanya adalah 1810 tahun. Dihitung dari kematian Stefanus tahun 34 Tarikh Masehi, maka 1810 tahun berikutnya menunjuk ke tahun 1844 Tarikh Masehi. Itulah saatnya pemulihan tempat kudus yang disangka Williem Miller merupakan kedatangan ELOHIM YESHUA;

>> 457 Sebelum Masehi: perintah membangun Yerusalem kembali.

>> 408 Sebelum Masehi: kota Yerusalem sudah terbentuk.

>> 4 Sebelum Masehi: ELOHIM YESHUA dilahirkan.

>> 27 Tarikh Masehi: ELOHIM YESHUA dibaptis.

>> 31 Tarikh Masehi: ELOHIM YESHUA disalibkan.

>> 34 Tarikh Masehi: Stefanus dibunuh.

>> 538 Tarikh Masehi: Permulaan kuasa "tanduk kecil" memerintah selama 1260 tahun.

>> 1798 Tarikh Masehi: Kuasa kepausan mengalami luka parah.

>> 1844 Tarikh Masehi: Pemulihan tempat kudus.

Tahunnya diketahui: 1844. Tapi tanggalnya? Beberapa kali Williem Miller membuat dan mengubah tanggal, dan yang paling akhir didasarkan pada "hari pendamaian" atau hari grafirat Yahudi, yaitu tanggal 22 Oktober. Willem Miller dari tahun 1830 - 1844 mengabarkan tentang kedatangan ELOHIM YESHUA yang keduakalinya. Ribuan orang bertobat dan mempersiapkan diri menghadapi kedatangan ELOHIM YESHUA itu. Harta dijual, rumah dijual, pekerjaan ditinggalkan, dan mereka menyambut ELOHIM YESHUA di atas sebuah gunung. Tapi yang ditunggu-tunggu tak datang, maka lahirlah kekecewaan besar. Tercatat ada 50.000 orang menjadi murtad dari gereja. Williem Miller-pun menjadi down hingga sakit stroke dan harus duduk di kursi roda. Tragis!

Wahyu
10:1Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api.
10:2Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,
10:3dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya.
10:4Dan sesudah ketujuh guruh itu selesai berbicara, aku mau menuliskannya, tetapi aku mendengar suatu suara dari sorga berkata: "Meteraikanlah apa yang dikatakan oleh ketujuh guruh itu dan janganlah engkau menuliskannya!"
10:5Dan malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tangan kanannya ke langit,
10:6dan ia bersumpah demi Dia yang hidup sampai selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya, katanya: "Tidak akan ada penundaan lagi!

Dipeniupan sangkakala yang keenam itulah rahasia nubuatan Daniel dan Wahyu itu dibuka atau disingkapkan pengertiannya kepada Williem Miller.

Wahyu
10:8Dan suara yang telah kudengar dari langit itu, berkata pula kepadaku, katanya: "Pergilah, ambillah gulungan kitab yang terbuka di tangan malaikat, yang berdiri di atas laut dan di atas bumi itu."
10:9Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya, supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku: "Ambillah dan makanlah dia; ia akan membuat perutmu terasa pahit, tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu."
10:10Lalu aku mengambil kitab itu dari tangan malaikat itu, dan memakannya: di dalam mulutku ia terasa manis seperti madu, tetapi sesudah aku memakannya, perutku menjadi pahit rasanya.

Di mulut terasa manis, di perut terasa pahit, itulah pengalaman Williem Miller. Ketika pekabaran itu dikabarkan ribuan orang menyambutnya dengan sukacita. Tapi setelah nubuatan tidak terjadi, hasilnya adalah kekecewaan besar. Adakah itu kesalahan Williem Miller?

Mal. 3:1Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam.

Ayat itu menerangkan bahwa "secara mendadak" artinya tidak disangka-sangka atau diluar dugaan, sedangkan kalimat lainnya menerangkan "sesungguhnya IA datang." Artinya, Williem Miller tidak menipu dan tidak salah. Sebab pada hari itu juga di bumi ada pemulihan, yaitu melalui berdirinya Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, sehingga umat ELOHIM YAHWEH memiliki wadah atau kandang. Dari antara 666 gereja yang menyesatkan, ada 1 gereja Kebenaran ELOHIM YAHWEH.

Wahyu 10:11Maka ia berkata kepadaku: "Engkau harus bernubuat lagi kepada banyak bangsa dan kaum dan bahasa dan raja."

Itulah perintah kepada Ny. Ellen G. White, bahwa nubuatan Williem Miller itu harus dia lanjutkan.

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh; "advent" artinya adalah menunggu. Jadi, gereja ini menunggu kedatangan ELOHIM YESHUA yang keduakalinya di hari yang ketujuh, bukan di hari Minggu. Gereja ini menunggu ditiupnya sangkakala yang ketujuh;

Wahyu 10:7Tetapi pada waktu bunyi sangkakala dari malaikat yang ketujuh, yaitu apabila ia meniup sangkakalanya, maka akan genaplah keputusan rahasia Allah, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hamba-Nya, yaitu para nabi."

1Tesalonika
4:16Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
4:17sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.
4:18Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.


Dalam surat kepada 7 jemaat, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh dikiaskan sebagai jemaat Laodikia;

Wahyu
3:14"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:
3:15Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
3:16Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.
3:17Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,
3:18maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.
3:19Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!
3:20Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
3:21Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.
3:22Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh diorganisasikan secara resmi pada tahun 1863 Tarikh Masehi.

Hasil gambar untuk gambar nubuatan 2300 petang dan pagi

Tidak ada komentar: