Selasa, 04 Oktober 2016

HUKUM TAURAT ITU MERANGSANG DOSA - ROMA 16

ROMA 11:

Ayat 15:
Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mati?

Bangsa Yahudi menolak Kristen, ELOHIM YAHWEH berdamai dengan bangsa lain. Apa jadinya jika bangsa Yahudi menerima Kristen? Tidakkah yang lebih hebat dari sekedar perdamaian adalah dihidupkan dari kematian? Dan karena ELOHIM YAHWEH yakin bangsa Yahudi akan bertobat, maka hidup kekal yang dijanjikan kepada kita adalah kepastian.

Ayat 16:
Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.

Jika bangsa Israel yang sulung kudus, maka yang lainnya secara otomatis juga kudus, yaitu bangsa-bangsa lain yang seadonan dengan Israel[seiman].

Ayat 17-18:
Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah, janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.

Jika sejumlah orang Yahudi disingkirkan, lalu kita dicangkokkan menggantikannya, kita jangan menyombongkan diri sebagaimana gereja-gereja masa kini yang merasa diri lebih baik dari Yahudi, yang seperti kelakuan Hagar, melecehkan Sara, nyonyanya;

Kej. 16:4Abram menghampiri Hagar, lalu mengandunglah perempuan itu. Ketika Hagar tahu, bahwa ia mengandung, maka ia memandang rendah akan nyonyanya itu.

Tanpa pemahaman yang benar, menganggap Hukum Taurat sebagai sampah, hari Sabat sebagai ketinggalan zaman. Sebab sebagaimana pada akhirnya Hagar diusir dari rumah Abraham, demikianlah anda juga akan diusir dari Kerajaan ELOHIM YAHWEH.

Kej. 21:10Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak."

Sebab yang disebut anak itu bangsa Israel, bukan bangsa-bangsa lain;

Matius 15:24

Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
15:25Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
15:26Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."

ELOHIM YESHUA diturunkan ke dunia adalah untuk menyelamatkan bangsa Israel. Adapun yang disebut bangsa Israel adalah mereka yang menerima 10 Hukum ELOHIM YAHWEH dan yang menguduskan hari Sabat. Jadi, bagaimana Kekristenan hendak menduduki takhta Israel? Bagaimana tamu hendak merombak rumah tuan rumahnya? Tahu dirilah!

Jika anak boss anda ada yang idiot, beranikah anda berkata: "anak itu idiot?" Beranikah anda mengata-ngatai anak ELOHIM YAHWEH, Israel itu idiot?! Gegabah sekali!

Jadilah hamba-hamba yang rendah hati dan memiliki sopan-santun. Masuk rumah boss, turuti dan ikuti aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang sudah ada. Jangan merombak apapun, jangan merubah-rubah apapun, sebab anda orang luar yang tidak memiliki hak apapun. Anda dipanggil untuk mentaati, bukan untuk mengatur-mengatur.

Supermarket memang membagi-bagikan brosur undangan, supaya anda mengunjungi supermarket itu. Supermarket itu memang membutuhkan kedatangan anda, tapi untuk menjadi pembeli, bukan untuk mencuri barang-barangnya. Karena itu jika anda datang untuk maling, maka anda akan dihajar habis oleh Satpam-nya.

Kristen? Di Alkitab, Kristen adalah pemelihara hari Sabat. Nggak ada orang Kristen di Alkitab yang berhari Minggu. Nggak ada yang merayakan Natal, nggak ada laki-laki yang rambutnya gondrong, nggak ada yang merayakan Paskah dengan telor ayam, nggak ada yang doanya lipat tangan tutup mata. Seperti itulah rumahtangga dan tradisi Boss anda, yang anda harus mengikutinya, bukannya membuat acara sendiri-sendiri.

Ayat 19-20:
Mungkin kamu akan berkata: ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan di antaranya sebagai tunas. Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah!

Masuklah dalam Kekristenan dengan kekhidmatan, dengan rasa takut, seperti anda sedang datang ke rumah orang yang sedang berkabung karena kematian keluarganya. Pasti anda ke rumah itu dengan ekspresi ikut berkabung, bukannya ketawa-ketawa, karena ELOHIM YAHWEH kematian Israel, anakNYA! Berkabung! Jangan melonjak-lonjak, jangan menari-menari di hadapan ELOHIM YAHWEH yang kehilangan anakNYA.

Hab. 2:20Tetapi TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus. Berdiam dirilah di hadapan-Nya, ya segenap bumi!

Za. 2:13Berdiam dirilah, hai segala makhluk, di hadapan TUHAN, sebab Ia telah bangkit dari tempat kediaman-Nya yang kudus.

Kamu ketemu TUHAN? Pasti kakimu gemetaran dan tertekuk ke tanah! Nggak mungkin kamu masih sanggup menari-nari!

Ayat 21-22:
Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu. Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga.

Jika kamu tidak bisa lebih baik dari bangsa Yahudi, maka siapakah yang akan mempertahankan keberadaan kamu di Kristen? Nggak ada!

Matius 5:20 - Terjemahan Lama;
Karena Aku berkata kepadamu: Jikalau tiada kebenaranmu terlebih daripada kebenaran segala ahli Taurat dan orang Parisi, sekali-kali tiada dapat kamu masuk ke dalam kerajaan surga.

New King James Version:
"For I say to you, that unless your righteousness exceeds [the righteousness] of the scribes and Pharisees, you will by no means enter the kingdom of heaven.

"Kebenaranmu" bukan "agamamu" sebagaimana Alkitab LAI Terjemahan Baru. Artinya, Kristen itu bukan keagamaan, tapi JALAN KEBENARAN, JALAN TUHAN.

LAI Terjemahan Baru:
Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Ayat 23-25:
Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali. Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri. Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

Jangan merasa pandai lalu merubah-rubah tradisi Alkitab. Sebab Alkitab adalah contoh untuk kita teladani.

Ayat 26-27:
Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub. Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."

Dari bangsa Yahudi akan lahir Penebus. Jadi, seburuk-buruknya bangsa Yahudi, mereka memiliki Penebus, yaitu: ELOHIM YESHUA. Penebus itu disediakan untuk menutupi segala kelemahan bangsa Yahudi. Seumpama orang sakit, tersedia obatnya. Dan obat tidak menuntut orang sehat, justru untuk orang yang sakit. Tidak ada obat yang berkata kepada orang yang sakit: "sehatkan dirimu baru minumlah aku." Tapi obat itu menantang orang sakit: "Kamu sakit? Minumlah aku." Demikian pula dengan ELOHIM YESHUA sebagai Penebus, tak mungkin berkata kepada orang berdosa: "sucikan dulu dirimu baru datanglah kepadaKU." Tapi, ELOHIM YESHUA malah menantang orang berdosa: "Kamu berdosa? Datanglah padaKU!"

Mat. 9:12Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

Jadi, yang dibutuhkan dari bangsa Yahudi hanyalah iman mereka saja. ELOHIM YAHWEH tidak memperhitungkan perbuatan mereka.

Ayat 28:
Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.

Oleh sebab ada kita yang memiliki iman, maka ELOHIM YAHWEH menolak mereka yang tidak beriman. Karena ada yang lebih baik, maka ELOHIM YAHWEH memilih kita yang lebih baik dari Yahudi. Tapi jika kita ini seburuk Yahudi, sama seperti Yahudi, maka ELOHIM YAHWEH takkan memilih kita. Sebab bangsa Yahudi dipilih oleh sebab nenek moyang mereka. Jadi, kalau sama-sama buruknya, maka ELOHIM YAHWEH akan berpegang pada Yahudi saja. Tidak perlu memilih orang lain. Karena itu kita harus lebih baik dari Yahudi, sehingga ELOHIM YAHWEH akan mempertahankan kita.

Ayat 29:
Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

Kasih karunia adalah kita, panggilanNYA adalah Yahudi. Keduanya sama-sama disayangi ELOHIM YAHWEH. Tentu saja dengan catatan, jika kita memang layak untuk dikasihiNYA.

Ayat 30:
Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka,

Dulu kita tidak mengenal ELOHIM YAHWEH dan disebut bukan umatNYA. Tapi kini kita diperkenankan untuk mengenal dan menjadi umatNYA. Yang ELOHIM YAHWEH rubah adalah orang-orangnya, bukan hukum-hukumnya. Hukum tetap! Bangsa Yahudi tidak sanggup menjalankan hukum itu, kita dipanggil untuk menggantikannya.

Ayat 31:
demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

Bangsa Yahudi menolak, kita mendapatkan kemurahan. Kita mendapatkan kemurahan, bangsa Yahudi-pun pasti akan diberi kemurahan yang lain juga.

Yeh. 36:26Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
36:27Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Ada hujan awal dan ada hujan akhir untuk masa pemanenan. Hujan awal, hujan ROH KUDUS yang pertama adalah di zaman jemaat yang mula-mula, Kisah 2. Di akhir zaman ELOHIM YAHWEH akan kembali mencurahkan ROH KUDUSNYA sebagai hujan akhir.

Ayat 32:
Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.

Orang-orang yang tidak taat dikurung dalam kurungan ketidaktaatan. Artinya, ELOHIM YAHWEH tidak memberikan kemurahan terhadap orang-orang itu, supaya ELOHIM YAHWEH bisa mempertunjukkan kemurahan kepada orang-orang yang lainnya. Jadi, ELOHIM YAHWEH tidak mengondisikan orang menjadi tidak taat, tapi tidak memberikan pertolongan sama sekali.

Ketika Injil diberitakan kepada anda dan anda menolak, maka anda akan dimasukkan ke dalam kurungan ketidaktaatan sehingga selamanya tak mungkin bertobat. Hanya pada saat ELOHIM YAHWEH berkemurahan, semua orang dalam kurungan itu dibebaskan sehingga orang berkesempatan berubah pikirannya.

Ayat 33:
O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!

Karena itu kalau kita tidak tahu liku-liku dan seluk-beluk ELOHIM YAHWEH yang serba rahasia, beruntunglah orang-orang yang memiliki jiwa rendah hati dan penurut. Sekalipun orang-orang yang keras kepala diberikan kemurahan-kemurahan, tapi kita 'kan tidak tahu kapan ELOHIM YAHWEH sedang murah hati. Jadi, terlalu spekulasi sekali menjadi orang-orang yang nakal itu.

Ayat 34-36:
Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya? Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya? Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

DIA-lah yang menciptakan segala sesuatunya, DIA juga yang mengendalikan segala sesuatu, dan segala sesuatu itu untuk DIA. Kehidupan ini berpusat pada DIA. Karena itu kita tak memiliki apa-apa yang untuk diri kita sendiri. Jika kita tidak masuk pada kehendakNYA, pada perputaran rodaNYA, maka kita pasti akan terpental keluar!

Hasil gambar untuk gambar roda berputar

Tidak ada komentar: