Sabtu, 08 Oktober 2016

HUKUM TAURAT ITU MERANGSANG DOSA - ROMA 19

ROMA 13:

Ayat 1:
Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

Dari antara 613 perintah dan aturan Taurat, terdapat aturan-aturan yang tidak berkenaan dengan KETUHANAN, tapi berkenaan dengan hubungan antar sesama, yang merupakan penjabaran dari 5 hukum untuk sesama, seperti: jangan membunuh, jangan mencuri, jangan berzinah, jangan berdusta dan jangan iri hati. Itu masuknya sebagai hukum kemasyarakatan yang bisa diserahkan ke pemerintahan setempat, sehingga jika kita tinggal di Jepang, ya ikuti aturan pemerintah Jepang. Jika tinggal di Amerika, ya ikuti aturan pemerintah Amerika. Demikian pula dengan kita yang tinggal di Indonesia, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku di sini.

Konsepnya adalah gigi ganti gigi, mata ganti mata, dan nyawa ganti nyawa. Maksudnya, setiap orang yang bersalah harus menerima hukuman yang setimpal. Pemerintah Indonesia mempunyai daftar harga untuk gigi, mata dan nyawa, yang termuat dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana dan Perdata. Misalnya untuk kasus pencurian dengan kekerasan, harga kerugiannya adalah hukuman 9 tahun penjara, sedangkan untuk kasus Jessica yang membunuh Mirna dengan kopi sianida, harga kerugiannya adalah hukuman mati. Nyawa ganti nyawa.

Jadi, jika kita hendak memperkarakan orang yang bermasalah dengan kita, kita melaporkannya ke polisi, itu boleh, itu bukan dosa, asal melalui prosedur hukum yang berlaku di sini. Tapi ELOHIM YESHUA mengharapkan dan mengajarkan supaya orang-orang Kristen tidak menempuh cara itu, melainkan memiliki jiwa murah hati dan pengampun yang besar. Sebab ELOHIM YESHUA sendiri telah menunjukkan kemurahan hatiNYA terhadap segala pelanggaran dan dosa-dosa kita. Kita yang bisa jadi lebih bajingan dari orang yang kita sebut bajingan, telah menerima pengampunan dosa dari ELOHIM YESHUA. Jadi, bagaimana kita yang menerima kemurahan hati sedemikian besar itu hendak berlaku jahat terhadap orang?

Matius 5:38

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

Mengapa hukum yang semula ada itu, kini ditiadakan oleh ELOHIM YESHUA? Sebab hukum yang lama itu untuk memberitahukan harga dosa. Melalui Hukum Taurat itu kita diberitahukan harga-harga dosa, bahwa harganya mata adalah mata, harganya gigi adalah gigi, dan harganya nyawa adalah nyawa. Seperti kita masuk ke supermarket, kita ambil sabun, odol, susu, Rinso, Baygon, tissue, dan lain-lainnya, lalu kita ke kasir untuk ditotal jumlah belanjaan kita, dan ELOHIM YESHUA yang membayar semuanya itu. Supaya kita tahu berapa besar dosa-dosa yang telah kita perbuat dan yang telah diampuni oleh ELOHIM YESHUA.

Coba seandainya kita memenjarakan pencuri selama 9 tahun. Tahukah anda betapa susahnya istri dan anak-anaknya? Mereka harus mencari nafkah dan harus menanggung malu. Berapa anak mereka? Bagaimana jika sampai anak-anak itu harus putus sekolah dan kecil-kecil harus bekerja? Seperti apa pula rasanya pencuri itu hidup di dalam penjara selama 9 tahun? Seperti apa pula nasibnya setelah bebas dari penjara? Mau kerja apa dan siapa yang mau percaya pada seorang mantan narapidana? Wouh, bagaimana seandainya pencuri itu anda?

Jika dosa terhadap sesama saja sudah seberat itu, seperti apakah beratnya dosa anda ketika masih belum mengenal ELOHIM YAHWEH, ketika anda masih menyembah patung-patung? Berapa harga dosa menyembah patung-patung, jika mencuri saja hukumannya 9 tahun? Mana yang lebih berat antara Jessica yang membunuh Mirna dengan kopi sianida, dengan anda yang tidak menguduskan hari Sabat?

Ayat 2:
Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.

Apakah anda membayar pajak? Apakah anda membayar pajak secara jujur? Apakah anda menyembunyikan kekayaan anda di luar negeri dan kini mengikuti Tax Amnesty? Orang Kristen harus menjadi teladan, sebab ketidakjujuran adalah maling yang ancaman hukumannya 9 tahun;

Lukas 20:25Lalu kata Yesus kepada mereka: "Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!"

Jika terhadap pemerintah yang kelihatan saja anda sudah tidak jujur, bagaimana anda bisa jujur terhadap ELOHIM YAHWEH yang tersembunyi?

Ayat 3-4:
Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya. Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

Untuk urusan duniawi kita wajib taat pada pemerintah. Tapi untuk urusan yang berkaitan dengan KETUHANAN, kita harus lebih taat pada TUHAN daripada kepada manusia;

Kisah 5:28

katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."
5:29Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

Ajaran JALAN TUHAN tidak perlu kita mintakan ijin atau persetujuan dari pemerintah. Sebab tidak patut dan tidak sepantasnya, jika TUHAN di atasi oleh manusia. Rasul Paulus menyatakan bahwa pemerintah itu "hamba ELOHIM YAHWEH", bukan bossnya ELOHIM YAHWEH. Jadi, mengapa Kekristenan harus kita daftarkan ke Departemen Agama. Itu sangat menghina ELOHIM YAHWEH!

Kristen harus di luar system, bukan di dalam system! Sebab segala macam ijin itu pasti akan kita buang ke tong sampah. Diijinkan maupun tidak diijinkan, kita tetap melaksanakan perintah TUHAN kita. Tak ada satu makhlukpun yang berhak menghalangi kita untuk beribadah kepada ELOHIM YAHWEH.

Kita tak perlu dianggap resmi atau dianggap sah oleh pemerintah. Sejak semula Kristen, yaitu ELOHIM YESHUA dan murid-muridNYA dianggap sesat, liar dan dimusuhi oleh pemerintahan Romawi plus golongan Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat.

Mazmur 2:1

Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
2:2Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang diurapi-Nya:

Pertemuan jemaat Kristen tidak memerlukan gedung gereja permanen. Kita bisa mengadakan pertemuan ibadah di mana saja, di rumah-rumah secara bergiliran. Pertemuan jemaat Kristen tidak perlu disatukan sehingga berjumlah banyak orang, tapi harus dipecah-pecah dalam kelompok kecil. Sebab 2 atau 3 orang saja berkumpul dalam nama ELOHIM YESHUA sudah dianggap sah;

Mat. 18:20Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

Dalam pertemuan jemaat tidak perlu ada khotbah, yaitu pembicaraan satu arah yang tidak bisa diintervensi orang. Pertemuan jemaat harus ada interaksi, harus ada perbincangan atau diskusi, supaya dicapai kesepemahaman. Orang bisa bertanya-jawab dan Alkitab sebagai landasannya. Kalau bentuk khotbah, orang dipaksa menerima pemikiran si pengkhotbah sebagai kebenaran. Orang tidak boleh mempertanyakan isi khotbahnya. Jadi, pertemuan jemaat pada setiap hari Sabat harus berupa obrolan tentang KETUHANAN dan kesaksian-kesaksian serta doa-doa.

Ayat 5:
Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita.

Kita harus pandai-pandai mengendalikan diri dari peraturan-peraturan ELOHIM YAHWEH, dari peraturan-peraturan pemerintah dan dari suara hati nurani kita.

Ayat 6-9:
Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah. Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat. Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat. Karena firman: jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini dan firman lain manapun juga, sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!

Mat. 22:37Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

1. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

2. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

3. Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:

5. Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Mat. 22:39Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

6. Jangan membunuh.

7. Jangan berzinah.

8. Jangan mencuri.

9. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.

10. Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."

Ayat 10:
Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

Perintah Hukum Taurat harus dilengkapi atau digenapi dengan kasih.

1Kor. 13:3Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Ayat 11:
Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.

Hari ini harus terjadi kebangunan rohani di antara anda;

Ibrani 3:7

Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
3:8janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,

2Kor. 6:2Sebab Allah berfirman: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau." Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.

Luk. 21:28Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."

Ayat 12:
Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Efesus 6:11

Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
6:12karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.
6:13Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.
6:14Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
6:18dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,


Ayat 13-14:
Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

"Janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya."

Hasil gambar untuk gambar melawan iblis

Tidak ada komentar: