Selasa, 11 Oktober 2016

HUKUM TAURAT ITU MERANGSANG DOSA - ROMA 22

ROMA 15:

Ayat 1:
Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri.

Kalau orang dunia berbicara tentang hak asasi manusia: "aku berhak mendapatkan keadilan", "aku berhak menuntut balas", "aku berhak atas warisan itu", orang Kristen berbicara tentang kewajiban asasi manusia: "apa yang harus aku perbuat untuk menegakkan keadilan di negeri ini?", "apa yang harus aku perbuat untuk mengampuni orang yang bersalah padaku?", "apa yang harus aku perbuat untuk mengasihi ayah-ibuku dan saudara-saudaraku?"

Hak bertanya: "apa yang harus aku terima?" Tapi kewajiban bertanya: "apa yang harus aku berikan?" Hak menuntut: "kamu harus melayani aku." Tapi kewajiban menuntut: "aku wajib melayani kamu." Hak berkata: "kesenangan untukku, kesusahan untukmu." Tapi kewajiban berkata: "beban beratmu biarlah untukku, biarlah kamu memikul yang ringan-ringan saja."

Hak itu milik anak-anak yang tuntutannya dilayani terus-menerus, tapi kewajiban itu milik orang dewasa yang kesukaannya adalah melayani anak-anaknya. Hak itu milik orang-orang lemah dan orang-orang yang sakit yang tidak bisa berbuat apa-apa selain dilayani oleh orang yang kuat dan sehat, tapi kewajiban itu milik orang kuat dan sehat yang menolong dan melayani orang-orang lemah dan orang-orang sakit.

Nah, anda pilih yang mana? Pilih menjadi seperti kanak-kanak, atau pilih menjadi seperti orang dewasa?

Saya dengan adik saya hanya selisih 2 tahun. Karena itu ketika masih kanak-kanak, kami masih sama-sama menyukai mainan mobil-mobilan. Kami sama-sama dibelikan mainan mobil-mobilan, tapi milik adik saya hilang, sehingga tinggal saya yang punya mainan itu. Nah, adik saya tidak bisa menerima kenyataan mainannya sudah hilang sehingga dia selalu merebut mainan saya. Maka kamipun bertengkar memperebutkan mainan itu. Apa kata ibu saya: "Rudy, kamu itu kakak, kamu harus mengalah pada adikmu. Berikanlah mainanmu itu padanya."

Hah?! Kecil-kecil sudah diajari ajaran ELOHIM YESHUA?

Matius 5:42Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Ayat 2:
Setiap orang di antara kita harus mencari kesenangan sesama kita demi kebaikannya untuk membangunnya.

Rasul Paulus mengajarkan supaya kita selalu berusaha untuk menyenangkan hati orang. Tapi hati-hati supaya jangan orang yang sedang stress atau sedang menghadapi masalah yang berat, kita ajak bersenang-senang dengan minuman keras, mengisap shabu-shabu atau ke pelacuran. Bukan begitu kita menyenangkan orang itu. Tapi membantu orang itu memecahkan masalahnya secara benar atau secara ajaran Kristen.

Menyenangkan hati orang juga bukan dengan mendiamkan atau membiarkan orang itu menempuh jalan keluarnya sendiri, misalnya orang itu melakukan pelarian ke minum-minuman keras, kita diamkan atau biarkan saja dengan maksud menyenangkan hatinya. Juga bukan dengan memberikan pujian-pujian yang tidak benar. Misalnya, karena dia itu boss atau atasan kita, maka kita selalu memuji segala pemikiran atau keputusannya, sekalipun kita tahu itu tidak benar.

Rasul Paulus menandaskan bahwa itu untuk kebaikannya dan untuk membangunnya. Jadi, jangan malah dijerumuskan ke dalam dunia celaka.

Dan secara umum, untuk pandangan masyarakat luas, jika kita terlihat kompak, bersatu, rukun, saling tolong menolong, sopan, ramah, baik, jujur, rendah hati, dan hidup sederhana, maka masyarakat yang melihat kehidupan kita yang seperti itu sangat terhibur. Kita seperti burung atau bunga-bungaan yang sedap dan indah dipandang mata orang;

Kisah
2:46Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
2:47sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

Kehidupan jemaat yang mula-mula itu menyenangkan hati semua orang. Tapi kalau kelakuan anda seperti FPI, sama-sama Islamnya juga muak.

Mabuk-mabukan, kebut-kebutan, ugal-ugalan, galak, garang, sombong, angkuh, kasar, pelit, egois, foya-foya, bermewah-mewahan, siapakah yang menyukai pemandangan seperti itu? Tapi orang baik disukai semua orang. Penjahat atau bajingan belum tentu takut sama polisi atau tentara. Tapi kalau terhadap kiai atau pendeta mereka pasti hormat dan segan. Sebab kiai dan pendeta menyimbolkan orang-orang suci. Demikian pula dengan para pejabat, polisi dan tentara. Mereka belum tentu takut terhadap bajingan, tapi kalau terhadap kiai dan pendeta mereka pasti akan membungkuk-bungkuk. Jadi, baik bajingan, pejabat, polisi dan tentara itu takutnya sama kiai atau pendeta. Asal jangan sampai kiai atau pendeta itu tersandung kasus kejahatan, mereka pasti hormat. Tapi jika kiai atau pendeta itu tersangkut kasus yang memalukan, maka merekalah orang yang pertama-tama akan menampar dan meludahinya. Mereka marah karena kecewa. Perbuatan mereka tidak sesuai dengan kedudukannya.

Ayat 3:
Karena Kristus juga tidak mencari kesenangan-Nya sendiri, tetapi seperti ada tertulis: "Kata-kata cercaan mereka, yang mencerca Engkau, telah mengenai aku."

Orang-orang yang sebenarnya membenci ELOHIM YAHWEH, menumpahkan kemarahannya pada ELOHIM YESHUA. Orang-orang Farisi, Saduki dan ahli-ahli Taurat yang tidak hidup menurut ajaran ELOHIM YAHWEH, ketika mereka ditegur oleh ELOHIM YESHUA, mereka marah-marah. Dan karena ELOHIM YESHUA hanyalah Utusan ELOHIM YAHWEH, maka setiap orang yang marah padaNYA sama halnya dengan marah terhadap ELOHIM YAHWEH.

Yoh. 5:23supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.

Sama halnya dengan orang-orang Muslim yang membenci orang-orang Kristen. Mereka itu bukan membenci Rudyanto atau Paulus atau Petrus atau Lukas atau Matius, tapi karena kita ini orang-orang Kristen, pengikut ELOHIM YESHUA. Seandainya kita bukan orang Kristen, mereka pasti takkan membenci kita. Mereka tak pernah melarang kita membangun rumah. Yang mereka larang adalah membangun gereja.

Kis. 5:28katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."

Orang-orang Minggu jika saya ingatkan supaya mereka menguduskan hari Sabat, mereka marah pada saya. Padahal yang berfirman perihal hari Sabat itu ELOHIM YAHWEH, bukan saya. Jadi, sesungguhnya mereka itu bukan menolak saya, tapi menolak ELOHIM YAHWEH.

Ayat 4:
Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

Kitab-kitab Perjanjian Lama itu ditulis untuk kepentingan orang-orang yang hidup di zaman ELOHIM YESHUA, 2.000 tahun yang lalu. Itulah kitab suci untuk orang-orang di zaman itu. Kini, Alkitab, baik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru merupakan kitab suci kita yang hidup di akhir zaman ini. Supaya itu bisa kita jadikan sebagai pedoman hidup kita dan pengharapan kita.

Ayat 5:
Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus,

Alkitab adalah karunia ELOHIM YAHWEH untuk merukunkan kita semuanya, supaya orang-orang yang semula hidupnya tidak berpadanan dengan Alkitab, dituntun masuk ke dalam ajaran Alkitab, sehingga terjalin persatuan dalam Kepemimpinan ELOHIM YESHUA;

Yoh. 10:16Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Ayat 6:
sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.

Saya memanggil orang-orang yang berpaham Allah Trinitas untuk bersama-sama memuliakan ELOHIM YAHWEH, yang adalah BAPANYA TUHAN kita, YESHUA ha MASHIA.

Alkitab LAI Terjemahan Lama begini kalimatnya:

"supaya dengan sehati dan semulut kamu memuliakan Allah, yaitu Bapa Tuhan kita Yesus Kristus."

ALLAH, yaitu BAPA TUHAN kita Yesus Kristus. ELOHIM YAHWEH adalah BAPA TUHAN kita, YESHUA ha MASHIA.

Versi KL1863: 
Sopaja kamoe dengan satoe hati dan satoe soeara memoedji Allah, ija-itoe Bapanja Toehan kita Jesoes Kristoes.

Versi KSI:
sehingga dengan satu hati dan satu suara, kamu memuliakan Allah, Sang Bapa dari Junjungan kita Yang Ilahi, Isa Al Masih.

Ternyata Yesus itu punya BAPA, ya?! Kalau begitu doktrin Allah Trinitas itu salah?! Masak salah, sih?! Tapi faktanya begitu, bukan?!

Ayat 7:
Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.

ELOHIM YESHUA menerima kita untuk kemuliaan ELOHIM YAHWEH, bukan untuk kemuliaanNYA sendiri. Sama seperti bagian personalia menerima kita bekerja di PT. Morat Marit adalah untuk kepentingan boss PT. Morat Marit itu. Supaya boss PT. Morat Marit itu makin kaya.

Ayat 8:
Yang aku maksudkan ialah, bahwa oleh karena kebenaran Allah Kristus telah menjadi pelayan orang-orang bersunat untuk mengokohkan janji yang telah diberikan-Nya kepada nenek moyang kita,

Untuk kebenaran ELOHIM YAHWEH, ELOHIM YESHUA telah menjadi Pelayan kita. Jadi, Pemilik kebenaran adalah ELOHIM YAHWEH, bukan ELOHIM YESHUA. ELOHIM YAHWEH adalah ELOHIM yang benar!

Yohanes 17:3Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Ayat 9:
dan untuk memungkinkan bangsa-bangsa, supaya mereka memuliakan Allah karena rahmat-Nya, seperti ada tertulis: "Sebab itu aku akan memuliakan Engkau di antara bangsa-bangsa dan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu."

ELOHIM YESHUA turun ke dunia dengan tujuan untuk memuliakan ELOHIM YESHUA kepada bangsa-bangsa;

Mazmur
40:7(40-8) Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;
40:8(40-9) aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku."
40:9(40-10) Aku mengabarkan keadilan dalam jemaah yang besar; bahkan tidak kutahan bibirku, Engkau juga yang tahu, ya TUHAN.
40:10(40-11) Keadilan tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan-Mu dan keselamatan dari pada-Mu kubicarakan, kasih-Mu dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan kepada jemaah yang besar.

Yohanes 17:4Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

17:6Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

17:7Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu.

17:8Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Ayat 10:
Dan selanjutnya: "Bersukacitalah, hai bangsa-bangsa, dengan umat-Nya."

Bangsa-bangsa ditambah dengan bangsa Israel, umatNYA. Artinya, ELOHIM YAHWEH telah berkenan untuk menerima segala bangsa menjadi umatNYA. Karena itu karena ELOHIM YAHWEH sendiri telah menerima bangsa-bangsa lain melalui iman pada ELOHIM YESHUA, bangsa Yahudi jangan sekali-sekali menghambat bangsa-bangsa lain;

Kisah
15:19Sebab itu aku berpendapat, bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah,
15:20tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.
15:21Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."


Ayat 11-12:
Dan lagi: "Pujilah Tuhan, hai kamu semua bangsa-bangsa, dan biarlah segala suku bangsa memuji Dia." Dan selanjutnya kata Yesaya: "Taruk dari pangkal Isai akan terbit, dan Ia akan bangkit untuk memerintah bangsa-bangsa, dan kepada-Nyalah bangsa-bangsa akan menaruh harapan."

"Taruk dari pangkal Isai." Taruk artinya tunas, sedangkan Isai adalah ayahnya Daud;

Why. 22:16"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

Ayat 13:
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Hasil gambar untuk gambar simbol hak asasi manusia

Tidak ada komentar: