Kamis, 13 Oktober 2016

HUKUM TAURAT ITU MERANGSANG DOSA - ROMA 24

ROMA 16:

Ayat 1-2:
Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari kita yang melayani jemaat di Kengkrea, supaya kamu menyambut dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.

Alkitab hanya menyebut sekali saja tentang Febe, seorang perempuan yang melayani jemaat di Kengkrea, pelabuhan sebelah timur Korintus. Apakah perempuan boleh melayani jemaat, seolah kontradiksi dengan 1Korintus 14:34-35;

"Sama seperti dalam semua Jemaat orang-orang kudus, perempuan-perempuan harus berdiam diri dalam pertemuan-pertemuan Jemaat. Sebab mereka tidak diperbolehkan untuk berbicara. Mereka harus menundukkan diri, seperti yang dikatakan juga oleh hukum Taurat. Jika mereka ingin mengetahui sesuatu, baiklah mereka menanyakannya kepada suaminya di rumah. Sebab tidak sopan bagi perempuan untuk berbicara dalam pertemuan Jemaat."

Secara umum Hukum Taurat memang melarang perempuan memimpin maupun berbicara atau menyatakan pendapatnya di hadapan jemaat;

Ams. 8:4"Hai para pria, kepadamulah aku berseru, kepada anak-anak manusia kutujukan suaraku.

Namun jika di antara kumpulan itu tidak ada laki-laki yang LAYAK dan CAKAP memimpin, maka perempuan diperbolehkan memimpin. Layak artinya pantas. Laki-laki itu seorang yang terpuji, bukan laki-laki hidung belang, seorang laki-laki yang kudus. Cakap artinya berkemampuan memimpin. Jadi, seorang laki-laki yang memimpin jemaat harus memenuhi 2 syarat itu: layak dan cakap. Jika tidak ada laki-laki yang memenuhi ke-2 syarat itu, maka perempuan boleh mengambil alih kepemimpinan. Selain itu juga berdasarkan karunia ROH KUDUS. Jika ROH KUDUS memilih perempuan itu berdasarkan karunia khususnya, maka dia boleh melangkahi laki-laki yang layak dan cakap tersebut.

Patut disayangkan gereja-gereja Protestan, Advent dan kebanyakan gereja sudah tidak memperhatikan nasehat rasul Paulus tentang kedudukan perempuan di dalam pertemuan jemaat. Perempuan sudah demikian bebas melangkahi laki-laki. Saya harus nyatakan bahwa perempuan demikian itu TIDAK SOPAN! Sebab Alkitab tidak mengenal emansipasi perempuan. Emansipasi perempuan gagasan RA. Kartini itu bukan ajaran Alkitab. Kartini itu bukan nabi Kristen, tapi tokoh negara Indonesia. Karena itu orang-orang Kristen jangan ikut arus dunia.

Yang disebut perempuan adalah wanita yang menstruasi atau haid. Sebelum akil baliq atau sebelum menstruasi dia adalah anak-anak. Baik laki-laki maupun perempuan sebelum akil baliq adalah anak-anak. Sedangkan setelah perempuan menopause atau berhenti haid, dia sudah bukan "perempuan." Sebab tugas-tugasnya sebagai perempuan, yaitu: melahirkan anak, telah selesai. Karena itu perempuan yang sudah mati haid boleh disamakan dengan laki-laki. Terhadap suaminyapun sudah sejajar. Tapi perempuan yang masih aktif haid, berhati-hatilah terhadap laki-laki dalam pertemuan jemaat. Sebab Alkitab tidak mengajarkan kebebasan yang seperti itu.

Ayat 3-4:
Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus. Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.

Priskila adalah istrinya Akwila;

Kis. 18:2Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Ia baru datang dari Italia dengan Priskila, isterinya, karena kaisar Klaudius telah memerintahkan, supaya semua orang Yahudi meninggalkan Roma. Paulus singgah ke rumah mereka.

Kis. 18:18Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus. Lalu ia minta diri kepada saudara-saudara di situ, dan berlayar ke Siria, sesudah ia mencukur rambutnya di Kengkrea, karena ia telah bernazar. Priskila dan Akwila menyertai dia.

Kis. 18:19Lalu sampailah mereka di Efesus. Paulus meninggalkan Priskila dan Akwila di situ. Ia sendiri masuk ke rumah ibadat dan berbicara dengan orang-orang Yahudi.

Ayat 5-16:
Salam juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam kepada Epenetus, saudara yang kukasihi, yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus. Salam kepada Maria, yang telah bekerja keras untuk kamu. Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku. Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan. Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis, yang kukasihi. Salam kepada Apeles, yang telah tahan uji dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus. Salam kepada Herodion, temanku sebangsa. Salam kepada mereka yang termasuk isi rumah Narkisus, yang ada dalam Tuhan. Salam kepada Trifena dan Trifosa, yang bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Persis, yang kukasihi, yang telah bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu. Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka. Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka. Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.

Ayat 17:
Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka!

Orang yang harus dihindari atau dikucilkan adalah yang mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan Alkitab, yaitu guru-guru atau pendeta-pendeta yang berpaham Trinitas, ibadah Minggu, Natal, Paskah dengan telor ayam, yang berdoanya lipat tangan tutup mata, yang menjadi pengikut Yesus Kristus, yang membiarkan laki-laki berambut panjang menjadi Tuhan;

Galatia
1:6Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
1:7yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
1:9Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Apakah gereja HKBP, GPdI, GSJA, GKI, GPIB, Bethel, Pantekosta, Bethany, Mawar Sharon, Saksi Jehovah, Katolik, dan lain-lainnya itu mengajarkan ajaran Alkitab? Jika anda berpendapat bahwa mereka itu mengajarkan ajaran Alkitab, silahkan hadapkan ke saya supaya saya uji. Jika tidak mengajarkan ajaran Alkitab, mengapakah anda masih di situ terus? Apa yang anda tunggui?

Wahyu
14:9Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,
14:10maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.

Ayat 18:
Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.

Kata Alkitab mereka itu hanya melayani perut mereka sendiri saja. Mereka itu hanya mencari nafkah, mencari kekayaan, mencari upah, menumpuk kekayaan. Mereka adalah gembala upahan;

Yohanes
10:12sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.
10:13Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.

2Petrus
2:1Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.
2:2Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat.
2:3Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.

Ayat 19-22:
Kabar tentang ketaatanmu telah terdengar oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat. Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu! Salam kepada kamu dari Timotius, temanku sekerja, dan dari Lukius, Yason dan Sosipater, teman-temanku sebangsa. Salam dalam Tuhan kepada kamu dari Tertius, yaitu aku, yang menulis surat ini.

Tertius adalah jurutulis rasul Paulus ketika menuliskan kitab Roma ini.

Ayat 23-27:
Salam kepada kamu dari Gayus, yang memberi tumpangan kepadaku, dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara negeri, dan dari Kwartus, saudara kita. Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, --menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya, tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman-- bagi Dia, satu-satunya Allah yang penuh hikmat, oleh Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Hasil gambar untuk gambar pendeta perempuan

Tidak ada komentar: