Senin, 07 November 2016

MENGAPA KITA MEMULIAKAN YESHUA? - 1

Mengapa orang Kristen begitu memuliakan ELOHIM YESHUA? Sebab Kristen! Ada apa dengan Kristen? Ada kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Perkawinan kedua kitab itulah yang membuat kita mengerti siapa YESHUA. Bahwa DIA bukan saja menyelamatkan dosa-dosa kita, tapi bagaimana ELOHIM YAHWEH itu merancang dan menjadikan DIA dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Suatu kali di suatu tempat saya melihat orang-orang sedang memasang pagar berkeliling. Di waktu berikutnya pagar keliling itu sudah jadi dan saya menduga di dalam pagar itu pasti sedang ada pembangunan sebuah gedung hotel bertingkat. Dari luar pagar kita bisa mendengar suara dentuman-dentuman mesin. Tapi kita tak bisa melihat apa yang sedang mereka kerjakan. Sampai akhirnya gedung itu diresmikan oleh seorang pejabat. Ketika itu seluruh bangunan diselimuti oleh kain raksasa sehingga masih belum ketahuan seperti apa model bangunan hotel berbintang itu. Saya baru takjub setelah kain yang menutupi itu dibuka semuanya. Ternyata megah dan indah sekali bangunan itu.

Begitulah, ELOHIM YESHUA itu seperti bangunan hotel berbintang yang sudah diresmikan sehingga kelihatan dari semua sisi-sisinya. Sebelum diresmikan, sebelum ELOHIM YESHUA itu menjadi MESIAS, mati dan dibangkitkan, maka semua kitab-kitab Perjanjian Lama itu seperti pagar keliling yang menyembunyikan kegiatan para nabi Perjanjian Lama yang sedang membangun sebuah sosok: YESHUA ha MASHIA.

Memang ada nabi datang dan berkata-kata. Tapi tak ada yang tahu apa maksud perkataannya itu dan ditujukan ke mana. Memang ada besi-besi, pipa-pipa, kayu-kayu, batu-batu, semen dan pasir bertruk-truk yang dimasukkan ke lokasi bangunan itu. Tapi kita tak tahu untuk apa semua bahan-bahan bangunan itu. Bangsa Yahudi tahunya kitab-kitab Perjanjian Lama itu adalah kitab-kitab pemerintahan ELOHIM YAHWEH. YAHWEH itu ELOHIM yang wajib disembah dan perkataanNYA wajib dituruti. Itu saja yang mereka mengerti tentang ELOHIM YAHWEH. Begitu pula dengan para tukang yang bekerja di proyek itu. Mereka tahunya hanya pada bidang kerja mereka masing-masing dan berdasarkan perintah mandor. Ketika diperintahkan membuat pintu, dibuatlah pintu. Ketika diperintahkan membuat pagar, dibuatlah pagar. Tak ada yang tahu kelak apabila semua pekerjaan itu dirangkaikan akan menjadi apa, tak terbayangkan oleh mereka.

Bangsa Yahudi jika hanya berpegang pada kitab-kitab Perjanjian Lama saja, takkan pernah mengenali ELOHIM YAHWEH sesungguhnya adalah Seorang Arsitek Mahakarya yang mentakjubkan. Mereka mengenal ELOHIM YAHWEH tidak lebih hanyalah Seorang Mandor, tukang perintah. Pikiran mereka tak sanggup menjangkau bahwa dibalik perintah-perintah itu sesungguhnya adalah ukir-ukiran yang Mahaindah, bahwa mereka sedang dipakai untuk membangun YESHUA ha MASHIA.

Selama 4.000 tahun sejak kejatuhan Adam dan Hawa, ELOHIM YAHWEH membangun "Taman Eden" kembali, yaitu YESHUA ha MASHIA. Taman Eden yang lama dirobohkan, kemudian dibangun "Taman Eden" yang kedua yang lebih megah lagi. Dari hari ke hari dan dari waktu ke waktu ELOHIM YAHWEH "membangun" sosok YESHUA ha MASHIA. Ada nabi yang membuat jari-jari kakiNYA, ada nabi yang membuat telapak kakiNYA. Ada nabi yang membuat kaki, paha, perut, dada, tangan, leher, dan hingga kepalaNYA.

Bayangkan betapa megahnya YESHUA ha MASHIA itu. DIA dibangun selama 4.000 tahun dan dibangun dari ratusan hingga ribuan nabi. Para nabi yang muncul bukan saja berbicara tentang permasalahan yang terjadi di zamannya, tapi mereka juga menyampaikan nubuatan-nubuatan tentang ELOHIM YESHUA, tentang waktu kelahiranNYA, tentang bagaimana dilahirkannya, di kota mana, apa tandanya, apa tugasNYA, bagaimana nasibNYA, seperti apa penyalibanNYA, dan lain-lainnya.

Alkitab adalah kitab yang tiada taranya di dunia ini, jika anda mengerti isinya. Sebab jika anda berpikir Alkitab itu hanya kitab suci yang memuat hukum-hukum dan perintah-perintah saja, seperti dunia militer yang kaku dan seperti mesin, maka jelas sebuah kesalahan persepsi yang perlu segera diperbaiki. Sebab Alkitab bukanlah seperti bangunan kantoran, yaitu tentang bangunan yang praktis, tapi tentang sebuah rumah kediaman yang dibangun dengan sentuhan seni arsitektur yang tinggi.

Jauh bedanya dengan Al Qur'an. Al Qur'an tak membangun sosok Muhammad, tapi Alkitab membangun sosok YESHUA ha MASHIA. Jika Al Qur'an tentang Awloh yang membicarakan dirinya sendiri, Alkitab adalah BAPA yang membicarakan ANAK. Al Qur'an menyiratkan tentang Awloh yang berkebutuhan, Alkitab menyiratkan tentang BAPA yang berkelimpahan. BAPA yang tidak membutuhkan sesuatu untuk DiriNYA, tapi memberikan sesuatu untuk ANAKNYA. Bahwa semua yang BAPA punya, diserahkan kepada ANAKNYA.

Pada saat Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, sebuah nubuatan global tentang keselamatan diluncurkan;

Kejadian 3:15Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

ELOHIM YAHWEH membuat garis pemisah antara manusia dengan setan. Antara kebenaran dengan kesalahan akan terjadi permusuhan. Kumpulan pemabuk akan dibuat risih dan kikuk jika kedatangan pendeta. Kenyamanan mereka dalam kejahatan menjadi terganggu oleh kehadiran orang baik. Sebaliknya, kumpulan pendeta juga tidak merasa nyaman jika kedatangan pemabuk. Orang baik jika dimaki-maki akan marah, orang jahat apabila dinasehati akan marah. Orang baik sukanya yang sopan-sopan, orang jahat sukanya yang jorok-jorok. Polisi memusuhi maling, maling memusuhi polisi. Itulah sebabnya ketika ELOHIM YAHWEH mengutus nabi-nabiNYA, semuanya dibunuhi oleh orang Yahudi. Sebab mereka jahat dan menganggap para nabi itu pengacau. Jadi, sudah menjadi rumus antara kebaikan dengan kejahatan itu akan selalu bermusuhan. Karena itu pembunuhan atau penyaliban ELOHIM YESHUA itu bukanlah hal yang aneh, bukan hal yang mengejutkan, melainkan sebuah kepastian. Letakkan tas di tengah jalan, pasti amblas! Kalau nggak boleh hilang, jangan letakkan tas di tengah jalan. Kalau ELOHIM YESHUA tidak boleh mati, jangan diturunkan ke dunia. Di sorga, di lingkungan malaikat pasti aman.

Anda hendak membunuh orang benar? Silahkan! ELOHIM YAHWEH tak melarang Kain yang ingin membunuh adiknya; Habel. Tapi ELOHIM YAHWEH akan membinasakan jiwa anda. Anda membunuh tubuh, ELOHIM YAHWEH membunuh jiwa. Nubuatan di atas memberitahukan bahwa iblis melalui Yudas Iskariot akan membunuh keturunan manusia, yaitu YESHUA ha MASHIA. Tapi YESHUA ha MASHIA akan meremukkan kepala iblis.

Nubuatan yang diucapkan 6.000 tahun yang lalu itu akan melingkupi umur dunia hingga kiamat kelak. Sebab baru sebagian yang digenapi oleh penyaliban ELOHIM YESHUA, yaitu: "engkau akan meremukkan tumitnya." Tapi yang sebagian, yaitu: "keturunannya akan meremukkan kepalamu" itu akan tergenapi pada hari kiamat nanti;

Mzm. 110:1Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu."

Nubuatan: "keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya" ini adalah merupakan judul atau thema Alkitab, yang nantinya akan dijabarkan dalam program-program kerja ELOHIM YAHWEH untuk diujudkan.

>> Tahap I: 2.000 tahun untuk mendapatkan lahannya, yaitu Abraham.

>> Tahap II: 2.000 tahun untuk membangun Israel, yaitu YESHUA ha MASHIA.

>> Tahap III: 2.000 tahun untuk penyempurnaan, yaitu Kekristenan.

Abraham - Ishak - Yakub memberikan lambang BAPA YAHWEH, ANAK YESHUA dan umat Kristen. Abraham mempunyai 2 istri: Sara dan Hagar, melambangkan umat manusia yang dibedakan antara umatNYA dan bukan umatNYA. Ishak mempunyai 2 anak; Esau dan Yakub, melambangkan umat Kristen yang benar dan yang palsu. Abraham "menyembelih" Ishak melambangkan ELOHIM YAHWEH yang mengorbankan ANAKNYA.

>> Umat manusia dibagi 2: umat ELOHIM dan bukan umat ELOHIM.

Yohanes 3:18Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

>> Umat ELOHIM dibagi 2: yang diselamatkan dan yang tidak diselamatkan;

Matius
7:21Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Abraham, Ishak dan Yakub adalah lambang KETUHANAN atau keagamaan. Itulah sebabnya ELOHIM YAHWEH disebut ELOHIM Abraham, ELOHIM Ishak dan ELOHIM Yakub. TUHAN yang disembah oleh leluhur Israel itu terdiri dari 3 unsur: BAPA, ANAK dan umat.

Jika Abraham saja rela memberikan anaknya; Ishak kepada ELOHIM-nya, lebih-lebih lagi ELOHIM YAHWEH, pasti akan memberikan ANAKNYA untuk umatNYA. Masakan ELOHIM YAHWEH kalah dari Abraham?

Yohanes 3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

ELOHIM YAHWEH mengikat perjanjian dengan Abraham dengan tanda sunat sebagai penanda keturunan Abraham, yakni Israel. Apakah penandaan sunat itu ada batasannya? Yakub menubuatkan tentang Yehuda, anaknya;

Kej. 49:10Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

Sampai yang berhak atas Israel datang. Selanjutnya, tentu saja tergantung pada keputusan DIA yang berhak atas Israel itu, apakah masih perlu ditandai dengan sunat atau tidak. Sebab DIA dinyatakan memiliki otoritas untuk memerintah bangsa-bangsa, yaitu YESHUA ha MASHIA, RAJA Yahudi. Dan nyatanya penandaan umat bukan lagi dengan sunat, melainkan dengan baptisan.

Yes. 42:1Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

Hasil gambar untuk gambar keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya

Tidak ada komentar: