Sabtu, 12 November 2016

MENGAPA KITA MEMULIAKAN YESHUA? - 6

Perjalanan bangsa Israel di padang gurun yang dipimpin oleh nabi Musa memberikan gambaran tentang perjalanan Kekristenan dipimpin oleh ELOHIM YESHUA.

Mesir adalah lambang dunia yang berdosa, yang di zaman Yusuf menjadi lumbung pangan, sehingga anak-anak Yakub harus ke Mesir untuk membeli gandum dan akhirnya tinggal di Mesir. Itu menggambarkan bahwa baik orang saleh maupun orang berdosa, baik pendeta maupun penjahat, sama-sama membutuhkan makan untuk hidup di dunia ini. Di Mesirlah sejarah kebangsaan Israel dimulai, sebab mereka berkembang biak di sana selama 430 tahun hingga nabi Musa mengeluarkan mereka.

Angka 430 tahun bangsa Israel di Mesir juga menjadi jarak waktu antara pembangunan Bait Suci yang kedua sampai kedatangan ELOHIM YESHUA ke dunia;

Daniel 9:25

Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
9:26Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.

62 x 7 masa/tahun = 434 tahun > 408 Sebelum Masehi + 434 tahun = tahun 27 Tarikh Masehi ketika ELOHIM YESHUA di baptis, di saat DIA berumur 30 tahun, sehingga diketahui waktu kelahiranNYA adalah tahun 4 Sebelum Masehi.

Di tahun 4 Sebelum Masehi, ketika IA dilahirkan itulah DIA diungsikan oleh Yusuf dan Maria ke Mesir karena ada perintah raja Herodes untuk membunuhi bayi laki-laki Yahudi. Setelah raja Herodes itu mati barulah malaikat menyuruhnya kembali ke Palestina, untuk menggenapi nubuatan nabi Hosea;

Hos. 11:1Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu.

Untuk menaklukkan firaun supaya mengijinkan bangsa Israel keluar meninggalkan Mesir, nabi Musa membuat 10 tanda-tanda ajaib yang disebut dengan 10 tulah Mesir. Demikian pula dengan ELOHIM YESHUA, untuk menegakkan Kekristenan, untuk meyakinkan orang bahwa DiriNYA adalah ANAK ELOHIM YAHWEH, DIA membuat 10 tanda mujizat;

1. Air dijadikan anggur
2. Menyembuhkan orang sakit
3. Mengusir setan
4. Mengendalikan angin topan
5. Membangkitkan orang mati
6. Memberi makan ribuan orang
7. Berjalan di atas air
8. Mengutuk pohon ara
9. Mengambil uang dari mulut ikan
10.Kebangkitan dan kenaikanNYA ke sorga

Tulah ke-10 adalah kematian anak-anak sulung Mesir. Itu adalah suatu peringatan keras, sebab anak sulung adalah anak yang terbesar. Jika anak sulung saja sampai dibunuh, lebih-lebih adik-adiknya. Sebaliknya, jika anak sulung diselamatkan, maka lebih-lebih lagi adik-adiknya pasti diselamatkan;

Rm. 11:16Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.

Itu adalah suatu janji kepastian dari ELOHIM YAHWEH. Lihat saja pada ELOHIM YESHUA. Jika DIA dibangkitkan, maka kita yang percaya padaNYA juga pasti akan dibangkitkan. Kalau kredit sepedamotor, anak sulung itu adalah uang mukanya. Itu adalah tanda jadi, tanda keseriusan anda membeli sepedamotor itu secara kredit.

Sebelum tulah ke-10 itu dilakukan, yakni pembunuhan anak-anak sulung Mesir, bangsa Israel diajarkan tentang Paskah;

Keluaran 12:11

Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.
12:12Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.

Singkatnya, Paskah adalah dihukumnya orang berdosa dan diselamatkannya orang benar. Orang Mesir dibunuh, orang Israel diselamatkan. Semuanya itu dilakonkan oleh ELOHIM YESHUA. DIA mati bagi dosa, DIA bangkit bagi orang benar. Karena itu orang yang percaya dibaptiskan, supaya ketika diselamkan ke dalam air merupakan kematiannya bagi dosa, dan ketika keluar dari air adalah kebangkitannya sebagai orang benar. Baptisan itulah Paskah.

Alkitab versi King James, merupakan satu-satunya versi Alkitab yang menyebut Paskah sebagai Easter;

Kisah 12:4  

And when he had apprehended him, he put him in prison, and delivered him to four quaternions of soldiers to keep him; intending after Easter to bring him forth to the people.


"Easter" adalah peringatan kebangkitan ELOHIM YESHUA di hari Minggu, sehingga itulah yang dijadikan dasar orang-orang Kristen beribadah di hari Minggu. Padahal versi-versi lainnya menyebut "Passover", bukan "Easter", dan berdasarkan perintah ELOHIM YESHUA sendiri supaya kita memperingati kematianNYA, bukan kebangkitanNYA;

Luk. 22:19Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."

Kematian ELOHIM YESHUA adalah bukti dari pengorbananNYA dan keselamatan kita. KematianNYA adalah kwitansi tanda pembayaran lunas. Setelah ada kwitansinya barulah sepedamotor itu diserahkan oleh dealer ke tangan anda. Setelah dosa dimatikan itulah kita diselamatkan. Jangan berharap ada keselamatan tanpa menanggalkan dosa. Keselamatan itu otomatis, nggak usah diminta, sama seperti piala atau hadiah itu sesuatu yang sudah otomatis diberikan jika kita menang. Karena itu peringatan Paskah itu dengan memakan roti dan meminum anggur yang melambangkan darah dan daging ELOHIM YESHUA.

Makan daging dan minum darah TUHAN? Siapa yang bisa bersukacita memakan TUHAN-nya? Siapa yang bisa tertawa oleh kematian orang yang dikasihinya? Paskah mengajak kita merenungkan dosa-dosa kita, bukan dengan kegembiraan menghiasi dan menggambari telor ayam?! Ingatlah dosa-dosamu itu, jangan senang-senang duluan!

Karena itu sekalipun Paskah termasuk hari perayaan atau hari pesta, tapi bangsa Israel disuasanakan tegang. Makan harus dengan tergesa-gesa, dengan pinggang berikat dan tongkat di tangan, seolah-olah dalam suasana peperangan yang harus siaga. Kesalahan merayakan Paskah itulah yang menyebabkan orang-orang Kristen harus dilemparkan ke ranjang orang sakit, harus lumpuh di kursi roda, seperti orang-orang kafir;

1Korintus 11:23Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti

Apa yang dari Alkitab harus diteruskan, jangan diubah-ubah!

1Korintus 11:26

Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.
11:27Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

Paskah adalah memperingati kematian TUHAN!

1Korintus 11:29

Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
11:30Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
11:31Kalau kita menguji diri kita sendiri, hukuman tidak menimpa kita.

Karena itu jika anda merayakan Paskah dengan telor ayam, siapkanlah kursi roda. Anda bisa membeli kursi roda di toko-toko peralatan medis, supaya ketika anda kena stroke, anda sudah siap dengan kursi roda. Semua orang-orang Minggu sebaiknya mempersiapkan kursi roda, sebab Firman TUHAN itu kepastian bukan omongan kosong!

Keluaran 12:40

Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun.
12:41Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir.
12:42Malam itulah malam berjaga-jaga bagi TUHAN, untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Dan itulah juga malam berjaga-jaga bagi semua orang Israel, turun-temurun, untuk kemuliaan TUHAN.

Tujuan ELOHIM YESHUA datang ke dunia adalah untuk mati, bukan untuk hidup!

Yoh. 12:27Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.

Jika ELOHIM YESHUA hidup, maka anda akan mati dalam dosa-dosa anda. Tapi jika ELOHIM YESHUA mati, maka anda akan dibangkitkan. Silahkan dipilih: Sabat atau Minggu. Sebab Sabat artinya perhentian atau beristirahat. Kita menyebut orang mati sebagai orang yang beristirahat. Itulah Sabat! Sabat, berhenti bekerja seperti orang mati yang sudah tidak bisa bekerja lagi.

Siapakah YESHUA menurut anda? TUHAN yang mati atau TUHAN yang bangkit? TUHAN yang menjadi manusia atau TUHAN yang ALLAH? Kalau manusia berarti bisa mati, tapi kalau DIA ELOHIM tak mungkin bisa mati, seperti pemikiran kaum Muslim: "TUHAN koq lapar, haus dan mati?"

Berhati-hatilah dengan nalar anda! Sebab nalar anda itu akan dimintai pertanggungjawaban.

Keluaran 13:8Pada hari itu harus kauberitahukan kepada anakmu laki-laki: Ibadah ini adalah karena mengingat apa yang dibuat TUHAN kepadaku pada waktu aku keluar dari Mesir.

Ibadah Paskah adalah untuk mengingat apa yang telah diperbuat TUHAN untuk kita, yakni mati di kayu salib!

Keluaran 13:17

Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: "Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir."
13:18Tetapi Allah menuntun bangsa itu berputar melalui jalan di padang gurun menuju ke Laut Teberau. Dengan siap sedia berperang berjalanlah orang Israel dari tanah Mesir.

ELOHIM YAHWEH memimpin bangsa Israel berputar-putar di padang gurun selama 40 tahun, sama seperti anda setelah dibaptis Kristen tidak langsung dinaikkan ke sorga, tapi dibiarkan berputar-putar di kehidupan dunia ini. Bangsa Israel disiapkan sebagai pasukan perang sama seperti orang Kristen yang disiapkan untuk bergumul dalam kehidupan di dunia ini.

Keluaran 13:21TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

Disepanjang kehidupan Kristen disediakan ROH KUDUS sebagai penerangan di hati kita. Karena itu kita jangan kuatir dengan segala persoalan di dunia ini. Tak ada persoalan yang tak terpecahkan sehingga kita harus berputus-asa. Orang Kristen takkan menghadapi jalan buntu!

Firaun mengejar bangsa Israel sampai ke tepi laut Teberau, seperti keduniawian yang akan selalu menghantui kehidupan kita, sampai bangsa Israel didera ketakutan karena di depannya lautan yang secara logika tak mungkin bisa diseberangi dengan berjalan kaki. Laut Teberau adalah laut Merah, sama seperti orang Kristen yang dihadapkan dengan hari Minggu yang di kalender berwarna merah; "Bukankah itu tanggal merah? Bukankah tanggal merah itu berarti libur? Bukankah libur itu Sabat?" Itulah jika menurut logika manusia, hari Minggu adalah hari Sabat. Tapi ELOHIM YAHWEH membelah laut Merah itu sehingga ada jalanan kering bagi bangsa Israel. ELOHIM YAHWEH seolah berkata: "Jalani terus sekalipun itu laut Merah!" Terjang saja hari Minggu buatan manusia itu!

ELOHIM YAHWEH mengubur firaun dan pasukannya di laut Merah sama seperti orang-orang yang berhari Minggu pasti takkan luput dari hukuman;

Yesaya 66:22

Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.
66:23Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.
66:24Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

[lanjut besok]
Hasil gambar untuk gambar laut merah

Tidak ada komentar: