Sabtu, 24 Desember 2016

PELAJARAN MEMBACA NUBUATAN - 13

Selama 40 tahun bangsa Israel dibawa TUHAN berputar-putar mengelilingi padang gurun. Mereka masih belum melihat dan belum memasuki negeri yang dijanjikan itu. Negeri yang dijanjikan itu dihalangi oleh sungai Yordan. Mereka harus menyeberangi sungai itu yang lebarnya antara 0,5 - 3 kilometer. Tak ada perahu, tak ada kapal yang akan menyeberangkan mereka ke sana. Ketika mereka tiba di tanah Moab, dekat dengan sungai Yordan itulah nabi Musa dimatikan, sebab oleh suatu dosa nabi Musa tidak diperkenankan memasuki negeri perjanjian itu;

Ulangan 29:5Empat puluh tahun lamanya Aku memimpin kamu berjalan melalui padang gurun; pakaianmu tidak menjadi rusak di tubuhmu, dan kasutmu tidak menjadi rusak di kakimu.

Ulangan 31:2Berkatalah ia kepada mereka: "Aku sekarang berumur seratus dua puluh tahun; aku tidak dapat giat lagi, dan TUHAN telah berfirman kepadaku: Sungai Yordan ini tidak akan kauseberangi.

Ulangan 34:5

Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.
34:6Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.

Oleh kepemimpinan nabi Yosua, mereka menyeberangi sungai Yordan. Tapi kini mereka dihadang oleh sebuah kota bertembok kokoh, yaitu kota Yerikho. Peralatan perang tak ada, bagaimana mereka akan mengalahkan kota itu? Berfirmanlah TUHAN kepada nabi Yosua, supaya bangsa itu berjalan mengelilingi kota itu setiap hari sekali putaran selama enam hari. Tapi di hari yang ketujuh, mereka harus mengelilinginya sebanyak tujuh kali. Ada konsep 7 x 7.

Demikian halnya dengan pemeteraian kitab Daniel. Ada tujuh meterai yang harus dibuka secara satu persatu, yang setiap meterainya menandai suatu zaman. Dan ketika ELOHIM YESHUA membuka meterai yang ketujuh, di dalamnya ada tujuh sangkalala yang harus ditiup secara satu persatu.

>> Meterai pertama: para rasul[31 - 325 Tarikh Masehi]

>> Meterai kedua: Kaisar Konstantin Agung[325 - 538 Tarikh Masehi]

>> Meterai ketiga: Kepausan[538 - 1.798 Tarikh Maehi]

>> Meterai keempat: Muhammad[611 Tarikh Masehi]

>> Meterai kelima: Martin Luther[1.517 Tarikh Masehi]

>> Meterai keenam: William Miller[1.828 - 1.844 Tarikh Masehi]

Untuk meterai yang ketujuh ini memiliki 2 arah; yang pertama mengarah pada pembukaan pengertian nubuatan kitab Daniel dan Wahyu kepada William Miller, sedangkan yang kedua mengarah pada hari kiamat atau kedatangan ELOHIM YESHUA yang keduakalinya.

Apa yang menjadi tanda bahwa itu untuk William Miller?

Wahyu 10:7

Tetapi pada waktu bunyi sangkakala dari malaikat yang ketujuh, yaitu apabila ia meniup sangkakalanya, maka akan genaplah keputusan rahasia Allah, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hamba-Nya, yaitu para nabi."
10:8Dan suara yang telah kudengar dari langit itu, berkata pula kepadaku, katanya: "Pergilah, ambillah gulungan kitab yang terbuka di tangan malaikat, yang berdiri di atas laut dan di atas bumi itu."
10:9Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya, supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku: "Ambillah dan makanlah dia; ia akan membuat perutmu terasa pahit, tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu."
10:10Lalu aku mengambil kitab itu dari tangan malaikat itu, dan memakannya: di dalam mulutku ia terasa manis seperti madu, tetapi sesudah aku memakannya, perutku menjadi pahit rasanya.

Apa yang menjadi tanda bahwa itu tentang hari kiamat?

Wahyu 10:5

Dan malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tangan kanannya ke langit,
10:6dan ia bersumpah demi Dia yang hidup sampai selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya, katanya: "Tidak akan ada penundaan lagi!
10:7Tetapi pada waktu bunyi sangkakala dari malaikat yang ketujuh, yaitu apabila ia meniup sangkakalanya, maka akan genaplah keputusan rahasia Allah, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hamba-Nya, yaitu para nabi."

1Tes. 4:16Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

Karena itu peristiwa-peristiwa pada peniupan sangkakala-sangkakala itu memiliki 2 makna; simbolis dan harafiah. Simbolisnya merupakan peristiwa kecil yang sudah terjadi, sedangkan harafiahnya akan terjadi sebagaimana tertulisnya. Mari kita lihat;

Wahyu 8:1Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya.

Kenapa di sorga sampai sunyi senyap? Tidak mungkin di sorga sampai terhenti puji-pujian para malaikat kecuali para malaikat itu bepergian. Apa kata Al Kitab?

Mat. 16:27Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Ternyata para malaikat itu mengiringi ELOHIM YESHUA yang turun ke dunia untuk memanen jiwa-jiwa;

Mat. 24:31Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

Berapa lama setengah jam itu?

Setahun 360 hari : 24 jam sehari =  15 hari adalah 1 jam, maka 0,5 jam menunjuk ke angka 7 hari. Selama 7 hari itulah ELOHIM YESHUA melakukan perjalanan pergi dan pulang kembali ke sorga. Selama 7 hari itu pulalah terjadi estafet nubuatan Daniel-Wahyu dari William Miller ke tangan Ny. Ellen. G. White. Di saat orang-orang mengalami kekecewaan besar, ada 8 orang yang dipimpin oleh Ny. Ellen G. White yang sedang mempelajari kembali apa-apa yang diungkapkan oleh William Miller, dan TUHAN memberikan penglihatan kepada Ny. Ellen G. White bahwa ELOHIM YESHUA bukan datang ke bumi melainkan memasuki bilik Mahasuci di sorga.

Wahyu 10:10

Lalu aku mengambil kitab itu dari tangan malaikat itu, dan memakannya: di dalam mulutku ia terasa manis seperti madu, tetapi sesudah aku memakannya, perutku menjadi pahit rasanya.
10:11Maka ia berkata kepadaku: "Engkau harus bernubuat lagi kepada banyak bangsa dan kaum dan bahasa dan raja."

Fakta Williem Miller terhanyut dalam kekecewaan besar itu dan tak pernah memberitakan temuannya ke luar dari Amerika Serikat. Namun Ny. Ellen G. White melanjutkan pekerjaan Williem Miller tanpa menambah maupun menguranginya ke seluruh dunia. Jelas bahwa pengungkapan nubuatan itu tidak boleh dihentikan, melainkan harus semakin diintensifkan.

Fakta pula bahwa baik William Miller maupun Ny. Ellen G. White adalah sama-sama anggota gereja Baptis yang ibadahnya hari Minggu, namun oleh bimbingan Joseph Bates, akhirnya Ny. Ellen G. White mendirikan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, yang memelihara hari Sabat, sehingga gereja ini masuk untuk disebut sebagai umat YAHWEH;

Ibrani 4:9

Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
4:10Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Ada 3 syarat keselamatan;

Wahyu 14:12Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

Why. 12:17Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

1. Menuruti 10 Hukum ELOHIM YAHWEH dengan tanda hari Sabat.

2. Iman pada YESHUA ha MASHIA

3. Memiliki kesaksian YESHUA, yaitu nubuatan Daniel dan Wahyu.

Dengan demikian maka Islam, Hindu, Buddha, dan kawan-kawannya gagal karena tidak memenuhi semua persyaratan. Yahudi gagal karena hanya memiliki 10 Hukum ELOHIM YAHWEH saja, sedangkan Kristen Minggu gagal karena menolak 10 Hukum ELOHIM YAHWEH dan tak mempunyai kesaksian YESHUA. Hanya Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh saja yang memenuhi semua persyaratan itu. Ada banyak gereja pemelihara hari Sabat, namun gagal karena tak memiliki nubuatan Daniel-Wahyu. Ada pula beberapa sempalan Gereja Advent, namun jelas bahwa mereka bukan pokok aslinya.

Hingga hari ini pokok asli itu masih ada dan berdiri jelas dengan nama yang berhak patent sebagai Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh;

Yoh. 10:16Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Itulah kandang yang ELOHIM YAHWEH sediakan, yang mempunyai ciri-ciri sebagaimana disuratkan ELOHIM YESHUA ke jemaat di Laodekia;

Wahyu 3:14

"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:
3:15Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
3:16Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.
3:17Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,
3:18maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.
3:19Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!
3:20Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
3:21Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.
3:22Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Di tengah badai ajaran Allah Trinitas, ELOHIM YESHUA menyatakan DiriNYA adalah Permulaan ciptaan YAHWEH - baca juga seluruh ayat Amsal 8. Bahwa YESHUA itu bukan Allah tetapi ciptaan ELOHIM YAHWEH.

Gereja ini "tidak dingin", artinya bukan seperti Atheisme yang dingin terhadap ELOHIM YAHWEH. Tapi juga "tidak panas", artinya kurang memuliakan ELOHIM YAHWEH. "Suam-suam kuku", sebuah agama yang sama sekali kurang menggambarkan keagamaannya.

ELOHIM YESHUA katakan lebih baik menjadi Atheisme saja jika tidak pandai memuliakan ELOHIM YAHWEH. Kerohanian yang kering kerontang, kayak zombie[mayat hidup].

Gereja ini diancam hendak dimuntahkan dari mulut YESHUA. Artinya, sudah masuk di mulut YESHUA, sudah dibenarkan. Tapi ELOHIM YESHUA merasakan ada racun dalam gereja ini sehingga harus dimuntahkan. Sebab ada ajaran Injil yang lain dari gereja ini, yakni Injil Kesehatan yang mengajarkan orang supaya makan sayur-sayuran saja kayak kambing.

Gereja yang "melarat";
Kalau orang miskin masih bisa makan, tapi orang melarat itu untuk makan saja susah. Artinya, ajaran gereja ini susah untuk hidup di hadapan TUHAN.

Gereja yang "malang";
Maunya pergi ke pesta, tapi di tengah jalan kecelakaan. Itu sial namanya. Pinginnya masuk ke sorga, jika nyatanya tiba di neraka, itu sial namanya.

Gereja yang "miskin";
Orang miskin itu penghasilannya habis untuk makan saja. Serba pas-pasan, tidak bisa menabung. Artinya, ajaran gereja ini tidak ada yang berkenan di hati ELOHIM YESHUA.

Gereja yang "buta";
Gereja yang tidak bisa membedakan mana yang salah dengan mana yang benar.

Gereja yang "telanjang";
Gereja yang sangat memalukan karena hari-harinya dihabiskan untuk pesta-pora dan hal-hal keduniawian. Karena sudah merasa di kandang yang benar, sembrono, seperti nabi Nuh yang merasa sudah diselamatkan dari air bah lalu mabuk-mabukan.

Gereja ini seperti bangsa Yahudi, yaitu anak-anak yang nakal. Artinya, sekalipun nakal, mereka adalah anak. Sekalipun kalau nakal dibuang, tapi terhadap anak selalu disediakan pintu pertobatan. Berbeda dengan yang bukan anak. Yang bukan anak sekalipun baik tak mungkin dikasih warisan, lebih-lebih jika sampai maling, pasti dihajar massa.

Jadi, sekalipun masuk Advent bukan jaminan keselamatan, namun keselamatan disediakan di gereja ini.

Dari Surabaya ke Jakarta. Sekalipun naik bus ke Jakarta bisa saja kecelakaan di tengah jalan, namun masih ada harapan sampai ke Jakarta, daripada orang yang sedang ketiduran di Surabaya.

1Ptr. 4:18Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?

Keselamatan adalah secara pribadi, bukan secara rombongan. Karena itu sekalipun sama-sama Advent-nya, jika kita mau hidup yang lebih benar dari yang lainnya, kita pasti akan diselamatkan. Itulah sebabnya saya selalu berkata kepada orang-orang Advent: "Jangan pernah menjadi orang Advent, tapi jangan pernah meninggalkan gereja Advent."

Sebab yang disebut orang Advent adalah orang yang suam-suam kuku, melarat, malang, miskin, buta dan telanjang. Jika tak seperti itu bukan orang Advent namanya. Jika tidak mancung hidungnya jangan bilang orang Arab. Tapi jika anda orang Advent yang seperti itu maka anda akan dimuntahkan dari mulut ELOHIM YESHUA. Karena itu jadilah orang Advent yang tidak seperti itu. Sebab di luar gereja Advent adalah api neraka. - "Jangan pernah menjadi orang Advent, tapi jangan pernah meninggalkan gereja Advent."

 Gambar terkait

Tidak ada komentar: