Senin, 26 Desember 2016

PELAJARAN MEMBACA NUBUATAN - 15

Peristiwa di meterai yang keenam, yakni sebelum peniupan sangkakala-sangkakala adalah pemeteraian umat ELOHIM YAHWEH, seperti yang termuat dalam Wahyu 7. Manusia dibagi dalam 3 kelompok:

1. Kelompok umat YAHWEH

2. Kelompok nabi-nabi palsu

3. Kelompok orang-orang yang tak mengenal ELOHIM YAHWEH

Kelompok umat YAHWEH akan dikumpulkan di suatu tempat yang jauh dari 7 malapetaka dalam 7 sangkakala yang akan ditimpakan kepada umat nabi-nabi palsu, sebagaimana bangsa Israel ketika di tanah Mesir dikumpulkan di tanah Gosyen. Sedangkan kelompok orang-orang yang tak mengenal ELOHIM YAHWEH bercampur dengan umat nabi-nabi palsu itu tapi mereka takkan kena malapetaka itu, melainkan sebagai penonton saja. Dan karena sifat ke-7 malapetaka itu bukan untuk meniadakan eksistensi mereka, maka sebagian dari umat nabi-nabi palsu itu akan selamat. Dengan kata lain mereka tak menyadari bahwa malapetaka-malapetaka itu ditujukan kepada mereka. Ada perbedaan dalam cara membaca suatu peristiwa.

Bagi umat YAHWEH yang telah diterangi hatinya, yang telah diberikan pengertian tentang hal-hal yang akan terjadi, maka ketika melihat bintang-bintang berjatuhan, akan berkata bahwa itu suatu penggenapan nubuatan Al Kitab. Tapi bagi mereka yang tak mengetahui isi Al Kitab akan berkata bahwa itu peristiwa alam biasa yang terjadi 200 tahun sekali. Ketika ada gempa bumi, kita yang membaca Al Kitab membacanya sebagai hukuman TUHAN, tapi bagi yang tak mengerti Al Kitab akan membacanya sebagai pergeseran lempengan bumi. Ketika kita sakit, kita akan introspeksi diri: "apa dosa saya, ya?!" Tapi dokter berkata: "Itu ulah virus, ulah bakteri, akibat salah makan, akibat pola makan, dan lain-lainnya."

Namun apapun juga perkataan orang, perkataan para ilmuwan itu, nyatanya mereka yang tahu itu tak berdaya apa-apa, tak bisa menghindarkannya, sehingga kebenaran TUHAN masih terbukti benar. TUHAN berfirman akan terjadi peperangan, nyatanya peperangan itu tetap terjadi sekalipun semua orang mengusahakan perdamaian. TUHAN berfirman akan terjadi penyakit, nyatanya penyakit itu tetap terjadi sekalipun ilmu kedokteran sudah sangat canggih. Ada jarak minimalnya 2.000 tahun dari saat Firman itu dituliskan hingga sekarang ini untuk menggugurkannya. Ada iblis yang hikmatnya melebihi hikmat nabi Daniel, yang harusnya bisa membantu manusia untuk menggagalkannya. Ada ilmu pengetahuan yang disebut canggih yang harusnya bisa membuat Firman TUHAN itu sebagai kata-kata kuno atau takhyul.

Mat. 24:35Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

Apa saja yang ada di dunia bisa berubah, tapi perkataan TUHAN yang sudah dituliskan dalam Al Kitab takkan berubah, melainkan pasti akan terjadi.

Dan. 12:10Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorangpun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.

Pemeteraian umat ELOHIM YAHWEH memiliki 2 arah zaman; yang pertama menunjuk di zaman William Miller, antara 1830 - 1844 Tarikh Masehi, sedangkan yang kedua menunjuk di zaman pertobatan bangsa Yahudi yang akan terjadi sebelum kedatangan ELOHIM YESHUA yang keduakalinya.

I. Pemeteraian antara 1830 - 1844:

Antara tahun 1830 - 1844 William Miller menyampaikan pekabarannya dari satu gereja ke gereja yang lainnya, dari desa ke desa dan dari kota ke kota. Tentu saja di antara pendengarnya akan terbagi antara yang percaya dengan yang tidak percaya. Yang tidak percaya akan mengejek;

2Petrus 3:3

Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.
3:4Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan."

Sedangkan yang percaya akan mengambil persiapan; mereka menjual hartanya dan membagi-bagikannya ke fakir miskin, mereka melepaskan pekerjaan duniawinya dan bertekun menantikan waktu itu. Bahkan mereka menyiapkan pakaian khusus yakni jubah putih dan menantikan kedatangan YESHUA itu di puncak-puncak gunung.

Dari sini saja sudah bisa dilihat mana orang yang percaya dengan mana orang yang cuek dengan Firman TUHAN. Sudah ada seleksi awalnya. Dan ketika ternyata di hari yang diperhitungkan itu tidak terjadi apa-apa, seperti apakah rupa mereka yang telah bersiap-siap itu? Ternyata tercatat ada 50.000 orang yang murtad meninggalkan gerejanya. Di situ membuktikan bahwa pertobatan mereka itu pertobatan yang semu atau palsu. Sebab jikapun yang salah itu William Miller, masakan TUHAN mereka tinggalkan? Apakah kalau pendeta anda jatuh ke dalam dosa lalu anda keluar dari Kekristenan?!

Nah, sama seperti di zaman air bah ada 8 orang yang diselamatkan melalui bahtera Nuh, demikian pula dengan di zaman William Miller itu, ada 8 orang kelompok Ny. Ellen G. White yang bertekun mempelajari kembali nubuatan-nubuatan itu. Dan kemurnian iman mereka terbukti; mereka yang semula beribadah di hari Minggu itu, ketika ada petunjuk dari Joseph Bates untuk menguduskan hari Sabat, mereka mau mengikuti petunjuk itu. Bahkan mereka berani melawan arus dengan memberi nama kelompok mereka sebagai Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, di tengah-tengah ketika semua orang Kristen di seluruh dunia beribadah di hari Minggu. Itulah orang-orang yang dimeteraikan untuk memulihkan tempat kudus setelah diinjak-injak selama 2300 tahun.

Yesaya 58:12

Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni".
58:13Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus TUHAN "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong,
58:14maka engkau akan bersenang-senang karena TUHAN, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya.

II. Pemeteraian akhir zaman;

Wahyu 7:1

Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.
7:2Dan aku melihat seorang malaikat lain muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut,
7:3katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"

Ke-7 malapetaka dalam 7 sangkakala ditahan dulu, supaya dimeteraikan lebih dahulu orang-orang pilihan. Dari antara ke-12 suku Israel asli, masing-masing suku akan dimeteraikan sebanyak 12.000 orang, sehingga seluruhnya berjumlah 144.000 orang;

Wahyu 7:4Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.

Lalu, dari bangsa-bangsa lain tak terhitung banyaknya;

Wahyu 7:9Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.
7:13

Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?"
7:14Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.

Mungkinkah bangsa Yahudi akan bertobat?

Berita terakhir yang saya dapatkan, ketika Dewan Keamanan PBB menyetujui resolusi yang mengutuk pembangunan permukiman Israel di Beitar Ilit, wilayah pendudukan di Palestina, tanggal 23 Desember 2016 yang lalu, Amerika Serikat yang biasanya menggunakan hak vetonya, kali ini bersikap abstain. Seluruh dunia tercengang melihat Amerika Serikat yang tidak lagi melindungi Israel. Sebuah media menyebutkan itu kado pahit Obama buat Israel. Perdana menteri Israel menyebut bahwa Amerika Serikat telah meninggalkan Israel. Mereka merasa dikucilkan oleh dunia.

Zakharia 12:2

"Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu yang menyebabkan segala bangsa di sekeliling menjadi pening; juga Yehuda akan mengalami kesusahan ketika Yerusalem dikepung.
12:3Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya.
12:4Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan membuat segala kuda menjadi bingung, penunggangnya menjadi gila. Atas kaum Yehuda, Aku akan membuka mata-Ku, tetapi segala kuda bangsa akan Kubuat menjadi buta.
12:5Sesudah itu kaum-kaum di Yehuda akan berkata dalam hatinya: Penduduk Yerusalem mempunyai kekuatan oleh karena TUHAN semesta alam, Allah mereka.

Siapa yang mengusik pendudukan Israel di Palestina akan luka parah. Dengan terpilihnya Donald Trump yang sinting menjadi presiden Amerika Serikat, seluruh dunia akan pening, sebab nyata kebijaksanaan Trump yang sinting itu akan membela Israel sepenuhnya dan akan memerangi Islam. Konon Trump akan mengakhiri cita-cita pendirian negara Palestina. Benar-benar gila!

Kita melihat Amerika dalam 2 sisi yang kontradiksi. Amerika yang sekarang terlihat melepaskan Israel, tapi Amerika yang kemudian justru akan menegakkan Israel. Saat ini yang dipertunjukkan kepada dunia adalah Israel yang dikepung oleh segala bangsa. Ini yang harus ditunjukkan lebih dahulu: Israel yang terkepung!

Zefanya
3:12

Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN,
3:13yakni sisa Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong; dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya."
  3:16

Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: "Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu.
3:17TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,
3:18seperti pada hari pertemuan raya." "Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu, sehingga oleh karenanya engkau tidak lagi menanggung cela.
3:19Sesungguhnya pada waktu itu Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu, tetapi Aku akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi.
3:20Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.

Yehezkiel 11:19

Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat,
11:20supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.


Mikha
5:7
(5-6) Maka sisa-sisa Yakub akan ada di tengah-tengah banyak bangsa seperti embun dari pada TUHAN seperti dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan yang tidak menanti-nantikan orang dan tidak mengharap-harapkan anak manusia.
5:8
(5-7) Maka sisa-sisa Yakub akan ada di antara suku-suku bangsa, di tengah-tengah banyak bangsa seperti singa di antara binatang-binatang hutan, seperti singa muda di antara kawanan kambing domba: ke manapun ia pergi, maka ia membanting dan menerkam, sedang tidak ada yang melepaskan.

Tidak ada komentar: