Rabu, 14 Desember 2016

PELAJARAN MEMBACA NUBUATAN - 3

Sebelum bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan untuk memasuki negeri yang dijanjikan, nabi Musa memberikan nasehat dan menyampaikan ancaman yang keras jika mereka murtad dari ELOHIM YAHWEH;

Ulangan 28:49TUHAN akan mendatangkan kepadamu suatu bangsa dari jauh, dari ujung bumi, seperti rajawali yang datang menyambar; suatu bangsa yang bahasanya engkau tidak mengerti,

ELOHIM YAHWEH akan mendatangkan suatu bangsa yang seperti burung rajawali. Kerajaan itu digambarkan seperti burung, menggambarkan kecepatan gerakan mencapai puncak kejayaannya, sedangkan jenis rajawali menggambarkan keganasannya ketika menyambar mangsanya. Dan perkataan nabi Musa itu benar-benar dilaksanakan oleh ELOHIM YAHWEH ketika bangsa itu murtad;

Yesaya 5:26Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat!

ELOHIM YAHWEH bersuit memanggil, itu artinya Babel takkan mendatangi dan takkan mengganggu bangsa Israel seandainya mereka baik-baik. Bahkan ELOHIM YAHWEH pasti akan melindungi bangsa Israel seandainya mereka tidak menyakiti hatiNYA. Nah, di tahun pertama pemerintahannya, yakni bulan Maret 604 Sebelum Masehi, dia menaklukkan Yerusalem dan mengangkuti anak-anak bangsawan, seperti Daniel, Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Di tahun ketujuh pemerintahannya, 16 Maret 597 Sebelum Masehi, dia menyerang Yehuda kembali dan mengangkut nabi Yehezkiel ke Babilon. Tanggal 10 Januari 588 Sebelum Masehi selama 18 bulan, dia mengepung Yerusalem, sehingga bangsa Israel mengalami kelaparan hebat. Di serangan yang ketiga ini, serangan habis-habisan yang menghancurluluhkan kerajaan Yehuda berikut dengan Bait Sucinya, ada 823 orang Yehuda yang diangkut ke pembuangan. Lalu, tahun 581 Sebelum Masehi, Nebuzaradan, kepala pasukannya mengangkut 745 orang Yehuda lagi.

Daniel 2:1   Pada tahun yang kedua pemerintahan Nebukadnezar bermimpilah Nebukadnezar; karena itu hatinya gelisah dan ia tidak dapat tidur.

Nebukadnezar lupa tentang mimpinya tapi merasa terkesan sekali dengan mimpi itu sehingga sampai membuatnya gelisah dan tidak bisa tidur. Singkat cerita, mimpi itu dijelaskan oleh nabi Daniel, bahwa ada sesosok patung manusia. Anehnya, patung itu kepalanya dari emas, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga, sedangkan paha dan kakinya sebagian besi dan sebagian tanah liat. Lalu tiba-tiba ada batu yang terungkit dari gunung dan batu itu menghancurkan patung manusia itu.

Kitab Daniel dan Wahyu itu seumpama gedung adalah gedung kos-kosan yang mempunyai satu pintu masuk dan pintu itu terkunci, sehingga orang-orang yang kos di situ tidak bisa memasukinya. Gedung sebesar itu sangat bergantung dari satu alat yang namanya kunci, yang oleh kunci itu maka semua kamar yang ada di dalam gedung itu bisa dimasuki. Itulah sebabnya banyak orang berusaha menyingkapkan nubuatan-nubuatan kitab Daniel-Wahyu selalu menemui kekacauan. Khususnya gereja GKI dan GPdI yang beberapa kali berusaha mengungkapkan kitab Wahyu selalu tumpang tindih ceritanya. Seorang pendeta senior mereka berkata kepada saya: "pengungkapan nubuatan itu lain orang selalu lain ceritanya, sampai saya sendiri bingung." Sebab mereka tak menemukan kuncinya, yaitu titik awal dari semua nubuatan yang bermata rantai itu. Jadi, tidak mungkin bisa diambil sepotong-sepotong dari bagian tengahnya, melainkan harus melalui pintu masuknya.

Pintu masuk itu adalah;

Daniel 2:38dan yang ke dalam tangannya telah diserahkan-Nya anak-anak manusia, di manapun mereka berada, binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, dan yang dibuat-Nya menjadi kuasa atas semuanya itu--tuankulah kepala yang dari emas itu.

"Tuankulah kepala yang dari emas itu." Lalu nabi Daniel melanjutkan:

Daniel
2:39Tetapi sesudah tuanku akan muncul suatu kerajaan lain, yang kurang besar dari kerajaan tuanku; kemudian suatu kerajaan lagi, yakni yang ketiga, dari tembaga, yang akan berkuasa atas seluruh bumi.
2:40Sesudah itu akan ada suatu kerajaan yang keempat, yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan ini akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya.

Dari satu kerajaan ke kerajaan yang lainnya. Jika kerajaan pertamanya Babel, maka kerajaan yang mengalahkannya itulah kerajaan yang kedua. Kerajaan yang mengalahkan yang kedua adalah yang ketiga, dan seterusnya. Dari petunjuk Al Kitab ini kita bisa mendapatkan informasi lebih detailnya dari catatan sejarah, sehingga terjadi kolaborasi antara catatan Al Kitab dengan catatan sejarahnya. Al Kitab berkata, sejarah membuktikannya. Jika Al Kitab suami, sejarah adalah istrinya.

>> Nebukadnezar II: 604 - 562 Sebelum Masehi.

>> Amel Marduk: 562 - 560 Sebelum Masehi.

>> Neriglissar: 560 - 556 Sebelum Masehi.

>> Labashi Marduk: 556 Sebelum Masehi.

>> Nabonidus: 556 - 549 Sebelum Masehi.

>> Belsyazar: 549 - 539 Sebelum Masehi.

Tentang Belsyazar, Al Kitab menceritakan bahwa pada suatu malam dia mengadakan pesta dengan mengundang seribu orang. Lalu, dalam mabuknya dia menyuruh orang mengambil perkakas Bait Suci untuk digunakan pada pestanya itu. Barang-barang yang dikuduskan itu telah dinajiskan oleh Belsyazar, sehingga ELOHIM YAHWEH gusar sekali. Di dinding ada sebuah tangan menuliskan kata-kata dalam bahasa Ibrani yang dibacakan oleh nabi Daniel;

Daniel
5:5Pada waktu itu juga tampaklah jari-jari tangan manusia menulis pada kapur dinding istana raja, di depan kaki dian, dan raja melihat punggung tangan yang sedang menulis itu.
5:6Lalu raja menjadi pucat, dan pikiran-pikirannya menggelisahkan dia; sendi-sendi pangkal pahanya menjadi lemas dan lututnya berantukan.
5:25Maka inilah tulisan yang tertulis itu: Mene, mene, tekel ufarsin.

Lalu nabi Daniel mengartikannya;

Daniel
5:26Dan inilah makna perkataan itu: Mene: masa pemerintahan tuanku dihitung oleh Allah dan telah diakhiri;
5:27Tekel: tuanku ditimbang dengan neraca dan didapati terlalu ringan;
5:28Peres: kerajaan tuanku dipecah dan diberikan kepada orang Media dan Persia."

Apa yang terjadi kemudian?

Daniel
5:30Pada malam itu juga terbunuhlah Belsyazar, raja orang Kasdim itu.
5:31(6-1) Darius, orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun.

Tepat pada tanggal 15 Oktober 539 Sebelum Masehi, kerajaan Babel telah berpindah tangan ke kerajaan koalisi Media dan Persia. Itulah kerajaan yang dilambangkan dengan dada dan lengan dari perak.

Setelah itu Al Kitab juga mencatat peralihan dari kerajaan Persia ke kerajaan Yunani;

Dan. 10:20Lalu katanya: "Tahukah engkau, mengapa aku datang kepadamu? Sebentar lagi aku kembali untuk berperang dengan pemimpin orang Persia, dan sesudah aku selesai dengan dia, maka pemimpin orang Yunani akan datang.

Malaikat Gabriel memberitahu nabi Daniel bahwa dia akan membantu Yunani untuk mengalahkan Persia. Dan tepat pada tanggal 1 Oktober 331 Sebelum Masehi, Yunani berhasil mengalahkan Persia dalam pertempuran Gaugamela. Itulah kerajaan ketiga yang dilambangkan dengan perut dan pinggang dari tembaga.

Herodotus, seorang ahli sejarah melukiskan bajak laut Yunani yang menggunakan segala persenjataannya dari bahan tembaga sebagai "orang-orang tembaga yang muncul dari laut."

Tanggal 22 Juni 168 Sebelum Masehi, kerajaan Romawi berhasil menaklukkan Yunani dalam pertempuran di Pydna. Tentang ini Paul K. Davis menulis, "Pydna menandai kehancuran terakhir kekaisaran Aleksander dan pengenalan kekuasaan Romawi di Timur Dekat." Itulah kerajaan keempat yang digambarkan sebagai paha dan kaki dari besi dan tanah liat.

>> Babel: 605 - 539 Sebelum Masehi.

>> Media Persia: 539 - 331 Sebelum Masehi.

>> Yunani: 331 - 168 Sebelum Masehi.

>> Romawi: 168 SM - 476 Tarikh Masehi.

Jari-jari kaki patung manusia itu menggambarkan kerajaan Romawi yang terpecah menjadi 10 kerajaan di tahun 476 Tarikh Masehi;



     1. Alemanni [Jerman]                                       6. Burgundians [Switzerland]
     2. Franks [Perancis]                                          7. Lombards [Italia]
     3. Anglo Saxon [Inggris]                                  8. Heruli
     4. Visigoth [Spanyol]                                        9. Vandals
     5. Suevi [Portugal]                                          10. Ostrogoth


Tentang 10 kerajaan itu nabi Daniel menerangkan;

Daniel
2:41Dan seperti tuanku lihat kaki dan jari-jarinya sebagian dari tanah liat tukang periuk dan sebagian lagi dari besi, itu berarti, bahwa kerajaan itu terbagi; memang kerajaan itu juga keras seperti besi, sesuai dengan yang tuanku lihat besi itu bercampur dengan tanah liat.
2:42Tetapi sebagaimana jari-jari kaki itu sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat, demikianlah kerajaan itu akan menjadi keras sebagian dan rapuh sebagian.
2:43Seperti tuanku lihat besi bercampur dengan tanah liat, itu berarti: mereka akan bercampur oleh perkawinan, tetapi tidak akan merupakan satu kesatuan, seperti besi tidak dapat bercampur dengan tanah liat.

Negara-negara Eropa itu saling memiliki hubungan kekeluargaan oleh perkawinan campuran. Namun hingga hari ini segala usaha untuk mempersatukan kembali menjadi satu kerajaan masih belum
berhasil. Usaha-usaha untuk mempersatukan sudah banyak dilakukan, antara lain oleh: Charlemagne, Charles V, Louis XIV, Napoleon, Kaisar Wilhelm, maupun Hitler, semuanya gagal, tepat sebagaimana nubuatannya.

Sekarang ini kita hidup di zaman 10 jari-jari, yakni kekuasaan Eropa. Sebagaimana kita tahu perkembangan Eropa itu ke Amerika Serikat dan Australia, maka kedigdayaan Amerika Serikat itulah yang termasuk yang diceritakan oleh nubuatan itu, yang uraiannya ada di kitab Wahyu sebagai negara yang menjalankan program-program Vatikan.

Vatikan sendiri adalah kerajaan dan agama. Kuasa kerajaannya sudah ambruk di tahun 1798 Tarikh Masehi, digantikan oleh Amerika Serikat yang lahir di tahun 1776 Tarikh Masehi. Jadi, Vatikan memegang agamanya sedangkan Amerika Serikat memegang kerajaannya.

Vatikan menguasai kepresidenan Amerika Serikat, sedangkan Yahudi menguasai konggresnya. Dua kekuatan inilah yang secara diam-diam berperang di Amerika Serikat, yaitu peperangan tentang hari Minggu dan hari Sabat. Setiap kali ada gagasan untuk membuatkan undang-undang hari Minggu selalu dijegal oleh lobby Yahudi yang memelihara hari Sabat. Itu akan kita lihat di pembahasan berikutnya.

Apa yang terjadi setelah kerajaan keempat ini?

Daniel
2:44Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya,
2:45tepat seperti yang tuanku lihat, bahwa tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak dan emas itu. Allah yang maha besar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari; mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat dipercayai."


Kerajaan batu itulah kerajaan YESHUA ha MASHIA, kerajaan yang diturunkan dari Takhta ELOHIM YAHWEH, supaya dunia ini berpemerintahan ILAHIAH;

Mat. 6:10datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Why. 11:15Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."

Dan ELOHIM YESHUA berjanji untuk segera menggenapinya;

Wahyu 22:20Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Hasil gambar untuk gambar patung nebukadnezar

Tidak ada komentar: