Selasa, 17 Januari 2017

SANGGAHAN UNTUK DAFTAR PAUS ROMA KATOLIK

1. Paus Santo Petrus, 32-68 Tarikh Masehi, yang bernama lahir: Simon bin Yunus.

Yang dimaksud adalah Simon Petrus atau Simon Kefas. Apa benar Simon Petrus itu seorang paus dan memiliki hirarki dengan agama Roma Katolik?

a. Al Kitab tidak mengenal nama agama Katolik maupun agama Kristen. Nama untuk pengikut ajaran YESHUA ha MASHIA adalah JALAN TUHAN, bukan Katolik dan juga bukan Kristen.

Kis. 13:10dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu?

Kis. 18:25Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.

Siapakah yang dimaksud dengan "TUHAN"?

Kis. 18:26Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah.

Jadi, JALAN TUHAN adalah JALAN YAHWEH, bukan JALAN YESHUA. ELOHIM YESHUA tak mempunyai "jalan" sendiri. DIA tak memiliki ajaran sendiri, melainkan semua ajarannya berasal dari BAPA YAHWEH;

Yoh. 7:16Jawab Yesus kepada mereka: "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

YESHUA adalah Jalan kepada BAPA YAHWEH;

Yohanes 14:6Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

"Kristen" adalah nama yang diberikan oleh masyarakat Antiokhia pada sekumpulan pengikut JALAN TUHAN;

Kis. 11:26Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

"Kristen" dijadikan nama gereja adalah setelah reformasi gereja tahun 1517 Tarikh Masehi. Jadi, Kristen yang sekarang ini adalah anak-anak dari Roma Katolik, bukan kelanjutan dari JALAN TUHAN.

Pada mulanya, sebelum bernama Gereja Katolik Roma, namanya adalah "GEREJA" sebagai pengganti istilah "jemaat" di Al Kitab. Gereja dari kata bahasa Portugis yang berasal dari bahasa Yunani; Ekklesia, artinya adalah dipanggil keluar. Mungkin maksudnya "dipanggil keluar" dari JALAN TUHAN, supaya mengikuti agama Roma Katolik, yang nama itu mulai dipopulerkan pada abad ke-17, yakni setelah reformasi gereja Protestan. Sedangkan "Katolik" sendiri artinya adalah universal, agama universal.

>> Aslinya: JEMAAT JALAN TUHAN

>> Diubah menjadi: Gereja Roma Katolik.

>> Anak-anaknya bernama: Kristen.

b. Arti "paus" adalah lembaga kebapakan.

Petrus adalah rasul atau utusan JALAN TUHAN. Al Kitab tak pernah mendaulatnya sebagai bapak. ELOHIM YAHWEH telah menetapkan Abraham sebagai "bapak", bukan terhadap Petrus;

Kej. 17:5Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.

Kita semua adalah anak-anak bapak Abraham;

Rm. 4:16Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua,

Gal. 3:7Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.

c. JALAN TUHAN didirikan oleh TUHAN;

Yer. 5:5Baiklah aku pergi kepada orang-orang besar, dan berbicara kepada mereka, sebab merekalah yang mengetahui jalan TUHAN, hukum Allah mereka." Tetapi merekapun semuanya telah mematahkan kuk, telah memutuskan tali-tali pengikat.

Sedangkan Gereja Roma Katolik didirikan oleh manusia. Karena itu Petrus tidak mungkin beragama Roma Katolik.

d. Petrus itu kawin sedangkan seorang paus tidak boleh kawin.

(Kanon 33): Diputuskan bahwa semua pernikahan dilarang bagi para uskup, imam dan diakon, atau bagi semua rohaniwan yang memegang jabatan gerejawi, dan bahwa mereka tidak berhubungan badan dengan istri-istri mereka dan tidak menghasilkan anak; siapa saja yang melanggar hal ini akan dicabut jabatan kehormatan kleriknya.
(Kanon 3): Adalah pantas bahwa para uskup dan imam Tuhan yang suci termasuk juga kaum Levi, yakni mereka yang memberikan pelayanan pada sakramen ilahi, mentaati penahanan nafsu yang sempurna, supaya mereka bisa meraih semua kesederhanaan yang mereka minta dari Tuhan; apa yang diajarkan oleh Para Rasul dan apa yang telah lama ditaati, biarlah kita juga berusaha keras untuk menjaganya. Sungguh menggembirakan kita semua bahwa uskup, imam dan diakon - para penjaga kesucian - menahan diri dari hubungan badan dengan istri-istri mereka, supaya mereka yang melayani di Altar bisa menjada sebuah kesucian yang sempurna.

e. Petrus itu menguduskan hari Sabat, sedangkan Roma Katolik itu berhari Minggu;

Luk. 23:56Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,

f. Petrus itu sekalipun matinya di kota Roma, namun dia tak pernah mengenal kota Roma sebagai sebuah kota yang disucikan, selain dari kota Yerusalem. Bahkan dia menyamakan Roma itu seperti Babilon;

1Ptr. 5:13Salam kepada kamu sekalian dari kawanmu yang terpilih yang di Babilon, dan juga dari Markus, anakku.

g. Petrus itu menyatakan YESHUA sebagai ANAK YAHWEH;

Mat. 16:16Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Sedangkan doktrin Roma Katolik menyatakan bahwa Yesus itu Allah Trinitas yang menjelma menjadi manusia.

Jadi, Petrus tidak mungkin seorang paus.

2. Paus Santo Linus; 67-79 Tarikh Masehi, yang bernama lahir: Linus;

2Tim. 4:21Berusahalah ke mari sebelum musim dingin. Salam dari Ebulus dan Pudes dan Linus dan Klaudia dan dari semua saudara.

Linus yang merupakan teman sekerja atau murid rasul Paulus, mungkinkah ia seorang paus?

3. Paus Santo Anakletus; 79-88 Tarikh Masehi, yang bernama lahir: Anacletus;

Al Kitab tak mengenal nama Kletus atau Anakletus.

4. Paus Santo Klemens I; 88-97 Tarikh Masehi;

Flp. 4:3Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan.

Mungkinkah Klemens itu seorang Roma Katolik?

Tidak ada komentar: