Sabtu, 14 Januari 2017

SIAPAKAH BENITO MUSSOLINI?

https://id.wikipedia.org/wiki/Perjanjian_Lateran

Perjanjian Lateran adalah salah satu dari Pakta Lateran tahun 1929 atau Persetujuan Lateran, tiga persetujuan yang dibuat pada tahun 1929 antara Kerajaan Italia dan Tahta Suci, diratifikasi pada tanggal 7 Juni 1929, mengakhiri masa "Pertanyaan Romawi".
Perjanjian ini terdiri atas tiga dokumen:
  1. Sebuah "perjanjian politik" yang menghargai kemerdekaan penuh Tahta Suci di Negara Kota Vatikan, yang oleh karenanya terbentuk;
  2. Sebuah "concordat" yang mengatur posisi Gereja Katolik Roma dan agama Katolik Roma di dalam negara Italia;
  3. sebuah "konvensi finansial" yang menyetujui penyelesaian definitif terhadap permintaan ganti rugi Tahta Suci menyusul hilangnya wilayah dan kekayaan milik Tahta Suci.

Sejarah

Perundingan-perundingan untuk penyelesaian masalah "Pertanyaan Romawi" dimuali pada tahun 1926 antara Pemerintah Italia dan Tahta Suci, dan pada tahun 1929 mereka mewujudkannya dalam bentuk persetujuan yang berbentuk tiga Persetujuan Lateran, ditandatangani bagi Raja Victor Emmanuel III dari Italia oleh Perdana Menteri Benito Mussolini dan bagi Paus Pius XI oleh Kardinal Menteri Luar Negeri Pietro Gasparri. Persetujuan ini ditandatangani di Istana Lateran, karena itu nama persetujuan ini berasal dan dipakai hingga hari ini.

Tokoh Pemimpin Italia Benito Mussolini yang Tewas Mengenaskan

http://suatu-dunia.blogspot.co.id/2014/01/tokoh-pemimpin-italia-benito-mussolini.html


Benito Mussolini adalah seorang diktator Italia yang menganut Fasis. Ia adalah diktator Italia pada periode 1922-1943. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia pada 28 Juli 1943 setelah serangkaian kekalahan Italia di Afrika. Setelah ditangkap, ia diisolasi. Dua tahun kemudian, ia dieksekusi di Como, Italia utara. Mussolini mengakhiri sebuah dekade seperti di Jerman yang dilakukan diktator Adolf Hitler dengan Nazi-nya.Benito Mussolini dia lahir 29 Juli 1883 dan meninggal 28 April 1945 pada umur 61 tahun.

Mussolini lahir di Predappio, Forlì (Emilia-Romagna). Ayahnya Alessandro seorang pandai besi dan ibunya Rosa seorang guru sekolah. Seperti ayahnya, ia menjadi seorang sosialis berat. Tahun 1902 ia beremigrasi ke Swiss. Karena sulit mencari pekerjaan tetap, akhirnya ia pindah ke Italia. Pada 1908 ia bergabung dengan surat kabar Austria di kota Trento.

Keluar dari situ, ia jadi editor sebuah koran sosialis la Lotta di Class (Pertentangan Kelas). Di sini antusiasmenya pada Karl Heinrich Marx makin besar. Tahun 1910, ia menjabat sekretaris partai sosialis tingkat daerah di Forlì dan kepribadiannya berkembang menjadi antipatriot. Ketika Italia menyatakan perang dengan Kerajaan Ottoman tahun 1911, ia dipenjara karena propaganda perdamaiannya. Ini bertentangan dengan kinerjanya kemudian.

Setelah ditunjuk jadi editor koran sosialis Avanti, ia pindah ke Milan, tempatnya membangun dirinya sebagai kekuatan berpangaruh atas para pemimpin buruh sosialis Italia. Ia percaya, para proletar bisa dibuhul dalam gerakan fascio. Agaknya inilah cikal bakal gerakan fasis, yang lahir di saat perekonomian Italia memburuk akibat perang, dan pengangguran merebak di mana-mana.

Pada Maret 1919, fasisme menjadi suatu gerakan politik ketika ia membentuk Kelompok untuk Bertempur yang dikenal sebagai baju hitam, yakni kumpulan penjahat, kriminal, dan preman yang bertindak sebagai tukang pukul para cukong. Penampilan mereka seram dan tiap hari terlibat perkelahian di jalan-jalan.

Setelah gagal pada Pemilu 1919, ia mengembangkan paham kelompoknya, sehingga mulai mendapat pengaruh. Mereka, kaum fasis, menolak parlemen dan mengedepankan kekerasan fisik. Anarki pecah di mana-mana. Pemerintah liberal tak berdaya menghadapinya. Ia membawa "geng"nya, sejumlah besar kaum fasis yang bertampang sangar, untuk melakukan Berbaris ke Roma.

Melihat rombongan preman berwajah angker memasuki Roma, Raja Vittorio Emanuele III menciut jeri. Mussolini diundang ke istana lalu diberi posisi sang Pemimpin. Pada Oktober 1922, Raja memintanya membentuk pemerintahan baru. Jadilah Italia dikelola pemerintahan fasis.

Gebrakan pertamanya setelah memegang kekuasaan, adalah menyerang Ethiopia dengan merujuk pada pandangan rasis Charles Robert Darwin, "Ethiopia bangsa kelas rendah, karena termasuk kulit hitam. Jika diperintah oleh ras unggul seperti Italia, itu sudah merupakan akibat alamiah dari evolusi." Bahkan ia bersikeras bahwa bangsa-bangsa berevolusi melalui peperangan. Sehingga jadilah Italia waktu itu bangsa yang ditakuti sepak terjangnya.
Mussolini dibebaskan oleh pasukan jerman

Yang meresahkan, ketika ia menduduki Abbesinia tahun 1937, kontan dunia tersentak. Teman akrabnya di Eropa adalah Adolf Hitler, dan mereka membuat aliansi, yang menyeret Italia ke dalam Perang Dunia II di pihak Jerman pada 1940. Namun, pasukannya kalah di Yunani dan Afrika, dan Italia sendiri diserbu oleh pasukan Britania Raya dan Amerika Serikat pada 1943. Pada saat itu Mussolini telah diturunkan dari takhtanya dan ditahan. Pasukan payung Jerman membebaskan dan mengembalikannya berkuasa di Italia Utara. Akhir riwayatnya tiba tak lama kemudian. Ketika akhirnya Italia dikalahkan, ia ditembak oleh musuh Italianya dan mayatnya digantung terbalik di Piazza Loreto, Milan.


9 Hal yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Tentang Mussolini

https://anaksejarahblog.wordpress.com/2013/02/22/9-hal-yang-mungkin-tidak-kamu-ketahui-tentang-mussolini/

Gambar


1. Mussolini memiliki kecenderungan untuk kekerasan bahkan sejak muda.
Lahir pada tanggal 29 Juli 1883, Mussolini terkenal gemar menyiksa orang dan berjuang selama masa kecilnya. Pada usia 10 ia diusir dari asrama  karena menusuk teman sekelas di tangan, dan  insiden penusukan juga terjadi di sekolah berikutnya. Dia juga mengaku menusuk  pacarnya di lengan.  memimpin geng anak laki-laki untuk menjarah peternakan lokal dan akhirnya menjadi mahir duel dengan pedang.  New York Times melaporkan pada mei 1922  Mussolini melahirkan lebih dari 100 luka yang diterima dalam pertempuran.
2. Mussolini adalah seorang sosialis sebelum menjadi seorang fasis.
Lahir dari seorang ayah sosialis,ayah  Mussolini  terinspirasi Benito Juárez residen Meksiko. Dua nama tengah, dan Amilcare Andrea,diambil  dari  Amilcare Cipriani dan Andrea Costa, tokoh sosialis italia. Pada awal kehidupan Mussolini, misalnya, nama-nama sepertinya cocok. Meskipun tinggal di Swiss 1902-1904, ia  menulis untuk majalah sosialis seperti L’Avvenire del Lavoratore (Masa Depan Pekerja). Dia kemudian bertugas di tentara Italia selama hampir dua tahun sebelum melanjutkan karirnya sebagai guru dan wartawan. Dalam artikel dan pidatonya, Mussolini diberitakan mendukung revolusi kekerasan, memuji pemikir komunis Karl Marx dan mengkritik patriotisme. Pada tahun 1912 ia menjadi editor Avanti! (Forward!), surat kabar harian resmi Partai Sosialis Italia. Tapi ia dipecat dari partai dua tahun kemudian atas dukungan nya untuk Perang Dunia I. Pada tahun 1919, sebuah Mussolini berubah  secara radikal telah mendirikan gerakan fasis, yang nantinya akan menjadi Partai Fasis.
3. Pemimpin Italia pernah menyerukan militer untuk menghentikan pemberontakan Mussolini.
Dari tahun 1920 sampai 1922, pasukan fasis bersenjata menghadapi gangguan kecil dari polisi atau tentara ketika mereka memprovokasi lawan politiknya menyebabkan kerusakan properti dan membunuh 2.000 lawan politiknya . Banyak warga lainnya dipukuli atau dipaksa untuk minum minyak jarak. Kemudian, pada tanggal 24 Oktober 1922, Mussolini mengancam akan merebut kekuasaan dengan demonstrasi yang akan diadakan pada bulan Maret di Roma. Meskipun Perdana Menteri Luigi FACTA mengetahui rencana ini, ia tak bisa melakukan apapun untuk menghentikanya. Akhirnya, ketika fasis mulai menduduki kantor-kantor pemerintah dan telepon pada malam 27 Oktober, FACTA dan para menterinya menyarankan Raja Victor Emmanuel III untuk menyatakan keadaan darurat dan memberlakukan darurat militer. Raja yang bimbang menolak untuk menandatangani keputusan tersebut, akhirnya FACTA dipaksa untuk mengundurkan diri.
4. Berlawanan dengan kepercayaan selama ini, Mussolini tidak mengambil kekuasaan dalam kudeta.
 pada tanggal 29 Oktober raja ditawarkan Mussolini kesempatan untuk membentuk pemerintahan koalisi. Tapi meskipun perdana menteri sekarang nya, Il Duce-master berkoar mengklaim dukungan dari 300.000 milisi fasis ketika jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih rendah. Akibatnya, ia bergabung dengan pendukung bersenjata yang membanjiri jalan-jalan di Roma hari berikutnya.
5. Mussolini tidak menjadi seorang diktator sejati sampai 1925.
Setelah menjadi perdana menteri, Mussolini mengurangi pengaruh kehakiman, diberangus pers bebas, lawan politik ditangkap, memaafkan kekerasan pendukung  fasis dan sebaliknya mengkonsolidasikan kekuasaannya. Namun, ia terus bekerja di dalam sistem parlementer setidaknya  sampai Januari 1925, ketika ia menyatakan dirinya diktator Italia. Setelah serangkaian percobaan pembunuhan pada tahun 1925 dan 1926, Mussolini melarang partai-partai oposisi, menendang lebih dari 100 anggota parlemen, mengembalikan hukuman mati untuk kejahatan politik, mengadakan  kegiatan polisi rahasia dan menghapuskan pemilihan lokal.
6. Mussolini adalah anti-Gereja sebelum menjadi pro-Gereja.
Sebagai seorang pemuda sosialis, Mussolini menyatakan dirinya seorang ateis dan mencerca terhadap Gereja Katolik. Dia bahkan menulis sebuah novel anti-gereja. Tapi setelah mengambil kekuasaan, Il Duce mulai bekerja untuk menambal hubungan itu. Dia melarang freemasonry, dibebaskan dari pajak ulama, menindak kontrasepsi buatan, berkampanye untuk meningkatkan kelahiran , melarang aborsi, melarang kehidupan malam, pakaian wanita diatur dan tindakan homoseksual dilarang di kalangan pria dewasa. Meskipun dia sendiri memiliki banyak gundik , ia juga memberikan  hukuman keras pada perzinahan. Pada 1929 Mussolini menandatangani perjanjian dengan Vatikan di mana Gereja menerima wewenang atas pernikahan dan kompensasi untuk properti yang telah disita dekade sebelumnya. , ketegangan antara mussolini dengan gereja  akhirnya muncul kembali karena  hal-hal seperti hukum rasial Mussolini, yang mana  mirip dengan di Nazi Jerman.
7. Mussolini berusaha mendirikan sebuah kerajaan Italia.
Mussolini melancarkan aksi militer pertama pada tahun 1923 ketika ia menduduki pulaucorfu, Yunani. Beberapa tahun kemudian, ia resmi mendirikan  kamp-kamp konsentrasi dan gas beracun  di Libya, yang pada saat itu merupakan koloni Italia. Gas beracun lagi-lagi digunakan secara ilegal selama penaklukan Ethiopia pada tahun 1935 dan 1936, setelah Il Duce menyatakan bahwa Italia akhirnya memiliki kerajaannya. “Ini adalah sebuah kerajaan fasis, sebuah kerajaan perdamaian, sebuah kerajaan peradaban dan kemanusiaan,” katanya . Tiga tahun kemudian, Italia menyerbu dan menganeksasi Albania.ia juga terus mengadakan kontak dengan diktator lain. Selama Perang Saudara Spanyol, misalnya, ia memberikan pasukan dan senjata ke gerakan Nasionalis Jenderal Francisco Franco.
8. Tentara Italia mendapat malapetaka selama Perang Dunia II.
Saat Nazi Jerman sekutunya sudah melanhap sebagian besar Eropa. Sangat jelas bahwa Italia tidak memiliki peralatan militer yang memadai untuk bertempur, laju produksinya pun menyedihkan. Bahkan, Amerika Serikat bisa memproduksi lebih banyak pesawat  dalam seminggu daripada Italia  dalam setahun. Mussolini tidak banyak membantu jerman, bahkan malah merepotkan NAZI dengan berulang kali mengubah rencana perang .  Belakangan tahun itu, tentara Italia menyerbu Yunani, hanya untuk dipukul kembali ke Albania. Kampanye Afrika juga terhenti, beruntung Jerman datang untuk menyelamatkan italia.
Gambar
9. Mussolini digulingkan tanpa perlawanan.
Setelah sudah menyerang  Libya dan Ethiopia, pasukan Sekutu menginvasi Italia yang tepat pada tahun 1943 dan mulai menjatuhkan bom di Roma. Pada tanggal 25 Juli tahun itu, Raja Victor Emmanuel memberitahu Mussolini bahwa ia akan digantikan sebagai perdana menteri. Il Duce kemudian ditangkap dan dipenjarakan di berbagai tempat, ternyata dia dipenjara disebuah resor ski pegunungan terpencil dari mana pasukan Jerman menyelamatkannya satu setengah bulan kemudian. Dari September 1943 sampai April 1945, Mussolini memimpin pemerintahan boneka bentukan Jerman. Pada akhir perang, ia mencoba menyelinap melintasi perbatasan Swiss mengenakan mantel Jerman dan helm. Tapi sebuah partisan Italia mengenalinya dan berteriak, Mussolini dieksekusi hari berikutnya , Dan mayatnya digantung terbalik di sebuah lapangan Milan.

Berkas:Mussolini e Petacci a Piazzale Loreto, 1945.jpg

Mayat Mussolini dan empat orang fasis yang telah dieksekusi dan dipertontonkan di Piazzale Loreto, Milan, tahun 1945

Tidak ada komentar: