Jumat, 13 Januari 2017

TENTANG PENGINJIL PART TIME

Kita sering mendengar tentang adanya penginjil yang bekerja part time atau paruh waktu. Mungkin karena sebagian waktunya untuk bekerja di kantor, sehingga sisa waktunyalah yang dipergunakan untuk menginjil. Alasannya, oleh adanya pekerjaan itulah sehingga dia mempunyai penghasilan lebih untuk membiayai penginjilannya. Kalau tidak ada pekerjaan di kantor itu, maka dia tak memiliki biaya untuk memberitakan Injil. Dan dia berpikir lebih baik memberitakan Injil part time daripada tidak sama sekali.

Apa yang kita baca dari penginjil part time itu?

1. Pekerjaan TUHAN didanai dari pekerjaan duniawi.

Berarti duniawi lebih besar daripada TUHAN atau TUHAN terlalu miskin untuk membiayai program-programNYA. Dan karena penginjilan itu tergantung dari penghasilan kerjanya di kantor, maka jika suatu ketika dia pailit atau kena PHK maka pekerjaan penginjilannyapun akan dia hentikan.

Benarkah TUHAN tidak mampu membiayai program-programNYA?

>> Ketika TUHAN punya acara membawa bangsa Israel keluar meninggalkan negeri Mesir, apa yang dilakukan TUHAN untuk memberikan sangu perjalanan bangsa Israel?

Kel. 3:21Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa,

Kel. 12:36Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu.

>> Ketika TUHAN punya acara membangun Bait Suci di zaman raja Salomo, apa yang dilakukan TUHAN untuk membiayai pembangunan itu?

Sumbangan bahan-bahan bangunan datang dari negeri-negeri taklukan raja Salomo.

>> Apa yang diberikan TUHAN kepada raja Yosafat yang hidup benar di hadapanNYA?

2Taw. 17:5Oleh sebab itu TUHAN mengokohkan kerajaan yang ada di bawah kekuasaannya. Seluruh Yehuda memberikan persembahan kepada Yosafat, sehingga ia menjadi kaya dan sangat terhormat.

>> Siapa yang membuat Abraham, Ayub, Daud, Salomo, dan lain-lainnya kayaraya?

Kej. 24:35TUHAN sangat memberkati tuanku itu, sehingga ia telah menjadi kaya; TUHAN telah memberikan kepadanya kambing domba dan lembu sapi, emas dan perak, budak laki-laki dan perempuan, unta dan keledai.

>> Ketika nabi Elisa menyembuhkan penyakit kusta Naaman, berapakah sumbangan yang siap diberikan Naaman kepada nabi Elisa?

2Raj. 5:5Maka jawab raja Aram: "Baik, pergilah dan aku akan mengirim surat kepada raja Israel." Lalu pergilah Naaman dan membawa sebagai persembahan sepuluh talenta perak dan enam ribu syikal emas dan sepuluh potong pakaian.

Seandainya nabi Elisa mau menerima persembahan Naaman itu, maka inilah nilainya;

>> 10 talenta perak = 10 x 34.000 gram = 340.000 gram perak.

>> 6.000 syikal emas = 2 x 34.000 gram = 68.000 gram emas.

Silahkan anda hitung berapa milyar itu? Namun nabi Elisa menolak pemberian sebanyak itu.

>> Ketika rasul Petrus menuntut upah mengikut YESHUA, ELOHIM YESHUA menjanjikan upah 100 kali lipat UMR;

Mat. 19:29Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Jika UMR minimalnya Rp. 2 juta, maka TUHAN sanggup menggaji seorang penginjil sebesar Rp. 200 juta sebulan. Sayang rasul Petrus tak berani menagih janji TUHAN itu. Rasul Petrus rela hidup miskin daripada diupah sebesar itu.

2. TUHAN diberi sisaan;

Penginjil part time itu memberikan penghasilan sisa dan waktu sisanya untuk TUHAN. Maukah TUHAN diperlakukan seperti itu? Maukah TUHAN berbagi dengan Mamon[dewa uang]? Maukah TUHAN yang cemburu itu dijadikan "istri" kedua anda?

Ul. 6:5Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.

Mat. 6:24Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Kel. 34:14Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.

Jangan mengabdikan diri kepada siapapun di dunia ini; jangan menjadi hamba uang maupun hamba siapapun di dunia ini, tapi jadilah hamba TUHAN.

3. Keduniawiannya masih kuat;

Penginjil part time itu tidak mau kehilangan kenikmatan duniawinya, tidak siap menderita untuk TUHAN dan tak memiliki iman untuk menyerahkan hidupnya kepada TUHAN.

Yak. 4:4Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Luk. 14:33Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Rm. 14:23Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

Gal. 3:11Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman."

4. Penginjil yang benar itu siap miskin dan siap menderita;

Matius 5:3"Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

Matius 10:9

Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.
10:10Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

1Tim. 6:8Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.

Kis. 3:6Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!"

5. Ajarannya menjadi kosong;

Karena dia hanya pandai berteori, pandai memberitakan Injil tapi tidak pandai mempraktekkan apa yang dia ajarkan, maka ajarannya menjadi ajaran yang kosong yang mengandung dusta besar;

Luk. 11:46Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

6. Seorang penginjil harus hidup dari penginjilannya;

Entah cukup atau tidak cukup, entah hasil besar atau sedikit, seorang penginjil harus hidup dari penginjilannya;

Matius 10:10Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

1Kor. 9:14Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu.

Tidak ada komentar: