Senin, 10 April 2017

ANTARA RESMI DENGAN TAK RESMI

Arti resmi adalah sah, diakui oleh lembaga yang berwenang, sesuatu yang sudah umum atau lazim dan ada penandaannya. Sedangkan tak resmi berlaku kebalikannya, yaitu tidak diakui oleh lembaga yang berwenang, tidak umum dan tanpa penandaan.

>> Pemerintah adalah lembaga resmi dan sudah umum serta ditandai dengan stempel-stempel atau meterai. Tapi TUHAN itu relatif, tidak ada pengakuan secara umum dan tanpa tanda-tanda yang kelihatan. Tidak semua orang mempercayai dan mengakui keberadaan TUHAN. Tidak ada hukum-hukum TUHAN yang diikatkan secara mutlak ke dalam kehidupan kita, dan tidak ada umat TUHAN yang ditandai secara khusus oleh TUHAN yang menyatakan dia itu umat TUHAN.

>> Proses kelahiran manusia yang diakui secara umum adalah melalui rahim perempuan. Tapi TUHAN menciptakan manusia dari debu atau dilahirkan dari perempuan yang sudah mati haid.

>> Keimamatan keagamaan Yahudi sifatnya resmi karena berdasarkan keturunan suku Lewi. Tapi para nabi dan para rasul tak pernah melewati jalur resmi. Mereka dipilih TUHAN dari antara masyarakat biasa.

>> Para imam Lewi sebagaimana para pendeta tidak memerlukan tanda-tanda mukjizat atau ajaib sebagai tanda bahwa mereka itu berasal dari TUHAN. Yang mereka perlukan hanya selembar kertas yang memberikan keterangan bahwa mereka itu imam atau pendeta yang sah. Tapi para nabi dan para rasul yang tak memiliki surat kenabian atau kerasulan, mereka diperlengkapi oleh TUHAN dengan tanda-tanda mukjizat sebagai tanda bahwa mereka itu berasal dari TUHAN.

>> Seorang pecatur yang ingin mendapatkan pengakuan yang sah atas kepandaiannya, dia pasti akan masuk ke lembaga permainan catur. Tapi pemain catur "merdeka" yang tidak memerlukan pengakuan yang sah tidak merasa perlu memasuki lembaga percaturan. Pertanyaan: apakah pecatur yang tidak resmi itu kalah pandai dari mereka yang resmi?

>> Seorang petinju yang ingin mendapatkan pengakuan yang sah atas kepandaiannya, dia pasti akan masuk ke sasana tinju dan bertanding di atas ring tinju. Tapi apakah itu suatu jaminan bahwa dia seorang yang jago berkelahi?

>> Seorang yang ingin sukses di bidang musik pasti akan bersekolah musik dan dia akan mendapatkan ijasah. Tapi apakah seorang pengamen di jalanan tak ada yang bisa mengunggulinya?

>> Seorang yang ingin berilmu pasti akan bersekolah dan mendapatkan ijasah. Tapi sayangnya banyak sekali pengusaha yang meraih sukses bukan dari jalur sekolahan. Banyak pedagang gorengan kaki lima yang berpenghasilan lebih besar dari seorang manager.

>> Hukum dan kebenaran yang diakui secara umum adalah hukum dan kebenaran buatan pemerintah, bukan hukum dan kebenaran yang berasal dari TUHAN. Hukum dan kebenaran TUHAN dikaburkan ke dalam agama-agama; Islam, Hindu, Buddha, Kristen dan lain-lainnya. Hanya hukum dan kebenaran pemerintah saja yang mengikat semua orang dari agama mana saja. Patutkah hukum dan kebenaran TUHAN ditempatkan di bawah hukum dan kebenaran pemerintah?!

>> Agama yang diakui pemerintah adalah agama yang sah dan berkekuatan hukum. Apakah ajaran-ajaran yang di luar itu pasti merupakan agama yang liar?!

>> Kebenaran masa kini adalah kebenaran yang dikeluarkan oleh agama-agama dan yang dari mulut pendeta atau kiai. Maka dikemanakankah otoritas kitab suci yang disebut-sebut sebagai Firman TUHAN?!

Mat. 15:9Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."

Kita perlu berhati-hati dengan segala "yang kita dengar" bila itu bertentangan dengan apa "yang kita baca". Sebab apa yang kita dengar itu adalah perkataan manusia yang bisa salah. Tapi apa yang kita baca adalah kitab suci yang adalah Perkataan TUHAN kita yang tidak mungkin salah.

Kita perlu berhati-hati dengan segala yang kita anggap resmi, sebab TUHAN seringkali bekerja di luar jalur resmi.

>> Orang ber-KTP adalah penduduk resmi. Tapi tidak jarang orang ber-KTP yang berurusan dengan polisi dan dipenjarakan. Apakah saya yang tidak ber-KTP berarti maling?!

>> Anggota gereja adalah mereka yang memiliki "kartu anggota". Apakah itu berarti lebih baik daripada saya yang bukan anggota suatu gereja?!

Mat. 11:19Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

Yang ingin saya sampaikan adalah renungkan baik-baik tentang posisi resmi dan tidak resmi ini supaya "keresmian" jangan sampai anda jadikan pedoman yang mutlak yang meremehkan hal-hal yang tidak resmi. Sebab yang benar adalah siapapun yang berbicara sesuai dengan kitab suci itulah yang benar, sedangkan siapapun yang tidak berbicara sesuai dengan kitab suci maka itulah yang salah. Kitab sucilah pedoman kebenarannya, bukan siapa orangnya.

Yes. 8:20"Carilah pengajaran dan kesaksian!" Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.

Tidak ada komentar: