Kamis, 20 April 2017

NAMA ORANG YANG DIRUBAH-RUBAH

Aneh, nama orang, lebih-lebih lagi nama TUHAN koq bisa diubah-ubah seenak-enaknya sendiri. Bandingkan dengan nama nabi Islam: Muhammad, yang di mana-mana tempat di seluruh dunia masih tetap sama, seperti nama Adam, Musa, Harun, Nuh, Ayub, Yakub, Ishak, Ismael, Israel, Daud, Yusuf, dan beberapa lainnya yang sama/konsisten antara Alkitab dengan Al Qur'an. Tapi untuk nama Abraham di Al Qur'an menjadi Ibrahim, Elia menjadi Ilyas, Yehezkiel menjadi Zulkarnaen, dan lain-lainnya.

>> YESHUA[Ibrani] menjadi Iesus[Yunani], Yesus[Indonesia], Isa[Arab], Mabsosa[Korea], Phra yesū[Thailand], Yisu[India], dan lain-lain.

>> Saulus[Ibrani] menjadi Paulus[Yunani]

>> Kefas[Ibrani] menjadi Petrus[Yunani]

Padahal nama Rudyanto bisa dibuat dalam berbagai versi penulisan tapi tentang orang yang berbeda, seperti: Rudijanto, Rudianto, Ruddy Anto, Rudy anto, Rudi Yanto, dan seterusnya. Nah, pertanyaan saya, apakah nama-nama berbahasa Inggris bisa di Indonesiakan, seperti: Richard menjadi Ricat, George menjadi Jos, James menjadi Jim, Carlos menjadi Karlos, dan lain-lainnya? Bagaimana kalau diterjemahkan, seperti: Slamet menjadi Congratulations, Joko menjadi Youth, Urip menjadi Life, Soeharto menjadi Treasure, Sutrisno menjadi Love, Kefas menjadi Batu, Kristus menjadi Juruselamat, dan lain-lainnya?!

Bagaimana seandainya nama di KTP anda penulisannya salah? Anda diam atau minta dibetulkan?! Bagaimana perasaan anda jika istri anda keliru menuliskan nama anda, misalnya nama anda: Yeshua, tapi ditulis oleh istri anda: Isa, apakah anda tidak merasa cemburu, menuduh istri anda mempunyai selingkuhan yang bernama Isa?!

Mungkin anda akan berkilah: "Apalah artinya sebuah nama?" Ijinkan saya bertanya: Bagi siapa nama itu tidak perlu? Mungkin bagi kecoa, tikus, semut dan nyamuk, nama itu tidak perlu. Sebab setahu saya anjing dan kucing saja diberi nama yang indah-indah oleh pemiliknya. Padahal secara jenis, kecoa, tikus, semut, lalat dan nyamuk saja sudah termasuk penamaan. Kalau tidak demikian bagaimana anda menyebutkannya? Masak kecoa anda panggil: "Hei?!" Bagaimana anda menyebutkan berbagai-bagai spesies dari semut, seperti: semut merah, semut hitam, semut rangrang, dan lain-lainnya?! Atau, apakah anda orang yang tidak bernama?!

Jika ketemu orang yang anda kenal, apa yang anda sebutkan untuk menyapanya? Apakah orang bernama Yeshua akan anda sapa: Isa?! Apakah orang yang bernama Abraham Samad akan anda panggil Ibrahim Samad?! Dan jika ketemu orang yang baru anda kenal, apa yang anda anggap penting untuk ditanyakan? Nama atau hartanya; siapa nama anda atau berapa banyak harta anda?!

Jadi, setujukah anda jika YESHUA diganti menjadi Yesus atau Isa?!

Tidak ada komentar: