Senin, 01 Mei 2017

ALLAH

APAKAH ALLAH?

Alkitab mengambil dari bahasa Arab, dari kata: Al-Ilah; al - sesuatu, ilah - sesembahan. Jadi, Allah adalah sesuatu yang kita sembah, sehingga secara umum bisa termasuk patung-patung atau dewa-dewa. Untuk membedakan ALLAH kita dengan allah lain, kita tandai dengan huruf besar untuk ALLAH kita, huruf kecil untuk allah lain. Dan karena ALLAH mempunyai Firman atau perintah atau ajaran yang harus kita turuti, maka ALLAH disebut juga dengan TUHAN, yang artinya PEMIMPIN.

ALLAH adalah TUHAN = ALLAH adalah PEMIMPIN. Tapi pemimpin bukanlah allah. Pemimpin hanya untuk kita turuti, bukan untuk kita sembah. Karena itu pemimpin bukan allah, tapi allah sudah pasti pemimpin.

Struktur KEALLAHAN dalam Alkitab terdiri dari 2 ALLAH, yaitu BAPA dan ANAK ALLAH. BAPA menunjuk pada YAHWEH, sedangkan ANAK ALLAH menunjuk pada YESHUA ha MASHIA. ALLAH dan ANAK ALLAH adalah kepastian atau kebenaran Alkitab, sehingga YESHUA tak pernah disebutkan sebagai ALLAH.

>> ALLAH menunjuk pada YAHWEH

>> ANAK ALLAH menunjuk pada YESHUA ha MASHIA

Karena ANAK ALLAH diturunkan ke dunia untuk menjadi PEMIMPIN dan JURUSELAMAT dunia, maka YESHUA disebut TUHAN dan MESIAS.

Kis. 2:36Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Alkitab versi FAYH menuliskan: "Oleh karena itu, dengan tegas saya nyatakan kepada setiap orang di Israel bahwa Yesus, yang kalian salibkan, telah ditetapkan oleh Allah sebagai Tuhan dan Mesias!"

NAMA ALLAH;

Bagi Alkitab, ALLAH adalah gelar, bukan nama. Dalam kitab Tanakh yang berbahasa Ibrani, nama ALLAH disebutkan sebagai YHWH, dibaca: YAHWEH. Alkitab LAI Terjemahan Lama pernah menyebutkannya sebagai: "HUA" merupakan singkatan dari YAHWEH, sebanyak 314 kali;

Kel. 34:5Maka Tuhanpun turunlah dalam sebuah awan, lalu berdiri hampir dengan dia sambil Ia menyebut nama Hua.

Ul. 6:4Dengarlah olehmu, hai Israel! sesungguhnya Hua, Allah kita, Hua itu esa adanya.

Umat Katolik dan Protestan pasti tidak asing dengan judul-judul lagu ini:

>> "Selalu HU Gembalaku"

>> Firman HU berprintahlah sampai ke ujung dunia"

Sedangkan ucapan takbir kaum Muslim:

>> ALLAH HUA AKBAR

>> ALLAH SAW - SUBHANA HUWA TA'ALA

Alkitab LAI mengubah nama YAHWEH menjadi TUHAN, sedangkan Alkitab ILT - Indonesia Literatur Terjemahan, mengembalikan TUHAN menjadi YAHWEH kembali. Silahkan download di sini:

>> ALKITAB ILT PERJANJIAN LAMA
https://1drv.ms/u/s!Apx6uQTOjAYMgQkucRK1X6RRNwvf

>>  ALKITAB ILT PERJANJIAN BARU
https://1drv.ms/u/s!Apx6uQTOjAYMgQiHusoTH__RH-D8

Nama YESHUA mempunyai arti YAHWEH yang menyelamatkan, dengan kata lain YAHWEH menyelamatkan kita melalui ANAKNYA;

Why. 5:9Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Nama ALLAH: YAHWEH, artinya adalah ALLAH 12 suku Israel, untuk membedakan dari allah-allah yang lainnya, bahwa kita menyembah pada ALLAH Sesembahan bangsa Israel. Karena itu kalau "ALLAH" saja tidak jelas siapa yang kita sembah, sebab di dunia ini ada banyak allah. Masing-masing bangsa mempunyai allah sendiri-sendiri.

Kel. 3:6Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.

Abraham - Ishak, menunjuk ke bangsa Israel, tapi kalau Abraham - Ismael, menunjuk ke bangsa Arab, yang allahnya bernama: al Uza, al Latta dan al Mana.

PEKERJAAN ALLAH;

ALLAH YAHWEH menunjuk pada ALLAH PENCIPTA langit dan bumi, sebagaimana dituliskan dalam permulaan Alkitab;

Kejadian 1:1Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

Dan sebagai tanda penciptaan diambillah satu hari, hari ketujuh, sebagai hari perhentian;

Kejadian
2:1Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
2:2Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
2:3Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Hari itu, yaitu: Sabat, adalah hari yang menandai DIA berhenti menciptakan langit dan bumi. Dan sebagaimana namaNYA menempel pada bangsa Yahudi, demikianlah hari SabatNYA merupakan tanda khas bangsa Yahudi;

Ibrani
4:9Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
4:10Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Nama YAHWEH tidak bisa dipisahkan dari hari Sabat, justru memberikan petunjuk adanya hubungan antara YAHWEH dengan umatNYA. Anda menguduskan hari Sabat, itu tandanya anda umat YAHWEH.

Kel. 31:13"Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

TANDA TANGAN ALLAH:

Tanda pekerjaan tangan ALLAH atau tanda perbuatan ALLAH adalah AJAIB. Kalau tidak ajaib bukan pekerjaan ALLAH. Setiap pekerjaan bisa kita kenali dari ciri-cirinya; apakah itu kerajinan tangan atau pekerjaan mesin canggih, apakah yang mencuri barang kita itu maling amatir atau maling profesional, kita bisa tahu itu.

Why. 15:3Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!

MELIHAT ALLAH;

Tidak ada seorangpun yang sanggup melihat ALLAH, selain ANAKNYA;

Kel. 33:20Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."

Yohanes 1:18Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Melihat ALLAH melalui karya-karyaNYA;

Rm. 1:20Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.

Mzm. 19:1Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (19-2) Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;

Melihat ALLAH melalui YESHUA, sebab YESHUA adalah gambarNYA;

Yoh. 12:45dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

Ibrani 1:3Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

JUMLAH ALLAH;

ALLAH itu satu, YESHUA juga satu. Artinya masing-masing merupakan Pribadi sendiri-sendiri;

Ul. 6:4Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

1Tim. 2:5Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Kis. 4:12Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

1Yoh. 4:9Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.

Yang disebut ANAK ALLAH itu cuma satu saja.

PEKERJA ALLAH;

Pekerja ALLAH atau Pelaku dari semua pekerjaan ALLAH adalah YESHUA. Oleh YESHUA-lah ALLAH menciptakan alam semesta;

Ibrani 1:2maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Yohanes
1:1Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

KEADAAN ALLAH;

Yoh. 4:24Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

KARAKTER ALLAH;

1Yoh. 4:8Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

SEGALA PERKARA DISERAHKAN KEPADA YESHUA;

Ibrani 1:2maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Yoh. 16:15Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Mat. 11:27Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

KESAKSIAN ALLAH;

Di Perjanjian Lama, melalui nubuatan-nubuatan para nabi, ALLAH memberikan kesaksian tentang ELOHIM YESHUA;

Yoh. 5:37Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat,

Yoh. 1:45Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."

Yes. 42:1Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

Yesaya
9:6(9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
9:7(9-6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.
9:8(9-7) Tuhan telah melontarkan firman kepada Yakub, dan firman-Nya itu menimpa Israel.

ALLAH menjanjikan kepada Yakub, digenapi dalam bangsa Israel.

Kis. 3:25Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.

Kis. 2:36Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

HUKUM DASAR ALLAH;

Hukum dasar ALLAH adalah Sepuluh Hukum ALLAH, sedangkan penjabarannya adalah kitab Taurat nabi Musa;

Keluaran
20:1Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
20:2"Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
20:3Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
20:4Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
20:5Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
20:6tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
20:7Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
20:8Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
20:9enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
20:10tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
20:11Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
20:12Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
20:13Jangan membunuh.
20:14Jangan berzinah.
20:15Jangan mencuri.
20:16Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
20:17Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."

Itulah hukum-hukum yang ditulis oleh jari ALLAH sendiri ke dalam 2 loh batu;

Kel. 32:16Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu.

Hukum-hukum itu dilestarikan, disimpan ke dalam sebuah Tabut Perjanjian, dan Tabut Perjanjian itu disimpan di sorga;

Wahyu 11:19Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.

RINGKASAN SEPULUH HUKUM;

Matius
22:37Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."


PERWAKILAN ALLAH;

Perwakilan ALLAH adalah ROH KUDUS yang dikaruniakan kepada setiap orang percaya;

Yohanes
16:13Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

Tidak ada komentar: