Jumat, 05 Mei 2017

ANAK ALLAH

Ajaran trinitas mempunyai istilah: "ALLAH ANAK", sedangkan Alkitab mengajarkan: "ANAK ALLAH". Apa beda "ALLAH ANAK" dengan "ANAK ALLAH?"

"ALLAH" adalah jenis Makhluk, seperti binatang, manusia, malaikat, lalu ALLAH - SANG PENCIPTA. Karena itu jika disebut "ALLAH ANAK" menyatakan adanya Makhluk ALLAH yang anak-anak atau ALLAH ketika masih muda. "ALLAH ROH KUDUS" menyatakan adanya Makhluk ALLAH yang ROH KUDUS. "ALLAH BAPA" menyatakan adanya Makhluk ALLAH yang tua, yang bapak-bapak, mungkin kakek-kakek. Begitulah nalar manusia, ALLAH itu berproses seperti manusia, bayi, anak-anak, bapak-bapak.

Berbeda sekali dengan ajaran Alkitab. Saya mulai dari "ALLAH BAPA". Di Alkitab memang banyak kita temui kata-kata: "ALLAH BAPA", tapi seperti apakah kata-katanya?

Rm. 1:7 Kepada kamu sekalian yang tinggal di Roma, yang dikasihi Allah, yang dipanggil dan dijadikan orang-orang kudus: Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus.

Rm. 15:6               sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.

1Kor. 1:3              Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

1Kor. 8:6              namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

2Kor. 1:2              Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

2Kor. 1:3              Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan,

2Kor. 11:31          Allah, yaitu Bapa dari Yesus, Tuhan kita, yang terpuji sampai selama-lamanya, tahu, bahwa aku tidak berdusta.

2Yoh. 1:3              Kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari Yesus Kristus, Anak Bapa, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih.

Jadi, jelas sekali bahwa "ALLAH BAPA" selalu dikasih tanda koma[,] > ALLAH, BAPA ....... yang mengartikan bahwa ALLAH adalah BAPA, BAPA-nya TUHAN YESHUA.

Sedangkan pengertian "ANAK ALLAH" adalah ANAK-nya ALLAH, yaitu semua ciptaan ALLAH. Baik, gunung, langit, bumi, laut, ikan-ikan, burung-burung, binatang-binatang, malaikat dan manusia, semua bisa disebut sebagai anak ALLAH. Sebab sebagaimana ayah kita adalah "pencipta" kita sehingga kita disebut sebagai anak-anaknya, demikianlah semua yang diciptakan ALLAH disebut anak-anak ALLAH. Jadi, ANAK ALLAH tidak harus berjenis ALLAH. Kitapun disebut anak ALLAH;

1Yoh. 3:1              Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.

Dan YESHUA ha MASHIA itu disebut ANAK yang sulung, sedangkan kita saudara-saudaraNYA;

Kol. 1:15               Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

Kol. 1:18               Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

Ibr. 1:6  Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."

Ibrani 2:11        Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,
2:12        kata-Nya: "Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat,"

Sebutan "ANAK ALLAH" untuk YESHUA adalah untuk menunjukkan asal-usulNYA, bahwa DIA berasal dari sorga, sedangkan ketika lahir ke dunia disebut: ANAK MANUSIA. Atau dengan kata lain bahwa ANAK MANUSIA itu sesungguhnya adalah ANAK ALLAH. YESHUA adalah ANAK ALLAH yang menjelma menjadi ANAK MANUSIA. ANAK ALLAH itu bernama: FIRMAN ALLAH, sedangkan ANAK MANUSIA-nya bernama: YESHUA ha MASHIA.

>> ANAK ALLAH - FIRMAN ALLAH

>> ANAK MANUSIA - YESHUA ha MASHIA

Konsep MANUSIA ALLAH, yaitu Perantara antara ALLAH dengan MANUSIA itu sudah diperkenalkan kepada Yakub;

Kejadian 32:27     Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub."
32:28     Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."
32:29     Bertanyalah Yakub: "Katakanlah juga namamu." Tetapi sahutnya: "Mengapa engkau menanyakan namaku?" Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.
32:30     Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: "Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!"

Itulah penampakan YESHUA ha MASHIA, 2.000 tahun sebelum dilahirkan ke dunia.

Yoh. 8:23              Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Sebelum Abraham dilahirkan YESHUA sudah ada;

Yoh. 8:58              Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Bahkan sebelum dunia dijadikan DIA sudah ada;

Yohanes 17:5        Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

DIA ada di pangkuan BAPA;

Yoh. 1:18              Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

NamaNYA: FIRMAN ALLAH;

Why. 19:13          Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."

Yohanes 1:1          Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2          Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3          Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

FIRMAN itu menjadi Manusia;

Luk. 1:35              Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Yohanes 1:14        Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

YESHUA adalah MESIAS yang dijanjikan, dan MESIAS itu adalah ANAK ALLAH;

Mat. 16:16           Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Pengakuan ALLAH;

Mat. 3:17             lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Kesaksian Yohanes Pembaptis;

Yoh. 1:34              Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

KEANAKALLAHAN itu diuji oleh iblis di padang gurun;

Matius 4:3          Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."

Pengakuan YESHUA sendiri;

Yoh. 10:36           masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Pengakuan orang-orang;

Matius 14:33     Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah."

Pengakuan iblis;

Matius 8:28        Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu.
8:29        Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"

Pengakuan prajurit Romawi;

Mat. 27:54           Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata: "Sungguh, Ia ini adalah Anak Allah."

Kesaksian Yohanes;

Yohanes 20:30     Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
20:31     tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Pembuktian secara Taurat oleh rasul Paulus;

Kis. 9:22                Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias.

Tidak ada komentar: