Selasa, 02 Mei 2017

APA BEDA GEMBALA DENGAN PENDETA? - 3

3. RASUL PAULUS MENDIRIKAN JEMAAT NON YAHUDI

Rasul Paulus dibaptis oleh Ananias;

Kisah
9:17Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus."
9:18Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.
9:19Dan setelah ia makan, pulihlah kekuatannya. (9-19b) Saulus tinggal beberapa hari bersama-sama dengan murid-murid di Damsyik.

Sebagai ahli Taurat didikan Gamaliel dan oleh terang ROH KUDUS, maka dalam beberapa hari saja berkumpul dengan para rasul, rasul Paulus sudah bisa memahami peranan YESHUA ha MASHIA yang di Perjanjian Lama dilakonkan oleh kambing domba. Dia tinggal menterjemahkan segala ritual-ritual Bait Suci ke dalam Diri YESHUA ha MASHIA, maka ketemulah dia dengan kesempurnaan kebenaran Taurat. Kini dia memegang kunci kebenaran. Karena itu semangatnya menggebu-gebu untuk sesegera mungkin bisa menyampaikan kabar temuannya itu kepada semua orang;

Kisah
9:20Ketika itu juga ia memberitakan Yesus di rumah-rumah ibadat, dan mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah.
9:21Semua orang yang mendengar hal itu heran dan berkata: "Bukankah dia ini yang di Yerusalem mau membinasakan barangsiapa yang memanggil nama Yesus ini? Dan bukankah ia datang ke sini dengan maksud untuk menangkap dan membawa mereka ke hadapan imam-imam kepala?"
9:22Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan ia membingungkan orang-orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena ia membuktikan, bahwa Yesus adalah Mesias.

Semua orang heran dengan perubahan drastis rasul Paulus, "serupa dengan seandainya" habib Rizieq Shihab, pentolan FPI yang anti Kristen itu masuk Kristen. Pasti masyarakat Indonesia gempar. Akhirnya terjadi kesepakatan dengan ke-12 rasul yang tinggal di Yerusalem, mereka berbagi tugas, ke-12 rasul melayani orang-orang Yahudi sedangkan rasul Paulus melayani bangsa-bangsa lain.

Gal. 2:9Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;

Pemberitaan Yohanes Pembaptis telah menciptakan jemaat-jemaat di berbagai kota yang dikenal sebagai murid-murid Yohanes Pembaptis. Mereka ini belum masuk Kristen, belum menjadi pengikut YESHUA ha MASHIA, tapi oleh ajaran Yohanes Pembaptis yang memperkenalkan YESHUA sebagai MESIAS yang dijanjikan, mereka adalah orang-orang yang sangat siap masuk Kristen. Hal mana pelayanan Yohanes Pembaptis memang mempersiapkan jalan bagi YESHUA ha MASHIA;

Mat. 11:10Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.

Apa yang diajarkan oleh Yohanes Pembaptis?

Mat. 3:11Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Yohanes
1:29Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
1:30Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
1:31Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
1:32Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
1:34Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."
1:35Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.
1:36Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"
1:37Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.

Apolos adalah salah seorang murid Yohanes Pembaptis;

Kisah
18:24Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci.
18:25Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.
18:26Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah.

Di Efesus, rasul Paulus bertemu dengan murid-murid Yohanes Pembaptis;

Kisah
19:1Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.
19:2Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."
19:3Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."
19:4Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."
19:5Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
19:6Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.
19:7Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.

Murid-murid Yohanes Pembaptis itulah yang merupakan pintu masuk rasul Paulus untuk mengajar di sinagoga-sinagoga;

Kisah 19:8Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah.

Akwila adalah orang Yahudi. Karena seprofesi dengan rasul Paulus sebagai tukang kemah, maka rasul Paulus bisa tinggal di rumahnya dan mengajar di sinagoga;

Kisah
18:1Kemudian Paulus meninggalkan Atena, lalu pergi ke Korintus.
18:2Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Ia baru datang dari Italia dengan Priskila, isterinya, karena kaisar Klaudius telah memerintahkan, supaya semua orang Yahudi meninggalkan Roma. Paulus singgah ke rumah mereka.
18:3Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah.
18:4Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.

Ketika rasul Paulus diusir dari kota itu, ia bertemu dengan orang Yahudi yang saleh, yang kebetulan rumahnya berdampingan dengan sinagoga;

Kisah
18:7Maka keluarlah ia dari situ, lalu datang ke rumah seorang bernama Titius Yustus, yang beribadah kepada Allah, dan yang rumahnya berdampingan dengan rumah ibadat.
18:8Tetapi Krispus, kepala rumah ibadat itu, menjadi percaya kepada Tuhan bersama-sama dengan seisi rumahnya, dan banyak dari orang-orang Korintus, yang mendengarkan pemberitaan Paulus, menjadi percaya dan memberi diri mereka dibaptis.
18:9Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!
18:10Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorangpun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini."
18:11Maka tinggallah Paulus di situ selama satu tahun enam bulan dan ia mengajarkan firman Allah di tengah-tengah mereka.

Rasul Paulus bertukar pikiran dengan orang-orang Yunani di ruang kuliah Tiranus;

Kisah
19:9Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus.
19:10Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.
19:11Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa,
19:12bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Rupanya ajaran penginjilan ELOHIM YESHUA yang dipraktekkan oleh rasul Paulus ketika dia dalam perjalanan perantauannya. Masuk suatu kota, tinggal di rumah orang yang layak, artinya orang yang saleh, yang baik hatinya sampai terjadi masalah di kota itu;

Matius
10:7Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.
10:8Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
10:9Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.
10:10Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.
10:11Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.
10:12Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka.
10:13Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.
10:14Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.
10:15Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu."

Kalau di zaman ini sudah saya praktekkan melalui internet. Antara tahun 2008 - 2014 saya beroperasi di Yahoogroups.com, itulah kota-kota atau grup-grup yang saya kunjungi sampai saya diblokir oleh grup itu, bahkan di tahun 2014 akun saya di-hacker sehingga akhirnya Yahoogroups.com saya tinggalkan total. Lalu saya beralih ke Twitter dan Facebook, sampai Facebook mengenakan persyaratan verifikasi nomor HP, maka saya akhiri operasi saya di Facebook. Kini saya mulai aktifkan Twitter dan "bloghakekatku". Di Twitter saya memakai nama Simon Kefas -
@S1monK3fas.

Sebagai orang bodoh kelas gembala kambing, saya merasakan dan menikmati sekali peranan kuasa ELOHIM YAHWEH, sehingga dalam kekolotan saya sebagai orang 55 tahunan yang gagap teknologi internet, saya bisa melanglang buana di dunia maya ini, berhadapan dengan anda, seperti Daud dengan Goliat, atau nabi Musa dengan Firaun, atau ELOHIM YESHUA dengan Sanhedrin - Mahkamah agama Yahudi. TUHAN menerbangkan saya dalam kemenangan;

Yesaya
58:11TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.
58:12Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni".
58:13Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus TUHAN "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong,
58:14maka engkau akan bersenang-senang karena TUHAN, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya.

Saya bekerja bukan dengan surat tugas dari dunia, seperti para pendeta yang ditugaskan oleh organisasinya, tapi dengan Firman ELOHIM YESHUA sendiri;

Matius
28:19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Kalau pendeta ditanya: "Atas dasar apa anda menyebut diri anda pendeta?" Pendeta itu pasti akan membuktikan dengan menunjukkan ijasahnya. Tidak mungkin pendeta itu akan menggunakan Alkitab. Tapi jika saya yang ditanyai orang: "Atas dasar apa anda menyebut diri anda penginjil?" Saya pasti akan menunjukkan Firman TUHAN di atas;

Roma
10:13Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.
10:14Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?
10:15Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"

Dan kalau pendeta ditanya oleh majelis gereja di tempat ia ditugaskan: "Siapa yang menugaskanmu menjadi pendeta di sini?" Pendeta itu pasti akan menunjukkan surat tugas yang dibuat oleh atasannya. Tidak mungkin yang disebut atasan pendeta itu TUHAN, tapi pak Stefanus atau pak Yonathan, ketua sinode. Pak pendeta itu utusan sesamanya, bukan utusan TUHAN. Tapi jika saya yang ditanyai orang: "Ini grup jual-beli burung, bukan grup keagamaan. Mengapa kamu masuk ke grup ini dan membicarakan keagamaan?" Maka saya akan menjawab;

Mrk. 16:15Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Asal di grup itu ada manusianya, bukan burung perkutut, maka saya diwajibkan oleh TUHAN saya untuk memberitakan Injil ke situ.

Apa yang saya kemukakan di atas adalah nyata, bukan mengada-ada, bahwa para pendeta itu sangat bergantung dari kertas-kertas tulisan atasannya, yang adalah manusia biasa. Mereka tergantung sekali dengan ijasah dan surat tugas. Tapi saya yang tak memiliki semuanya itu, saya mempertaruhkan nyawa untuk menerobos rintangan-rintangan itu dengan mengandalkan TUHAN sepenuhnya.

Istilah "pendeta" yang berasal dari bahasa Sansekerta: "pandita" kedudukannya disetarakan dengan "pastur" yang dari bahasa Latin: "pastor", yang artinya gembala. Lupakanlah semua itu, yang jelas bahasa Indonesia mempunyai kesemuanya itu; pendeta, pastur dan gembala. Itu semua bahasa Indonesia. Tapi "pendeta" secara resmi dipakai untuk gelar kepala jemaat gereja Kristen, "pastur" secara resmi dipakai untuk sebutan imam-imam Roma Katolik, sedangkan "gembala" dipakai oleh Alkitab.

>> Pendeta - gereja Kristen[kawin]

>> Pastur - gereja Katolik[tidak kawin]

>> Gembala - Alkitab[kawin/tidak kawin, urusilah domba-dombamu - Yohanes 21:17]

Kita orang Indonesia, bukan orang Romawi yang menggunakan bahasa Latin. Alkitab LAI sumbernya adalah Tanakh yang berbahasa Ibrani, bukan Alkitab bahasa Latin. Bahasa Ibraninya gembala adalah "Ra'ah". Dari "Ra'ah" oleh LAI diterjemahkan sebagai gembala, bukan sebagai pastur. Kalau orang berbahasa Latin barulah dia akan menterjemahkan "Ra'ah" sebagai "pastor".

Semua orang Indonesia membayangkan pendeta adalah milik Kristen, pastur milik Katolik, sedangkan gembala adalah orang-orang lugu yang sederhana. Hanya baru akhir-akhir ini saja saya mendengar ada pendeta gereja Advent yang dipanggil pastur. Tapi coba cek ijasahnya berbunyi pastur atau pendeta?! Saya kuatir itu merupakan usaha licin untuk mempertemukan pendeta dengan gembala, supaya tampak Alkitabiah dan tidak mengundang pertanyaan.

Mzm. 23:1Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

ELOHIM YAHWEH adalah GEMBALA, bukan pendeta dan bukan pastur.

Yohanes 10:11Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

ELOHIM YESHUA juga adalah GEMBALA, bukan pendeta dan bukan pastur.

Hasil gambar untuk gambar pastur


Hasil gambar untuk gambar pendeta


Hasil gambar untuk gambar gembala


Tidak ada komentar: