Kamis, 11 Mei 2017

MUHAMMAD MENYUCIKAN HARI SABAT?

Apakah nabi Muhammad mengikuti syariat nabi-nabi terdahulu, seperti Musa, ISA dan para rasul yang menyucikan hari Sabat? Mari kita lihat dan buktikan bahwa ini bukan isu atau berita hoax; sebab Al Qur'an bukan kitab hoax, 'kan?!

QS. 45:18   Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama itu), maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.

QS. 2:65-66   Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera yang hina". Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang dimasa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

QS. 4:47    Hai orang-orang yang telah diberi Al Kitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (Al Qur'an) yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu sebelum Kami mengubah muka (mu), lalu Kami putarkan ke belakang atau Kami kutuki mereka sebagaimana Kami telah mengutuki orang-orang (yang berbuat ma'siat) pada hari Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku.

QS. 4:154   Dan telah Kami angkat ke atas (kepala) mereka bukit Thursina untuk (menerima) perjanjian (yang telah Kami ambil dari) mereka. Dan kami perintahkan kepada mereka : "Masuklah pintu gerbang itu sambil bersujud", dan Kami perintahkan (pula) kepada mereka : "Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai hari Sabtu", dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang kokoh.

QS. 16:124   Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang (Yahudi) yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.

Apakah nabi Muhammad merubah peribadatan hari Sabtu ke hari Jum'at? Tidak pernah! Sebab "Jum'at" bukanlah nama hari, melainkan berarti jemaat atau jemaah atau kumpulan. Nama hari yang benar untuk hari Jum'at adalah "SITTAH", yang artinya hari yang keenam. Sebab nama-nama hari dalam bahasa Arab, sama seperti dalam bahasa Ibrani, didasarkan pada urutan angkanya;

Hari ke-1: Minggu - Ahad     - yom Rishon

Hari ke-2: Senin    - Itsnain    - yom Sheni

Hari ke-3: Selasa   - Tsalatsah - yom Sh'lishi

Hari ke-4: Rabu     - Arba’ah   - yom Revi'i

Hari ke-5: Kamis   - Khamsah  - yom Chamishi

Hari ke-6: Jum’at   - Sittah        - yom Shishi  [Sittah, bukan Jum'at]


Hari ke-7: Sabtu     - Sabtu        - yom Shabbat

Di dalam “SEJARAH MUHAMMAD” dikisahkan bahwa “Tanggal 24 September 622 Tarikh Masehi

untuk pertama kalinya nabi bersembahyang Jum’at. Dan sejak itu kota Yatsrib berubah nama menjadi Medinah [Madinatun Nabiy= Kota Nabi].”

Apakah itu berarti nabi Muhammad bersembahyang di hari Jum'at? Bagaimana kalau kata-kata "Jum'at" saya ganti dengan: "berjemaah?" - "Untuk pertama kalinya nabi bersembahyang berjemaah". Jika demikian, kapankah orang bisa berkumpul jika bukan di hari libur?

QS. 62:9   Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Bagaimana kalau kata-kata: "shalat Jum'at" saya ganti menjadi: "Shalat berjamaah?" - "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat berjamaah, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Hari apa yang ALLAH perintahkan supaya kita meninggalkan pekerjaan kita?

Keluaran 20:8        Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
20:9        enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
20:10     tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
20:11     Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Muhammad mengikuti ajaran rasul Paulus;

Ibrani 4:4          Sebab tentang hari ketujuh pernah dikatakan di dalam suatu nas: "Dan Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaan-Nya."

Ibrani 4:9          Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
4:10        Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.
4:11        Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorangpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.

Tidak ada komentar: