Rabu, 03 Mei 2017

TUHAN

Di Alkitab terbitan LAI - Lembaga Alkitab Indonesia, jika anda menjumpai kata-kata: TUHAN[huruf besar semuanya], itu adalah pengganti dari nama ALLAH: YHWH/YAHWEH. Karena itu jika anda menyukai keaslian dan kemurnian Firman TUHAN, setiap kali menjumpai kata-kata: TUHAN, bacalah: YAHWEH. Itulah kebenaran, sebab LAI adalah lembaga terjemahan, sehingga harusnya melakukan terjemahan saja, bukan mengotak-atik teks aslinya.

Bangsa Yahudi, setelah masa pembuangan ke Babel, ketika menjumpai nama TUHAN: YHWH, mereka tidak berani membacanya: YAHWEH, melainkan dibacanya: ADONAI, artinya: TUHAN. Kenapa terjadi perubahan pada bangsa Yahudi? Sebab komposisi mereka juga berubah, mereka yang tadinya berjumlah 12 suku, kini tinggal 2 suku saja, yakni: Yehuda dan Benyamin. Yang 10 suku diceraiberaikan oleh ELOHIM YAHWEH ke seluruh dunia. Karena itu mereka yang 2 suku itu tidak berani lagi memanggil YAHWEH, menggantinya dengan ADONAI[Ibrani], KURIOS[Yunani], LORD[Inggris], TUHAN[Indonesia], ALLAH[Arab], GUSTI[Jawa/Sunda], HYANG[Bali]. Tapi mereka tak pernah berbuat seperti LAI, yaitu mengotak-atik teks Alkitabnya. Dalam teks Alkitab Ibrani masih tetap dituliskan: YHWH, sebagaimana aslinya.

1Raja-raja 18:31     Kemudian Elia mengambil dua belas batu, menurut jumlah suku keturunan Yakub. --Kepada Yakub ini telah datang firman TUHAN: "Engkau akan bernama Israel." --
18:32     Ia mendirikan batu-batu itu menjadi mezbah demi nama TUHAN dan membuat suatu parit sekeliling mezbah itu yang dapat memuat dua sukat benih.

Israel menunjuk ke 12 suku sebagaimana ke-12 murid ELOHIM YESHUA;

Mat. 15:24           Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

Jadi, alasan bangsa Yahudi membaca YHWH sebagai ADONAI adalah karena jumlah mereka tidak lengkap, sebab YAHWEH bukan milik mereka saja. Tapi bagi bangsa-bangsa lain yang menyembah padaNYA, perlu memanggilnya: YAHWEH, sebab menunjukkan tujuan iman kita kepada ELOHIM Israel, dan Israel itu adalah bangsa yang terdiri dari 12 suku.

Baik ADONAI, KURIOS, LORD, TUHAN dan GUSTI, itu semua berasal dari kata: TUAN atau Pemimpin atau Majikan atau Boss. Untuk membedakan antara boss duniawi dengan Boss rohani, maka di tengahnya dikasih sisipan: "H", sehingga menjadi: "TUHAN".

>> Bahasa Inggris: "lord" huruf kecil untuk tuan, "LORD" huruf besar untuk TUHAN.

Dalam bahasa Jawa, Gusti dipakai untuk gelar bangsawan. Misalnya: Gusti Kanjeng Ratu, Gusti Raden Ajeng, Gusti Raden Ayu, dan lain-lainnya. Demikian pula untuk Yesus: Gusti Yesus, Gusti Allah. Jadi, Tuhan dengan tuan itu sama, artinya adalah pimpinan.

Mzm. 23:1           Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

YAHWEH adalah Gembalaku - YAHWEH adalah Pemimpinku.

Ul. 29:5 Empat puluh tahun lamanya Aku memimpin kamu berjalan melalui padang gurun; pakaianmu tidak menjadi rusak di tubuhmu, dan kasutmu tidak menjadi rusak di kakimu.

YAHWEH memimpin bangsa Israel di padang gurun.

Kis. 3:26                Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu."

YESHUA memimpin kita pada pertobatan.

Ibr. 12:2                Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Kis. 3:15                Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi.

Kis. 5:31                Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.

Jadi, YAHWEH adalah TUHANNYA YESHUA, YESHUA adalah TUHAN kita[laki-laki], laki-laki tuhannya perempuan, sebagaimana ayat ini;

1Kor. 11:3            Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Dalam Alkitab, Sara-lah, istri yang menyebut suaminya dengan sebutan: "tuan";

Kej. 18:12            Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?"

Raja Daud, dalam terang ROH KUDUS, tersirat menyebut YESHUA sebagai "TUAN"-nya;

Mzm. 110:1         Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu."

Tentang hal itu ELOHIM YESHUA memberikan pertanyaan kepada orang-orang Farisi yang memusuhiNYA;

Matius 22:42     "Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud."
22:43     Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:
22:44     Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.
22:45     Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"
22:46     Tidak ada seorangpun yang dapat menjawab-Nya, dan sejak hari itu tidak ada seorangpun juga yang berani menanyakan sesuatu kepada-Nya.

Kata orang, MESIAS itu anaknya Daud. Padahal Daud menyebutNYA; "TUAN"-ku. MESIAS yang lahir 1.000 tahun kemudian itu disebut oleh Daud sebagai Pemimpinnya. "Demikianlah Firman YAHWEH kepada TUHAN-ku: Duduklah di sebelah kananKU, sampai KUbuat musuh-musuhmu[YESHUA] menjadi tumpuan kaki YESHUA." Bagaimana menerangkan kalimat yang aneh itu?

Yoh. 8:58              Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Yoh. 17:5              Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Amsal 8:22        TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
8:23        Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.
8:24        Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.

Sebab YESHUA itu sudah ada sebelum dunia dijadikan. Karena itu YESHUA adalah TUHAN, ANAK YAHWEH, sejak semula, sehingga tidak aneh jika Daud menyebutNYA: TUHAN. TUHAN yang bernama: FIRMAN itu baru turun ke dunia, 1.000 tahun setelah zaman raja Daud;

Yohanes 1:1          Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2          Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.

DIA-lah yang diajak YAHWEH menciptakan Adam dan Hawa;

Kej. 1:26               Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Kej. 3:22               Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

Gal. 4:4 Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.

Setelah waktunya untuk turun ke dunia, maka FIRMAN itu menjelma menjadi Manusia, dan bernama: YESHUA ha MASHIA;

Yohanes 1:14        Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Itulah sebabnya YESHUA disebut: IMANUEL, yang artinya YAHWEH menyertai kita;

Mat. 1:23             "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita.

ELOHIM YAHWEH yang tidak nampak menampakkan DiriNYA ke dalam ANAKNYA;

Kol. 1:19               Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

Yoh. 12:45           dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

"TUHAN adalah Gembalaku", kata Mazmur Daud. Gembala adalah pemimpinnya domba-domba. Siapakah domba-domba itu?

Mzm. 95:7           Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya!

Mzm. 100:3         Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.

Salah satu sebab mengapa para pendeta tidak menyebutkan dirinya sebagai gembala, melainkan: pendeta, adalah oleh sebab ELOHIM YESHUA telah menubuatkan mereka sebagai gembala-gembala upahan; - pendeta bayaran;

Yohanes 10:1        Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;
10:2        tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba.

Para pendeta itu tidak melalui pintu, melainkan memanjat tembok, merampok jemaat JALAN TUHAN. Kehadiran gereja Roma Katolik membuat jemaat JALAN TUHAN kocar-kacir, hidup di hutan-hutan. Mereka diburu dan dianiaya, dipaksa masuk gereja Katolik;

Kis. 8:1  Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (8-1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria.

Kis. 11:19             Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia; namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja.

Daniel 7:25        Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Ibr. 11:38             Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung.

Why. 12:6            Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.

Yang dimaksud "perempuan" adalah jemaat. Bahwa selama kurun waktu 1.260 tahun[538 - 1798 Tarikh Masehi], jemaat JALAN TUHAN mengalami penganiayaan hebat oleh Roma Katolik, dan paus yang sekarang ini; paus Fransiskus telah mengakui peristiwa itu dan telah meminta maaf.

Dari Roma Katolik, Martin Luther, memisahkan diri tahun 1517 Tarikh Masehi, maka jadilah gereja-gereja Protestan, Pantekosta, dan lain-lainnya seperti sekarang ini. Semula kita pikir itu baik, tapi nyatanya sama saja, demikian emaknya, demikian pula anaknya;

Why. 17:5            Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."

Babel - Roma Katolik itu adalah ibu dari gereja-gereja murtad[pelacur-pelacur] dan merupakan kekejian bagi ELOHIM YAHWEH. Para pendetanya adalah gembala upahan;

Yohanes 10:11     Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;
10:12     sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.
10:13     Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.

Itu sebabnya istilah gembala dibelokkan ke pastur, bahasa Latin, lalu dipersamakan dengan pendeta, dengan maksud menyamar, mengelabuhi umatnya.

Yer. 6:14               Mereka mengobati luka umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.

Karena itu jika umat Kristen, penganut paham trinitas mempersamakan TUHAN dengan ALLAH, sama seperti pemahaman kaum Muslim, jelas itu tidak seperti Alkitab, bukan kebenaran yang harus kita ikuti. Yang Alkitabiah; TUHAN itu PEMIMPIN, bukan ALLAH. Tapi ALLAH sekaligus merupakan TUHAN. YESHUA ha MASHIA bukan ALLAH, melainkan ANAK ALLAH, TUHAN/PEMIMPIN kita. Sedangkan YAHWEH adalah BAPANYA YESHUA, disebut juga ALLAH atau ELOHIM atau TUHAN.

Bahasa Inggris; god = ilah, GOD = ALLAH, lord = tuan, LORD = TUHAN. YAHWEH itu GOD dan LORD, sedangkan YESHUA itu SON of GOD atau LORD.

Tidak ada komentar: