Selasa, 08 Agustus 2017

KALAU DIA TAK BERDAYA, YA TOLONGLAH

Ada kalanya seorang boss itu duduk ongkang-ongkang santai di kursi direkturnya, tinggal main perintah pada karyawannya. Tapi manakala dilihatnya anak buahnya sedang mengalami kesulitan mengerjakan pekerjaannya, adalah tugas si boss untuk mengatasi kesulitan itu. Itu istilahnya "turun tangan". Jika urusannya dengan permesinan, tak jarang tangan dan pakaian bersih si boss menjadi kotor oleh sebab terkena olie atau minyak mesin.

Secara umum yang berlaku bagi kita semua adalah jika kita melihat ada korban kecelakaan yang terkapar di tengah jalan tak berdaya, kita wajib memberikan pertolongan, sekalipun kita harus mengorbankan waktu, tenaga, pakaian kotor kena darah, bahkan hingga membawanya ke rumahsakit. Melakukan pekerjaan menolong sesama adalah suatu perbuatan yang sangat terpuji. Itulah sebabnya kita memuji sang penolong tersebut.

Dari sejak Adam jatuh ke dalam dosa hingga ke zaman Abraham ada 2.000 tahun. Selama 2.000 tahun itulah ELOHIM YAHWEH membiarkan manusia berada dalam kebebasannya, tanpa campur tangan TUHAN, tanpa peraturan-peraturan TUHAN. Tak ada agama yang berasal dari ELOHIM YAHWEH yang mengikat manusia. Tapi apakah yang dilihat TUHAN tentang perkembangan manusia itu?

Kejadian
6:5Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,
6:6maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
6:7Berfirmanlah TUHAN: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka."

Kacau! Manusia tanpa peraturan, tanpa hukum, kacau jadinya. TUHAN kecewa mendapati manusia yang tidak mengenakan akal budinya, tidak tahu mana yang baik dengan mana yang jahat. Sia-sia diberi akal budi, seperti sia-sianya mobil diberi mesin tapi masih harus didorong kayak mobil mainan.

Dari sini ELOHIM YAHWEH masuk ke fase yang kedua, yaitu menertibkan manusia dengan hukum-hukumNYA. Dibuatlah perencanaan untuk membuat suatu bangsa yang sama sekali baru, yang bukan keturunan Adam dan Hawa, melainkan suatu bangsa yang benihnya berasal dari ELOHIM YAHWEH, sehingga mereka disebut anak-anak ELOHIM YAHWEH. Itulah bangsa Israel yang dilahirkan dari Abraham yang sudah tua, sedangkan istrinya sudah mati haid, itulah Ishak. Ishak adalah Adam ke-2, ciptaan baru.

Dari Abraham ke ELOHIM YESHUA ada 2.000 tahun. Selama itulah bangsa Israel diuji dengan hukum Taurat. Mereka dididik secara keras selama 40 tahun di padang gurun. Hukuman dan pahala diberlakukan atas mereka. Jika mereka baik, ELOHIM YAHWEH memberkati mereka. Tapi jika mereka jahat, ELOHIM YAHWEH menghukum mereka. Dan selama kurun 2.000 tahun itu ELOHIM YAHWEH tak jemu-jemunya mengutus para nabiNYA untuk memperingatkan mereka. Tapi seperti apakah hasilnya?

Yesaya
5:1Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun anggurnya: Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur.
5:2Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam.
5:3Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu.
5:4Apatah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam?

2Tawarikh
36:15Namun TUHAN, Allah nenek moyang mereka, berulang-ulang mengirim pesan melalui utusan-utusan-Nya, karena Ia sayang kepada umat-Nya dan tempat kediaman-Nya.
36:16Tetapi mereka mengolok-olok utusan-utusan Allah itu, menghina segala firman-Nya, dan mengejek nabi-nabi-Nya. Oleh sebab itu murka TUHAN bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan.

Yesaya
1:2Dengarlah, hai langit, dan perhatikanlah, hai bumi, sebab TUHAN berfirman: "Aku membesarkan anak-anak dan mengasuhnya, tetapi mereka memberontak terhadap Aku.
1:3Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya."
1:4Celakalah bangsa yang berdosa, kaum yang sarat dengan kesalahan, keturunan yang jahat-jahat, anak-anak yang berlaku buruk! Mereka meninggalkan TUHAN, menista Yang Mahakudus, Allah Israel, dan berpaling membelakangi Dia.
1:5Di mana kamu mau dipukul lagi, kamu yang bertambah murtad? Seluruh kepala sakit dan seluruh hati lemah lesu.
1:6Dari telapak kaki sampai kepala tidak ada yang sehat: bengkak dan bilur dan luka baru, tidak dipijit dan tidak dibalut dan tidak ditaruh minyak.

Selama 2.000 tahun diberikan kebebasan, tak jalan. Selama 2.000 tahun yang kedua diberikan hukum-hukum, juga tak jalan. ELOHIM YAHWEH tak habis pikir;

Yeh. 33:11Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari hidupmu yang jahat itu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?

Bagaimana mengatasi masalah ini? Haruskah keturunan Adam dan keturunan Ishak mati semuanya?

Roma
3:10seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.
3:11Tidak ada seorangpun yang berakal budi, tidak ada seorangpun yang mencari Allah.
3:12Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak.
3:13Kerongkongan mereka seperti kubur yang ternganga, lidah mereka merayu-rayu, bibir mereka mengandung bisa.
3:14Mulut mereka penuh dengan sumpah serapah,
3:15kaki mereka cepat untuk menumpahkan darah.
3:16Keruntuhan dan kebinasaan mereka tinggalkan di jalan mereka,
3:17dan jalan damai tidak mereka kenal;
3:18rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu."

Kelihatannya manusia dalam keadaan tak berdaya melawan dosa. Hukum-hukum Taurat terlalu tinggi untuk mereka jangkau;

Yer. 13:23Dapatkah orang Etiopia mengganti kulitnya atau macan tutul mengubah belangnya? Masakan kamu dapat berbuat baik, hai orang-orang yang membiasakan diri berbuat jahat?

ELOHIM YESHUA tergelitik hatiNYA untuk turun tangan;

Mazmur
40:6(40-7) Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut.
40:7(40-8) Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;
40:8(40-9) aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku."
40:9(40-10) Aku mengabarkan keadilan dalam jemaah yang besar; bahkan tidak kutahan bibirku, Engkau juga yang tahu, ya TUHAN.

Tuntutan Hukum Taurat harus digenapi oleh ELOHIM YESHUA. Hanya DIA yang sanggup menjalankan tuntutan hukum itu dengan sempurna, sebab IA ANAK ELOHIM YAHWEH. DIA harus turun sebagai seolah-olah manusia biasa, sebab IA harus mewakili manusia biasa, manusia yang menanggung kutuk dosa. DIA harus menaklukkan tipu daya iblis supaya iblis kehilangan sengatnya.

Untuk menjadi Manusia biasa, ELOHIM YESHUA harus melepaskan segala atribut KEANAKELOHIMANNYA, sehingga DIA tidak lagi dikawal oleh para malaikat;

Filipi
2:6yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Itu sebabnya ketika dicobai iblis di padang gurun, iblis berkata: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."

Yah, jika YESHUA ANAK ELOHIM YAHWEH, DIA akan diamankan oleh para malaikat, seperti anak presiden yang mendapat pengawalan dari Paspampres. Tapi kali ini YESHUA bukanlah ANAK ELOHIM YAHWEH, tapi ANAK MANUSIA.

Mat. 8:20Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."

Traktat perjanjian yang lama perlu diganti dengan perjanjian yang baru, sebab jika hukum Taurat dibawakan oleh nabi Musa, hamba ELOHIM YAHWEH, tapi Injil dibawakan oleh YESHUA, ANAK ELOHIM YAHWEH. Jika Perjanjian Lama berbicara tentang aturan-aturan dan hukum-hukum, Perjanjian Baru berbicara tentang Kabar Baik, yaitu keselamatan oleh anugerah ELOHIM YAHWEH.

Anugerah diberikan berdasarkan suka-suka hati ELOHIM YAHWEH tanpa memperhitungkan kebenaran orang itu, sehingga orang berdosapun memiliki peluang untuk diselamatkan. Berbeda dengan Hukum Taurat yang menuntut kebenaran.

Yehezkiel
18:2"Ada apa dengan kamu, sehingga kamu mengucapkan kata sindiran ini di tanah Israel: Ayah-ayah makan buah mentah dan gigi anak-anaknya menjadi ngilu?
18:3Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, kamu tidak akan mengucapkan kata sindiran ini lagi di Israel.

Hukum Taurat memang menanggungkan dosa ayah ke anak-anaknya sampai keturunan yang keempat;

Keluaran
34:6Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,
34:7yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat."

ELOHIM YAHWEH berjanji akan mengakhiri sindiran-sindiran itu;

Yeremia
31:31Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,
31:32bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.
31:33Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

ELOHIM YESHUA diberi kuasa untuk memaklumkan hukum yang baru;

Yes. 42:1Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

Mat. 12:18"Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa.

Matius
5:21Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.
5:22Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

Matius
5:27Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
5:28Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Matius
5:33Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.
5:34Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,

Matius
5:38Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

Jika Perjanjian Lama dimeteraikan dengan darah domba, Perjanjian Baru dimeteraikan dengan darah ELOHIM YESHUA;

Luk. 22:20Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

Dari zaman permulaan Kristen hingga saat ini ada 2.000 tahun. Ini adalah fase 2.000 tahun yang ketiga, fase Perjanjian Baru di mana setiap orang yang masuk Kristen dibaptis, menerima ROH KUDUS, dan ROH KUDUS itu merupakan penuntun kebenaran. ROH KUDUS adalah Alkitab yang hidup, yang menerangi akal budi kita, sehingga kita tidak memerlukan pengajaran dari manusia;

Yeremia
31:33Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
31:34Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

1Yoh. 2:27Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Anugerah adalah sesuatu yang wajar, merupakan kewajiban ELOHIM YAHWEH yang Mahakuat menolong manusia yang lemah;

Yeh. 34:16Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.

Yoh. 10:11Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

Anugerah itu harus kita sambut dengan iman;

Ef. 2:8Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

Yohanes 3:18Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. 

Hati-hati, kita telah memasuki 6.000 tahun atau 6 hari, sedangkan hari ke-7 adalah masa seribu tahun perhentian atau seribu tahun Sabat;

Wahyu
20:1Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;
20:2ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
20:3lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

2Ptr. 3:8Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

Hasil gambar untuk gambar menggendong orang

Posting Komentar