Senin, 07 Agustus 2017

KEJURUSELAMATAN YESHUA

Penebusan adalah suatu bentuk pertanggungjawaban dari suatu kesalahan yang menyebabkan kerugian terhadap pihak lain. Misalnya, kita meminjam uang. Kalau niat kita meminjam, ya harus kita kembalikan supaya tidak merugikan orang lain. Jika kita meminjamnya kepada teman dekat, biasanya kita tidak dimintai jaminan, sebab dasarannya saling percaya. Tapi jika kita meminjam di orang lain atau bank, kita harus memberikan jaminan berupa sertifikat rumah atau BPKB mobil, sebagai tanda bahwa kita berniat membayar kembali utang itu. Maka ketika kita ada uang untuk melunasinya, kita bisa mengambil kembali barang-barang yang kita jaminkan tersebut. Mengambil kembali barang-barang jaminan itulah yang disebut dengan penebusan.

Kalau di jalan kita menabrak kendaraan lain, kita wajib memberikan ganti kerugian sebagai tebusan kesalahan kita. Kalau tidak membawa surat-surat kendaraan, kita kena tilang, kita harus membayar denda sebagai tebusan kesalahan itu. Kalau kita melakukan perbuatan kriminal, kita akan ditangkap polisi dan dipenjarakan sebagai tebusan kejahatan kita itu.

ELOHIM YAHWEH mendidik bangsa Israel sebagai anak-anakNYA, mereka dididik sebagai bangsa yang mengenal tanggungjawab. Jika mereka berbuat dosa, melanggar larangan TUHAN, maka mereka harus menebus kesalahan itu dengan mengorbankan seekor kambing. Setiap kesalahan dendanya seekor kambing. Padahal harga kambing saat ini sekitar Rp. 1 juta perekor.

Misalnya, semalam mereka pergi ke pelacuran, maka esok harinya mereka harus menebus dosa itu dengan seekor kambing. Sewa pelacurnya berapa, kambingnya berapa. Betapa mahalnya sebuah dosa?! Dan tak cukup segitu saja, melainkan kambing itu harus mereka bawa ke Bait Suci yang ada di kota Yerusalem. Bagaimana jika Bait Suci itu seumpama Kaabah di Mekah, sedangkan kita orang Indonesia? Bagaimana jika jarak kotanya seperti Mekah-Medinah yang berjarak sekitar 500 kilometer untuk ukuran zaman Israel purba yang harus ditempuh dengan berjalan kaki?!

Itu sebabnya Hukum Taurat gagal dipraktekkan oleh bangsa Israel. Semenjak mereka memasuki negeri Kanaan dan dilakukan pembagian wilayah atas 12 suku, semenjak itulah mereka cenderung meninggalkan peribadatan Taurat. Banyak perintah-perintah TUHAN yang tidak sanggup mereka praktekkan, sehingga mereka masih hidup dalam dosa-dosa mereka karena tak tertebuskan.

Kisah  15:10Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?

Yes. 24:5Bumi cemar karena penduduknya, sebab mereka melanggar undang-undang, mengubah ketetapan dan mengingkari perjanjian abadi.

Penebusan dosa dibuat berbelit-belit seperti itu maksudnya adalah supaya bangsa Israel menyadari betapa mahalnya harga sebuah dosa, supaya kedatangan ELOHIM YESHUA sebagai MASHIA, sebagai MASIHULLAH, sebagai JURUSELAMAT, bisa merupakan sebuah kasih karunia, sebuah anugerah yang sangat besar dari ELOHIM YAHWEH;

Yohanes 3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Coba bayangkan di zaman dulu sebelum ada Handphone; kita perlu jam dinding yang besar, kita perlu kalender yang besar, kita perlu radio yang besar, kita perlu pesawat telepon yang besar, kita perlu ke kantor pos untuk mengirimkan surat, kita perlu ke kantor PLN untuk membayar rekening listrik hingga antri berderet-deret, kita perlu berhari-hari untuk hubungan surat-menyurat, kita perlu CD player untuk mendengarkan musik, kita perlu televisi yang besar, kita perlu antena parabola untuk menerima siaran televisi luar negeri, kita perlu mesin ketik, dan lain-lainnya. Tapi, kini semua itu sudah dirampingkan dalam sebuah Handphone yang besarnya hanya sesaku. Betapa mudahnya hal yang dulu begitu sulitnya. Betapa murahnya harga Handphone bila dibanding dengan harga barang-barang yang tersebut di atas.

Penebusan dosa Hukum Taurat yang tidak mungkin dipraktekkan oleh bangsa Israel, telah disederhanakan sedemikian rupa oleh korban ELOHIM YESHUA di kayu salib. Segala kesusahan Israel telah dipikulNYA, supaya Israel mendapatkan kelegaan;

Yesaya
9:1(8-23) Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain.
9:2(9-1) Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.
9:3(9-2) Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan.
9:4(9-3) Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian.
9:5(9-4) Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api.
9:6(9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
9:7(9-6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.
9:8(9-7) Tuhan telah melontarkan firman kepada Yakub, dan firman-Nya itu menimpa Israel.

Kekuasaan ANAK YAHWEH itu begitu besar, seperti ELOHIM YAHWEH sendiri. Itulah janji yang diucapkan ELOHIM YAHWEH kepada Yakub, dan janji itu digenapi ketika Israel telah menjadi suatu bangsa.

Ayub, seorang yang saleh, yang diejek habis-habisan oleh sahabat-sahabatnya sebagai orang yang jahat, pada saat dia terdesak dia melihat bahwa nasibnya pasti akan berubah. Segala kata-katanya boleh terpahat kekal di sebuah kitab, tapi nasib buruknya takkan selama-lamanya. Dia yakin kesalehannya akan tertebus. Dia yakin segala kebajikannya takkan dilupakan TUHAN;

Ayub
19:21Kasihanilah aku, kasihanilah aku, hai sahabat-sahabatku, karena tangan Allah telah menimpa aku.
19:22Mengapa kamu mengejar aku, seakan-akan Allah, dan tidak menjadi kenyang makan dagingku?
19:23Ah, kiranya perkataanku ditulis, dicatat dalam kitab,
19:24terpahat dengan besi pengukir dan timah pada gunung batu untuk selama-lamanya!
19:25Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu.
19:26Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingkupun aku akan melihat Allah,
19:27yang aku sendiri akan melihat memihak kepadaku; mataku sendiri menyaksikan-Nya dan bukan orang lain. Hati sanubariku merana karena rindu.
19:28Kalau kamu berkata: Kami akan menuntut dia dan mendapatkan padanya sebab perkaranya!,
19:29takutlah kepada pedang, karena kegeraman mendatangkan hukuman pedang, agar kamu tahu, bahwa ada pengadilan."

Ayub yakin bahwa kemalangannya ini akan tertebus, sama seperti keyakinan bangsa Israel ketika di Mesir diperlakukan sebagai budak, mereka teringat kepada ELOHIM YAHWEH, Sesembahan Abraham, nenek-moyang mereka, bahwa ELOHIM YAHWEH pasti akan melawat mereka, pasti akan membebaskan mereka dari negeri Mesir itu. Dan terbuktilah, ELOHIM YAHWEH mengutus nabi Musa sebagai penebus mereka;

Keluaran
3:6Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.
3:7Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.
3:8Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.
3:9Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka.
3:10Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir."

Dan di tengah perjalanan di padang gurun itulah ELOHIM YAHWEH menjanjikan kepada bangsa Israel, bahwa ELOHIM YAHWEH akan mendatangkan seorang nabi yang sama seperti nabi Musa, maka kepada DIA-lah bangsa Israel harus mendengarkan. Sebab bangsa Israel menolak didatangi oleh ELOHIM YAHWEH yang selalu menimbulkan ketakutan, sehingga mereka meminta seorang manusia saja sebagai wakilNYA;

Keluaran
20:18Seluruh bangsa itu menyaksikan guruh mengguntur, kilat sabung-menyabung, sangkakala berbunyi dan gunung berasap. Maka bangsa itu takut dan gemetar dan mereka berdiri jauh-jauh.
20:19Mereka berkata kepada Musa: "Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati."

Ulangan
18:15Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
18:16Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.

Maka 600 tahun menjelang kedatanganNYA, ELOHIM YAHWEH menunjukkan ciri-ciri MESIAS itu kepada nabi Yesaya;

Yesaya
52:13Sesungguhnya, hamba-Ku akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan.
52:14Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia--begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi--
52:15demikianlah ia akan membuat tercengang banyak bangsa, raja-raja akan mengatupkan mulutnya melihat dia; sebab apa yang tidak diceritakan kepada mereka akan mereka lihat, dan apa yang tidak mereka dengar akan mereka pahami.
53:1Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?
53:2Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
53:3Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
53:4Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
53:6Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
53:7Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
53:8Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
53:9Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
53:10Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
53:11Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
53:12Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.

Malaikat Gabriel menyebutkan tugas YESHUA itu kepada Yusuf, ayahNYA;

Matius 1:21Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

YESHUA artinya YAHWEH yang menyelamatkan, sedangkan MASHIA artinya adalah JURUSELAMAT. Jadi, YESHUA ha MASHIA artinya adalah YAHWEH menyelamatkan manusia melalui DiriNYA;

Yohanes 3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 14:6Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

YESHUA dengan MASHIA boleh disebutkan secara terpisah;

Mat. 27:22Kata Pilatus kepada mereka: "Jika begitu, apakah yang harus kuperbuat dengan Yesus, yang disebut Kristus?" Mereka semua berseru: "Ia harus disalibkan!"

Pilatus katakan: YESHUA yang disebut MASHIA. YESHUA adalah nama, sedangkan MASHIA adalah sebutan atau gelar.

Kepada Yusuf, malaikat Gabriel menyuruh memberikan nama: YESHUA(Yesus). Tapi kepada para gembala, malaikat Gabriel memperkenalkan sebutan atau gelarnya: MASHIA;

Luk. 2:11Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Rasul Markus menuliskan nama dan gelarnya; YESHUA ha MASHIA;

Mrk. 1:1Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.

YESHUA ha MASHIA adalah ANAK ELOHIM YAHWEH, bukan YAHWEH sendiri.

ELOHIM YESHUA sendiri menyatakan bahwa darah yang dicurahkanNYA adalah untuk penebusan dosa-dosa umat manusia;

Mat. 26:28Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Kata rasul Paulus;

Ef. 1:7Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

Kol. 1:14di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Kata makhluk sorgawi, darahNYA untuk membeli orang-orang berdosa untuk persembahan kepada ELOHIM YAHWEH;

Wahyu
5:9Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
5:10Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Manusia yang seharusnya mati menurut hukum di Taman Eden, dibangkitkan kembali oleh ELOHIM YESHUA. ELOHIM YAHWEH mengutuk mati manusia, ELOHIM YESHUA membangkitkannya.

Hasil gambar untuk gambar domba yang disembelih

Posting Komentar