Minggu, 10 September 2017

TUJUH PILAR PELAYANAN JEMAAT PADEPOKAN LEWI

Pesan bapak Linggardjati kepada Perhimpunan Pustaka Lewi adalah supaya Padepokan Lewi bisa membentuk tujuh jemaat sebagaimana tujuh jemaat di kitab Wahyu yang terdiri dari jemaat Efesus, Smirna, Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia dan Laodikia(Wahyu 2-3). Supaya di area dua hektar itu bisa didirikan tujuh blok semacam RT sehingga ketujuhnya menjadi sebuah RW.

Tapi mengingat ketujuh jemaat di kitab Wahyu itu semuanya mendapatkan celaan dari ELOHIM YESHUA ha MASHIA, maka kita harus mengenakan jemaat di Kisah pasal 2 dan pasal 4 yang merupakan jemaat yang masih murni sebagai standart jemaat yang benar, yang memiliki kuasa dan kewibawaan.

1. TIM PENGINJILAN;

Kisah pasal 2 dimulai dari pekabaran Injil para rasul di hari Pentakosta;

Kisah 2:14Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.

2. TIM PEMBAPTIS;

Kisah 2:41Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

Dalam sehari melayani 3.000 orang baptisan jelas pekerjaan ini membutuhkan sejumlah orang yang dikhususkan untuk membaptis. Dan rasul Paulus menerangkan bahwa pekerjaan membaptis tidak harus dilakukan oleh penginjil, melainkan bisa dilayani oleh orang lain;

1Kor. 1:17Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itupun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.

3. TIM PENGGEMBALAAN;

Kisah 2:42Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan.

Orang-orang yang telah masuk ke dalam kumpulan perlu pemeliharaan iman. Karena itu perlu ada tim guru-guru;

Rm. 12:7Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;


4. TIM PERJAMUAN;

Kisah 2:42 Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Harus ada bagian dapur atau konsumsi yang sekaligus mempersiapkan roti dan anggur perjamuan.


5. TIM PELAYANAN;

Kisah 2:43Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.

Adalah sebuah tim yang bertugas memberikan pelayanan tenaga dan karunia mujizat;

1Kor. 12:10Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.


6. TIM ANGGARAN;

Kisah 2:44

Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
2:45dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.

Adalah semacam bendahara yang mengelolah pemasukan dan pengeluaran keuangan termasuk perencanaan-perencanaan.

Kisah 6:1

Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari.
6:2Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja.
6:3Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
6:4dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."


7. TIM PEMBANGUNAN FISIK;

Kisah 2:45

dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
2:46Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
2:47sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

Dengan konsep banyak rumah ditukar dengan satu rumah, rumah besar ditukar rumah kecil, rumah mewah ditukar rumah sederhana, rumah batu ditukar rumah bambu, banyak kamar ditukar satu kamar, sehingga sisa uang bisa untuk makan bersama, maka semakin banyaknya pendatang baru membuat kumpulan itu memerlukan sebuah tim yang bertugas merencanakan pembangunan rumah-rumah di lingkungan itu.

Kisah 4:34

Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa
4:35dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.
4:36Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.
4:37Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

Hasil gambar untuk gambar perkampungan rumah bambu


Posting Komentar