Senin, 05 Maret 2018

LARANGAN KRISTENISASI

Maraknya bom-bom teroris yang ditujukan ke gereja-gereja salah satu hal yang menjadi alasannya adalah menentang upaya-upaya kaum Kristen menyebarkan agamanya ke kalangan kaum Muslim, yang menyebabkan "kemurtadan" kaum Muslim menjadi orang Nasrani. Mereka mendapati banyaknya gereja-gereja yang menyebarkan ajarannya secara licin melalui iming-iming uang, Sembako, pekerjaan, dan lain-lainnya.

Saya bahas dulu masalah metode penginjilan melalui iming-iming uang, Sembako, pekerjaan, dan lain-lainnya, yang lebih bersifat membujuk, yang tidak menjadikan Injil sebagai Kabar Baik pertamanya, atau yang tidak menggunakan metode diskusi perbandingan agamanya. Apakah cara-cara itu dibenarkan oleh Alkitab?

ELOHIM YESHUA atau YESUS, ketika mengajarkan ajaranNYA memiliki situasi yang sama dengan situasi keagamaan di Indonesia, di mana pada zaman itu semua orang Yahudi masih beragama Yahudi yang terbagi dalam 3 golongan; Farisi, Saduki dan Ahli Taurat. Saat itu Kristen masih berjumlah Seorang, yaitu YESUS saja, sebelum YESUS merekrut 12 murid.

Cara YESUS merekrut ke-12 murid adalah dengan cara-cara ajakan; "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." - Matius 4:19. YESUS mengajak mereka seperti mengajak bekerja, sebagai buruh atau pegawai yang diberi gaji atau upah. Waktu itu para murid belum tahu kalau mereka dijadikan murid sebuah agama. Mereka pikir mereka adalah pegawai;

Mat. 19:27Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?"

Itu pertanyaan setelah beberapa waktu mereka mengikut YESUS dan belum mendapatkan apa-apa. Tapi yang YESUS perlihatkan kepada mereka selama itu adalah membuat mujizat air menjadi anggur di desa Kana, mengajar banyak orang, menyembuhkan berbagai penyakit, dan meyakinkan mereka bahwa IA adalah MESIAS, ANAK YAHWEH;

Matius 16:15

Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
16:16Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Ketika YESUS membuat mujizat air menjadi anggur sebagai mujizat pertamaNYA, itu merupakan cara YESUS memperkenalkan DiriNYA, sebagai Orang yang mempunyai kuasa. Ketika YESUS menyampaikan ajaranNYA ke hadapan orang banyak, itu merupakan cara YESUS memperkenalkan Diri sebagai Seorang GURU. Dan ketika YESUS menyembuhkan berbagai penyakit secara ajaib, itu juga merupakan cara YESUS meyakinkan bahwa DIA adalah ANAK YAHWEH.

Karena waktu itu belum ada gereja-gereja Kristen dan pendeta-pendeta yang memperkenalkan YESUS, maka YESUS memperkenalkan DiriNYA sendiri. Jadi, memberitakan Injil yang benar, yang Alkitabiah adalah memberitakan tentang YESUS, memperkenalkan YESUS. "Siapa YESUS" itulah yang harus kita ceritakan pada orang. Memberikan uang, Sembako, pekerjaan dan lain-lainnya harusnya sebagai bentuk kasih, bukan sebagai iming-iming. Bukan sebagai cara memperkenalkan diri kita ini Kristen, tapi orang Kristen itu harus memberitakan tentang YESUS. Bukan kitanya yang diberitakan, tapi YESUS-nya.

Memperkenalkan YESUS kepada orang-orang yang beragama lain atau orang yang sudah memiliki agama, mau tidak mau harus melalui sebuah proses tanya-jawab, atau diskusi. Di zaman YESUS-pun orang-orang Yahudi tak mau begitu saja melepaskan agama Yahudinya, tak mau begitu saja mempercayai omongan YESUS, melainkan mengujinya melalui berbagai pertanyaan yang harus dijawab secara meyakinkan;

Ketika YESUS menyampaikan perkataan yang indah-indah, orang-orang yang mendengarnya merasa heran. Bukankah YESUS itu hanya anaknya Yusuf, si tukang kayu? Dari mana sekolahnya sehingga bisa berkata-kata yang bagus seperti itu?

Luk. 4:22Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: "Bukankah Ia ini anak Yusuf?"

Ketika YESUS menyatakan DiriNYA ANAK YAHWEH, orang-orang Yahudipun mempertanyakan: Bukankah YESUS itu manusia biasa? Bagaimana hendak menyetarakan diri dengan YAHWEH?

Yohanes 10:33Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah."

Mereka juga mempertanyakan bukti-buktinya;

Matius 16:1Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus. Mereka meminta supaya Ia memperlihatkan suatu tanda dari sorga kepada mereka.

Pertentangan tajam antara YESUS dengan orang-orang Yahudi yang tidak mempercayaiNYA itulah yang menyeret YESUS sampai ke tiang salib, oleh sebab YESUS tidak mau menuruti tuntutan mereka untuk menghentikan ajaranNYA yang dianggap menyesatkan bangsa Yahudi;

Luk. 23:2Di situ mereka mulai menuduh Dia, katanya: "Telah kedapatan oleh kami, bahwa orang ini menyesatkan bangsa kami, dan melarang membayar pajak kepada Kaisar, dan tentang diri-Nya Ia mengatakan, bahwa Ia adalah Kristus, yaitu Raja."

Mereka marah karena selalu kalah diskusi dengan YESUS, karena selalu dikasih jawaban-jawaban yang mengunci oleh YESUS. Mereka marah karena diskusi, bukan karena Sembako;

Lukas 14:6Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

Gereja yang lain lagi berupaya menggantikan Injil YESUS dengan injil ilmu kesehatan atau injil kesehatan. Bukan YESUS yang diperkenalkan tapi ilmu kesehatan, ilmu gizi, ilmu makanan vegetarian, bahkan injil literatur, yaitu orang Kristen yang memasarkan buku-buku kesehatan produksi gereja. Padahal menurut Alkitab, Injil adalah berita tentang YESUS;

Rm. 16:25Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, --menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,

Jika ada injil yang isinya bukan tentang YESUS, maka itu adalah injil palsu;

Galatia 1:3

kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus,
1:4yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita.
1:5Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.
1:6Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
1:7yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

Kata rasul Paulus, terkutuklah orang yang memalsukan Injil YESUS.

Pertentangan-pertentangan yang terjadi selama ini antara Islam dengan Kristen masih sebatas masalah injil yang lain, yaitu injil uang, injil Sembako, injil pekerjaan dan injil kesehatan, masih belum ke masalah inti, yaitu penolakan terhadap YESUS-nya, sebagaimana kisah Alkitab;

Kis. 5:28katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."

Gereja-gereja yang bermacam-macam merk itu menjadikan orang-orang menjadi muridnya, menjadi anggota gerejanya masing-masing, bukan menjadikan mereka sebagai murid YESUS sebagaimana yang dikehendaki YESUS;

Matius 28:19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Itulah keretaapi-keretaapi yang anjlok, yang tidak berjalan di atas relnya.

Menyikapi fenomena keributan antar agama yang berlarut-larut, maka menteri agama dan menteri dalam negeri membuat Surat Keputusan Bersama, yang dikenal dengan SKB 2 Menteri, yang isinya melarang menyiarkan agama ke orang-orang yang telah beragama; SKB nomor 1 Tahun 1979, Bab III, pasal 4:

Pelaksanaan penyiaran agama tidak dibenarkan untuk ditujukan terhadap orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama lain dengan cara:

a. Menggunakan bujukan dengan atau tanpa pemberian barang, uang, pakaian, makanan dan atau minuman, pengobatan, obat-obatan dan bentu-bentuk pemberian apapun lainnya agar orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama yang lain berpindah dan memeluk/menganut agama yang disiarkan tersebut.

b. Menyebarkan pamflet, majalah, bulletin, buku-buku, dan bentuk-bentuk barang penerbitan cetakan lainnya kepada orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama yang lain.

c. Melakukan kunjungan dan rumah ke rumah umat yang telah memeluk/menganut agama yang lain.

Pemerintah telah intervensi ke wilayah otoritas agama; agama Kristen, agama yang diakui sah keberadaannya, yang diakui sah kitab sucinya, yaitu: Alkitab, yang mana di dalamnya mengandung perintah TUHAN yang harus ditaati umatNYA;

Matius 28:19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Tentu saja itu bukanlah berita baru bagi orang Kristen, sebab seribu tahun sebelum kelahiran YESUS, raja Daud telah bernubuat tentang kerusuhan itu;

Mazmur 2:1

Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
2:2Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang diurapi-Nya:
2:3"Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu mereka dan membuang tali-tali mereka dari pada kita!"
2:4Dia, yang bersemayam di sorga, tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka.
2:5Maka berkatalah Ia kepada mereka dalam murka-Nya dan mengejutkan mereka dalam kehangatan amarah-Nya:
2:6"Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!"
2:7Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.
2:8Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.
2:9Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk."
2:10Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia!
2:11Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar,
2:12supaya Ia jangan murka dan kamu binasa di jalan, sebab mudah sekali murka-Nya menyala. Berbahagialah semua orang yang berlindung pada-Nya!

Dan di zaman para rasul nubuatan itupun tergenapi;

Kis. 5:28katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."

Tetapi para rasul memberikan jawaban;

Kisah 5:29Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

Saat ini kita dihadapkan dengan dilematis antara SKB 2 Menteri dengan perintah TUHAN yang menyuruh kita memberitakan Injil ke segala makhluk;

Mrk. 16:15Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Secara Alkitabiah, takdir Kristen adalah takdir untuk disebut pengacau dan pembuat huru-hara;

Matius 10:16

"Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
10:17Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.
10:18Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Matius 10:22Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Matius 10:38

Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.
10:39Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Kis. 16:20Setelah mereka membawa keduanya menghadap pembesar-pembesar kota itu, berkatalah mereka, katanya: "Orang-orang ini mengacau kota kita ini, karena mereka orang Yahudi,

Kis. 19:23Kira-kira pada waktu itu timbul huru-hara besar mengenai Jalan Tuhan.

Memberitakan Injil dimusuhi pemerintah, tidak memberitakan Injil dimusuhi ELOHIM YAHWEH. Pilih yang manakah? Sebenarnya, mengapakah kita harus memberitakan Injil? Mengapa kita harus memberitakan YESHUA ha MASHIA?

Yohanes 3:16Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 14:6Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Sebab tidak ada seorangpun yang bisa menghadap langsung pada ALLAH. Menurut Injil, kaum Muslim yang langsung menghadap ALLAH itu tidak dibenarkan. Semua orang yang mau datang kepada ALLAH harus melalui YESUS;

Kisah 4:12Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Ancaman bagi orang-orang yang tidak percaya YESUS adalah tidak diselamatkan;

Yohanes 3:18Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Karena itu Injil harus diberitakan supaya sebanyak mungkin orang menerima keselamatan. Betapa jahatnya jika Injil dilarang atau dihalang-halangi diberitakan. Orang menolak Injil atau tidak percaya, itu adalah haknya. Tapi jangan Injil dilarang diberitakan. Sebab pelarangan itu menyalahi penerimaan Kristen sebagai salah-satu agama yang diakui pemerintah sejak kemerdekaan 1945. Pelarangan memberitakan Injil sama halnya dengan pelarangan orang Kristen melakukan ibadah. Sebab memberitakan Injil termasuk juga ibadah.

Image result for gambar mengajarkan alkitab
Posting Komentar