Minggu, 11 Maret 2018

MENGKAJI 16 AYAT TRINITAS

In-Christ.net menuliskan begini;
http://www.in-christ.net/blog/network_alkitab/16_ayat_tersurat_allah_tritunggal

16 AYAT TERSURAT ALLAH TRITUNGGAL

Banyak orang Kristen dan nonkristen mempertanyakan kebenaran mengenai ajaran Allah Tritunggal apakah benar dari Alkitab. Apakah Alkitab benar-benar mengajarkan mengenai Allah Tritunggal? Berikut penulis buktikan melalui ayat-ayat Alkitab begitu banyak ayat yang secara langsung dan tidak langsung menjelaskan mengenai Kebenaran tentang Allah Tritunggal. Kebenaran mengenai Allah Tritunggal/Trinitas melawan semua ajaran sesat dan bidat-bidat seperti Kristen Tauhid atau Unitarian, Saksi Yehuwa, Sabelianisme/UPCI/GPSdI, Arianisme, dan semua bidat lain yang tidak mengimani Allah Tritunggal.Semoga menguatkan iman dan menjadi berkat.
  1. MATIUS 3:16-17
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari surga (ALLAH BAPA) yang mengatakan, "Inilah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan."

JAWABAN SAYA:

Di ayat itu ada YESUS, ada ROH ALLAH dan ada ALLAH BAPA. Itu adalah tiga, bukan tiga dalam satu. Itu adalah Tri, bukan Trinitas.

a. Masing-masing melakukan pekerjaan yang berbeda: YESUS melihat ROH ALLAH seperti burung merpati, ROH ALLAH yang seperti burung merpati itu turun ke YESUS, dan ALLAH BAPA berbicara dari sorga.

b. Masing-masing berada di tempat yang berbeda; YESUS di sungai Yordan, ROH ALLAH di udara, dan BAPA di sorga.

c. Masing-masing mempunyai ujud yang berbeda; YESUS Manusia, ROH ALLAH burung merpati, BAPA suara.

Jadi, itu adalah tiga Pribadi, bukan tiga dalam satu atau three in one. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. MATIUS 28:19
Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama (ONOMA=bentuk tunggal) Bapa dan Anak dan Roh Kudus, (Ketiga Pribadi itu setingkat namun SATU=nama dalam bentuk Tunggal)

JAWABAN SAYA:

Nama bentuk tunggal? Bagaimana masing-masing yang mempunyai nama yang berbeda bisa ditunggalkan? BAPA, ANAK dan ROH KUDUS saya ganti dengan saya, istri dan anak; apakah itu satu nama? Kalau nama bentuk tunggal itu jika beratas nama kelembagaan, seperti: "Kami atas nama Pustaka Lewi" itu nama bentuk tunggal, sebab Pustaka Lewi mewakili semua anggotanya. Tapi jika masing-masing disebutkan namanya itu bukan lagi nama bentuk tunggal.

Anda mengatakan "Ketiga Pribadi itu setingkat". Mulai kapan bapak dengan anak itu sederajat? Kalau ada anak yang menyetarakan dirinya dengan orangtuanya, maka kita akan menyebut anak itu anak kurangajar! Apakah anda sedang memberikan image bahwa YESUS itu ANAK yang kurangajar?

Yoh. 6:38Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.

Anda perlu pengertian yang lebih baik tentang angka satu di Alkitab, bahwa angka satu di Alkitab tidak mesti merupakan angka matematika yang berarti penjumlahan. Alkitab adalah kitab tuntunan moral, sementara ilmu matematika merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan. Karena itu Alkitab bisa menguasai matematika tapi matematika tidak bisa menguasai Alkitab. Alkitab bisa memakai konsep penjumlahan, pengurangan, pembagian maupun perkalian. Tapi ilmu matematika jangan dipergunakan sebagai kacamata untuk membaca angka-angka di Alkitab.

Contohnya;

Kej. 2:24Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Satu daging. Apa benar laki-laki dengan perempuan itu berjumlah satu daging? Apa benar itu satu orang? Apa benar dua orang dijumlah menjadi satu orang? Apa benar suami-istri itu satu orang? Kalau disebut satu jiwa, betul, artinya satu paham atau satu pemikiran. Tapi kalau disebut satu orang itu keliru sekali.

Jadi, satu di Alkitab bisa diartikan secara luas sebagai kesatuan atau unity, bukan satu tunggal atau esa. Tapi ALLAH disebut Alkitab sebagai ALLAH yang esa, ALLAH yang tunggal, ALLAH yang satu secara matematika. Bahwa ALLAH jumlahnya hanya satu saja;

1Tim. 2:5Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

ALLAH satu, YESUS juga satu. Pribadi sendiri-sendiri. Itu dibuktikan bahwa masing-masing memiliki kehendak atau keinginan yang berbeda;

Luk. 22:42"Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."

Kehendak YESUS adalah ingin diloloskan dari salib, tapi kehendak BAPA adalah supaya YESUS menghadapi salib. Dan YESUS menyatukan diri dalam ketaatan pada kemauan BAPA.

Flp. 2:8Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!
  1. MARKUS 1:10-11
1:10 Pada saat Ia (YESUS) keluar dari air, langsung Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. (ROH KUDUS)
1:11 Lalu terdengarlah suara dari surga, "Engkaulah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Mulah Aku berkenan." (BAPA)

JAWABAN SAYA:

Ini adalah ayat pengulangan dari nomor 1. Maka jumlah ayat yang anda sodorkan bukanlah 16 ayat tapi 15 ayat. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!


      4. MARKUS 12:36
 
12:36 Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan (BAPA) telah berfirman kepada Tuanku (YESUS): duduklah di sebelah kanan-Ku (YESUS DUDUK DI SEBELAH KANAN BAPA), sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

JAWABAN SAYA:

Peran ROH KUDUS di situ adalah bercerita. Yang diceritakan adalah BAPA, sedangkan teman bicara BAPA adalah YESUS. Itu juga tentang tiga pribadi tanpa bentuk penyatuan. Hanya tri tanpa nitas. Hanya tri tanpa tunggal. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!


  1. LUKAS 1:35
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya, "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah (YESUS).
 
JAWABAN SAYA:

Sudah sangat jelas di situ bahwa YESUS adalah ANAK ALLAH, bukan ALLAH BAPA. Menyodorkan ayat itu sama halnya dengan menampar jidat sendiri. Anda sendiri mengakui bahwa YESUS adalah ANAK ALLAH. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. LUKAS 3:21-22
3:21 Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit
3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit, "Engkaulah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Mulah Aku berkenan." (BAPA)


JAWABAN SAYA:

Ini juga pengulangan dari nomor 1 dan 3. Karena itu bukan 15 ayat melainkan hanya 14 ayat. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. LUKAS 10:21
10:21 Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata, "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.

JAWABAN SAYA:

YESUS bersyukur pada BAPA. YESUS berterimakasih pada BAPA, sama seperti kita bersyukur pada TUHAN atas kebaikanNYA. Itu artinya YESUS tidak sederajat dengan BAPA;

Yoh. 14:28Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. YOHANES 1:32-33
1:32 Selanjutnya Yohanes bersaksi, katanya, "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia (ROH KUDUS) tinggal di atas-Nya (YESUS).
1:33 Dan aku pun dulu tidak mengenal-Nya (YESUS), tetapi Dia (BAPA), yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah (YESUS) yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
1:34 Aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

JAWABAN SAYA:

IA ini ANAK ALLAH. YESUS ini ANAK ALLAH, bukan ALLAH. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. I Korintus 12:4-6
12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. (yaitu Roh Kudus)
12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. (Tuhan Yesus Kristus)
12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah (BAPA) adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
 
Dari
Ayat ini nampak tiga pribadi yang bergerak bersama yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Perlu diperhatikan tentang kata Roh, Tuhan dan Allah!


JAWABAN SAYA:

ROH satu, TUHAN satu, dan ALLAH satu. 1 + 1 + 1 = 3. Dan anda menyebut: "satu kesatuan". Itu artinya unity, bukan keesaan, bukan tunggal tapi jamak. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. Kisah Para Rasul 20:28
20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah [Bapa] yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya [Tuhan Yesus Kristus] sendiri.

JAWABAN SAYA:

Peranan ROH KUDUS menetapkan, peranan BAPA pemilik jemaat, sedangkan peranan YESUS adalah mengorbankan darahNYA. Lagi-lagi anda mengakui YESUS itu ANAK. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. II Korintus 13:13
13:13 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah (BAPA), dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

JAWABAN SAYA:

Yang memiliki kasih adalah YESUS dan BAPA, sedangkan yang mempersatukan atau mempersekutukan adalah ROH KUDUS, sama seperti ayat ini;

1Yoh. 1:3Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.

Persekutuan orang Kristen adalah dengan BAPA dan ANAKNYA, sedangkan ROH KUDUS adalah yang memimpin pada kebenaran;

Yohanes 14:6Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. Efesus 4:4-6
4:4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

JAWABAN SAYA:

ROH-nya berapa? Satu! TUHAN-nya berapa? Satu! ALLAH-nya berapa? Satu! Jadi, berapa jumlahnya? Tiga! ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. Ibrani 9:14
9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

JAWABAN SAYA:

Apakah peran KRISTUS? Mengorbankan darahNYA! Apakah peran ROH KUDUS? Yang memimpin KRISTUS untuk mengorbankan darahNYA. Apa peran ALLAH? Yang menerima persembahan darah YESUS. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. I Petrus 1:2
1:2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh (KUDUS), supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

JAWABAN SAYA:

Siapa pemilik rencana? ALLAH! Siapa yang menguduskan? ROH KUDUS! Siapa yang harus ditaati? YESUS! ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. I YOHANES 5:7-8
5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam surga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. (Bandingkan dg Yoh 1:14, Firman jadi Manusia yaitu Yesus=Anak Allah)
5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]: Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

(Saya mengimani ayat ini ada dalam naskah asli dan percaya naskah salinan TR(Textus Receptus=Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani) yg dipelihara Allah dan jelas-jelas memuat ayat ini), 

JAWABAN SAYA:

Anda telah melakukan perbuatan yang tidak terpuji, melakukan kecurangan dengan menghilangkan tanda kurung ( ). Lihat kalimat yang sebenarnya:

5:7

Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
5:8Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

Tanda kurung adalah penambahan oleh penerbit. Mungkin teks aslinya ada bagian yang terpotong sehingga ada berbagai macam versi penerjemahannya;

>> Alkitab versi BIS: Ada tiga saksi:

>> Alkitab versi FAYH: kosong

>> Alkitab versi KSI: Ruh adalah saksi, karena Ruh itu adalah ke-benaran.

>> Alkitab versi DRFT_SB:  Adapun Roh itu ialah yang bersaksi, karena Roh itu ialah yang benar.

>> Alkitab versi BABA:  Dan roh itu-lah yang bersaksi, kerna Roh itu dia-lah kbtulan.

>> Alkitab versi DRFT_WBTC:  Jadi, ada tiga yang memberi kesaksian tentang Yesus kepada kita:

>> Alkitab versi BBE:   And the Spirit is the witness, because the Spirit is true.

>> Alkitab versi MESSAGE:   A triple testimony:

>> Alkitab versi GWV:   There are three witnesses:

>> Alkitab versi BHSSTR: kosong

>> Alkitab versi LXXM: kosong

ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

  1. Wahyu 1:4-5
1:4 Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat yang di Asia Kecil: Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, (BAPA) dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhta-Nya, (ROH KUDUS)
1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, (TUHAN YESUS) yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya --

JAWABAN SAYA:

"Ketujuh roh yang ada di hadapan takhtaNYA" anda kasih kurung (ROH KUDUS). Memangnya siapa yang sedang diceritakan di situ? BAPA atau ROH KUDUS? Anda juga lancang memberi tanda kurung (BAPA) sekalipun benar BAPA adalah Pemilik takhta;

Why. 22:1Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.

Yang mempunyai takhta ada 2 yaitu ALLAH dan YESUS. Mana takhta milik ROH KUDUS?

Bandingkan dengan ini:

Wahyu 21:22Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.

ALLAH dan YESUS disebut sebagai Bait Suci. Mana Bait Suci ROH KUDUS?

Wahyu 21:23Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.

ALLAH sebagai matahari, YESUS sebagai lampu. Mana yang lebih besar antara matahari dengan lampu? Lalu ROH KUDUS sebagai apakah? Jika demikian hanya ada 2, tidak 3. ANDA GAGAL MENYAJIKAN TRINITAS!

Hasil gambar untuk gambar matahari
Posting Komentar