Kamis, 19 April 2018

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK - IV



DASAR PEMBAHASAN: SEMINAR TRINITAS GMAHK(download):

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – I

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – II

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK - III
http://bloghakekatku.blogspot.co.id/2018/04/menanggapi-seminar-trinitas-gmahk-iii.html


TULIS GMAHK:



Selanjutnya Ellen White  menambahkan, “Di dalam Kristus  adalah hidup yang asli, tidak  dipinjam, tidak diperoleh dari orang lain.”  -  Alfa dan Omega, 6:149.   


TANGGAPAN SAYA:

Menurut tulisan itu YESUS memiliki hidup yang asli, bukan hasil pinjaman juga bukan hasil pemberian dari ALLAH. Mungkin itu berdasarkan ayat ini:

Yohanes 1:4Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Di dalam YESUS ada hidup. Okey. Tapi bagaimana ceritanya itu?

Yoh. 5:26Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.

Yohanes 5:26 menerangkan, bahwa BAPA mempunyai hidup dalam diriNYA sendiri. Bahwa BAPA tidak berasal dari manapun, mungkin seperti tumbuhnya rumput yang tumbuh sendiri tanpa ada yang menanamnya. Nah, konsep hidup dengan sendirinya itu diberikan BAPA untuk YESUS, ANAKNYA. Seperti apakah itu?

Dari antara manusia yang disebut diciptakan ALLAH hanyalah YESUS;

Why. 3:14"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:

Kol. 1:15Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

Seperti apakah konsep ciptaan itu?

Kej. 1:3Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.

Ketika difirmankan: "Jadilah", maka itu langsung terjadi. "Jadilah YESUS", maka YESUS itu langsung jadi. Tanpa proses pembuatan seperti ALLAH membuat Adam dan Hawa dari tanah, tanpa proses kelahiran seperti Ishak, Yohanes Pembaptis dan YESUS ketika dilahirkan Maria. Rasanya tak ada seorangpun manusia yang ada dengan sendirinya tanpa melalui proses hubungan biologis, tanpa dihamilkan dan dilahirkan.

Nah, jika YESUS diadakan secara ciptaan, secara seketika, bukankah YESUS sama seperti ALLAH yang ada dengan sendirinya? Bedanya, YESUS memiliki Pencipta, yaitu ALLAH. Tapi YESUS tidak memiliki ayah dan ibu seperti manusia lainnya.

Ibr. 7:3Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.

Yoh. 8:23Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Yoh. 3:31Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.

Yoh. 1:18Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Bagaimana dengan rumput? Rumput adalah tumbuhan yang memiliki hidup yang asli, bukan hasil pinjaman. Tak ada siapapun yang meminjamkan kehidupan untuk rumput. Semua orang membenci rumput sehingga tak mungkin ada orang yang memberikan kesempatan hidup buat rumput barang sesaatpun. Hidupnya bukan hasil pinjaman, juga bukan hasil pemberian orang. Tapi kita yang beriman tahu bahwa rumput adalah salah satu dari ciptaan ALLAH.

Why. 3:14"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:

Jadi, perkataan Ny. Ellen G. White itu Alkitabiah. Sebagaimana Perjanjian Lama dibuka dengan cerita tentang sosok ALLAH;

Kejadian 1:1Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

"Pada mulanya ALLAH........" Demikian pula Perjanjian Baru dibuka dengan cerita tentang sosok YESUS;

Yohanes 1:1Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

"Pada mulanya adalah FIRMAN" dan itu dilanjutkan dengan keterangan bahwa FIRMAN itu bersama-sama dengan ALLAH;

Ibr. 8:1Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga,


TULIS GMAHK:



Catatan Ellen G. White tentang kuasa yang membangkitkan Kristus dari dalam kubur-Nya “Ketika suara malaikat yang berkuasa kedengaran di kubur Kristus, mengatakan, Bapa-Mu memanggil Engkau, Juruselamat pun keluarlah dari kubur oleh hidup yang ada dalam Diri-Nya sendiri.”  -  Alfa dan Omega, 6:437.



TANGGAPAN SAYA:

Yang pertama, kalimat itu perlu diperiksa lebih dahulu, apa benar Ny. Ellen G. White menuliskan seperti itu? Yang kedua, apakah terjemahannya sudah tepat seperti itu? Jika terjemahan itu sudah benar-benar akurat, maka saya perlu menyatakan bahwa Ny. Ellen G. White bukanlah termasuk kanon Alkitab sehingga perkataannya tidak mutlak harus diikuti. Jika sesuai Alkitab kita aminkan, jika bertentangan dengan Alkitab harus kita campakkan ke tong sampah! Sebab pernyataannya bertentangan sekali dengan Alkitab;

Kis. 2:24Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu.

Kis. 3:15Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi.

Kis. 5:30Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh.

Kis. 13:30Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati.

Kis. 13:34Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan Ia tidak akan diserahkan kembali kepada kebinasaan. Hal itu dinyatakan oleh Tuhan dalam firman ini: Aku akan menggenapi kepadamu janji-janji yang kudus yang dapat dipercayai, yang telah Kuberikan kepada Daud.

Kis. 17:31Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati."

Rm. 4:24tetapi ditulis juga untuk kita; sebab kepada kitapun Allah memperhitungkannya, karena kita percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati,

Rm. 8:11Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Coba hitung, berapa banyak ayat yang menyatakan bahwa YESUS dibangkitkan oleh ALLAH, bukan bangkit dengan sendirinya? Masihkah anda menyetujui perkataan Ny. Ellen G. White yang seperti itu? Silahkan! Tapi saya tak mungkin mengenakan ayat itu untuk keimanan saya.

(Berlanjut)
Posting Komentar