Kamis, 19 April 2018

MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK - V

DASAR PEMBAHASAN: SEMINAR TRINITAS GMAHK(download):
MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – I
MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – II
MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK - III
http://bloghakekatku.blogspot.co.id/2018/04/menanggapi-seminar-trinitas-gmahk-iii.html
MENANGGAPI SEMINAR TRINITAS GMAHK – IV


====================================================

TULIS GMAHK:



Ellen G. White juga memberi pernyataan tentang Roh Kudus “Roh itu harus dikaruniakan sebagai suatu perantara yang menghidupkan kembali, dan tanpa hal ini pengorbanan Kristus akan sia-sia . . . Dosa dapat dilawan dan dikalahkan hanya dengan perantaraan kuasa Oknum Allah Ketiga dari Keallahan, yang datang dengan tenaga yang tidak berkurang, melainkan dalam kepenuhan kuasa Ilahi.”  -  Alfa dan Omega, 6:313-4.


TANGGAPAN SAYA:

1. Benarkah tugas ROH KUDUS menghidupkan kembali? Mari kita lihat tugas dari masing-masing Pribadi KEILAHIAN. Keilahian atau keallahan itu berbeda dengan ALLAH. Jika ALLAH menunjuk ke satu Pribadi, yaitu BAPA yang bernama YAHWEH, sedangkan KEILAHIAN atau KEALLAHAN menunjuk pada kesatuan BAPA, ANAK dan ROH KUDUS yang bekerjasama dalam rangka menyelamatkan manusia. BAPA adalah KEPALA atau BOSS atau TUHAN atau ALLAH bagi YESUS dan ROH KUDUS;

1Kor. 11:3Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Mat. 27:46Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?"* Artinya: /Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Yoh. 20:17Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."

Jadi, YAHWEH adalah ALLAH-nya YESUS. Dalam hidupNYA, YESUS selalu berdoa kepada BAPANYA. YESUS sangat bergantung pada BAPANYA;

Lukas
22:41Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya, lalu Ia berlutut dan berdoa, kata-Nya:
22:42"Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."
22:43Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya.
22:44Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

YESUS kalau berdoa pada BAPANYA >>>>>> b e r l u t u t.

Mat. 14:19Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.

YESUS kalau berdoa pada BAPANYA >>>>>>>> m e n e n g a d a h  k e  l a n g i t.

YESUS tak pernah membuat ajaran sendiri, melainkan menyampaikan ajaran BAPANYA;

Yoh. 7:16Jawab Yesus kepada mereka: "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

Yang mengatakan itu adalah YESUS sendiri, ditulis oleh rasul Yohanes, dan baik YESUS maupun rasul Yohanes kedudukannya jauh di atas kedudukan Ny. Ellen G. White.

Apakah ROH KUDUS bertugas membangkitkan orang mati?

Yoh. 5:21Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.

Yoh. 11:25Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,

Lalu apakah tugas dari masing-masing Pribadi KEILAHIAN itu?

1Ptr. 1:2yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

>> Yang mempunyai prakarsa keselamatan adalah YAHWEH

>> Yang bekerja menyelamatkan adalah YESUS, dengan darahNYA.

>> Yang mempromosikan program keselamatan itu adalah ROH KUDUS.

2. ROH KUDUS Oknum ALLAH yang ketiga dari KEALLAHAN; itu benar sekali, bahwa nomor urut berdasarkan derajatnya adalah yang ketiga. Jika dalam kejuaraan adalah juara tiga, yang tak pernah sederajat dengan juara pertama dan kedua.

Jika perkataan Ny. Ellen G. White itu disetujui, maka itu bukanlah konsep trinitas, justru sifatnya menggugurkan trinitas. GMAHK menjitak jidat sendiri??????


3. ROH KUDUS memiliki tenaga atau kuasa ALLAH sepenuhnya. Jelas harus begitu. Seorang utusan atau wakil harus memiliki power yang sama dengan yang diwakilinya. Bukankah ketika kita membuat "surat kuasa" untuk seseorang itu kita memberikan kuasa yang sepenuh-penuhnya agar orang itu bertindak atas nama kita? Tapi kuasa itu untuk menguasai siapa? Apakah untuk menguasai kita? Apakah untuk menyetarakan diri dengan kita? Tentu saja bukan untuk kita, melainkan untuk sasaran kita. Sedangkan bagi kita dia hanyalah hamba atau pelayan;

Za. 3:8Dengarkanlah, hai imam besar Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu--sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.

Mat. 12:18"Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa.

Matius 28:18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.


TULIS GMAHK:



F.M. Wilcox, editor majalah Review and Herald menuliskan satu artikel penting sehubungan dengan Trinitas pada tahun 1913 dengan judul “The Message for Today.” The Advent Review and Sabbath Herald, 9 Oktober 1913 “Trinitas ini terdiri dari Bapa yang kekal, satu pribadi, mahluk rohani, mahakuasa, mahatahu, kuasa, pengetahuan, kasih yang tak terbatas; dari Tuhan Yesus Kristus, Anak dari Bapa yang kekal, melalui Dialah segala sesuatu diciptakan, dan melalui mana keselamatan semua yang ditebus akan tercapai melalui Roh Kudus, Tiga pribadi dari Kepemimpinan Allah, satu-satunya saluran yang menghidupkan dalam pekerjaan penebusan itu.”


TANGGAPAN SAYA:

Kalimat di atas bukanlah kalimat trinitas, bukanlah konsep trinitas. Sebab kalimat di atas tidak menyejajarkan YESUS dengan ALLAH, melainkan menempatkan YESUS sebagai ANAK ALLAH. Tapi ajaran trinitas adalah ajaran yang menyejajarkan antara BAPA, ANAK dan ROH KUDUS.

Jika suatu kalimat bunyinya: "BAPA, ANAK dan ROH KUDUS adalah satu dalam Kerajaan ALLAH atau dalam KEALLAHAN" itu bukanlah trinitas. Tapi jika kalimat itu bunyinya: "BAPA, ANAK dan ROH KUDUS adalah ALLAH yang esa", maka itulah trinitas. Dan itu bukanlah ajaran Alkitab.

Wahai para penganut ajaran trinitas, berdirilah di atas konsep yang jelas, jangan abu-abu seperti itu! Jika anda abu-abu seperti itu, maka anda adalah serigala yang berbulu domba! Anda seperti iblis yang licin, yang curang, yang berbelit-belit, membingungkan. Anda seperti bencong, ya laki-laki, ya perempuan! Nggak jelas, seperti juga bunglon!

Wahai para pembaca, berhati-hati dan waspadalah terhadap setiap kata dan huruf yang anda baca, supaya anda jangan sampai disesatkan oleh iblis, pendusta itu! Kata-katanya penuh ranjau, penuh jebakan!

Ibr. 2:1Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.

Di antara kita harus ada pemisahan antara penganut trinitas dengan yang antitrinitas. Kita harus berkubu sendiri-sendiri, kita harus berdiri terpisah, kita harus berhadap-hadapan sebagai lawan;

1Kor. 11:19Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.

2Kor. 6:17Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.

2Kor. 6:14Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

1Ptr. 5:8Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Apakah rasul Petrus berbicara tentang iblis yang tak kelihatan, atau berbicara tentang manusia yang menjadi agen setan?

Ef. 6:12karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Perjuangan Kristen bukanlah perjuangan dalam pertempuran fisik, bukan dalam medan peperangan fisik seperti pasukan perang, tapi peperangan rohani melawan ajaran-ajaran yang menyesatkan;

Efesus
6:11Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
6:12karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.
6:13Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.
6:14Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,


TULIS GMAHK:



Pada tahun 1930 Divisi Afrika meminta kepada General Conference akan “Dasar Kepercayaan Gereja Advent.” Lalu General Conference segera membentuk komite kecil untuk membuat Dasar Kepercayaan Gereja MAHK dimana pada tahun 1931 diterbitkanlah buku SDA Year Book yang berisi ke-22 Dasar Kepercayaan Gereja Advent.



TANGGAPAN SAYA:

Komite kecil yang membuat 22 dasar kepercayaan Advent; bukankah itu mirip dengan Konsili-konsili yang suka diselenggarakan oleh gereja Roma Katolik, yaitu merumuskan Alkitab berdasarkan musyawarah? Padahal Alkitab dibuat bukan berdasarkan permusyawaratan melainkan dibuat berdasarkan ilham dan otoritas ROH KUDUS. Alkitab bukanlah semacam UUD yang dibuat oleh DPR atau sekumpulan orang banyak, melainkan seperti sebuah novel yang dibuat atau ditulis oleh satu orang saja, yang dibaca dan diakui oleh banyak orang atau pembacanya.

Masing-masing kitab dalam Alkitab itu ditulis oleh satu orang saja, yakni seorang yang diurapi ROH KUDUS. Tulisannya merupakan ilham ROH KUDUS bukan merupakan hasil musyawarah orang-orang sekampung. Karena itu buku-buku doktrin Advent harus digugurkan, tidak dibenarkan untuk menguasai Alkitab. Alkitab, biarkan seperti itu, biarkan dipahami secara berbeda-beda oleh setiap orangnya. Jangan sekali-sekali mengusahakan menyeret orang ke dalam pemikiran yang tertentu;

1Yoh. 2:27Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Matius
23:8Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara.
23:9Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.
23:10Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias.

Tugas membimbing orang ke dalam kebenaran adalah tugas ROH KUDUS, bukan tugas kita! Seperti saya, saya hanya memaparkan saja. Saya tak pernah mengajak atau berusaha mempengaruhi orang supaya berpihak pada saya atau mengakui kebenaran saya. Saya tak pernah berusaha menegakkan ajaran saya ke dalam suatu kelembagaan atau mendirikan gereja. Saya tak pernah berusaha menghimpun orang-orang yang sehaluan dengan saya. Tapi orang-orang yang sehaluan dengan saya itu perlu menyebar ke berbagai pelosok;

Kis. 6:7Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

Kis. 8:1Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (8-1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria.

Kis. 8:4Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil.

Kis. 11:19Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia; namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja.

Kis. 12:24Maka firman Tuhan makin tersebar dan makin banyak didengar orang.

Kebenaran jangan dilingkupkan tapi harus diluaskan, harus disebarkan! Harus dikembangkan, jangan dikuncupkan ke dalam satu gedung!

Jadi, segala doktrin-doktrin Advent harus digugurkan! Itu bukan Alkitab! Buku-buku Advent tak boleh menutupi Alkitab. Kita harus menghidupkan SOLA SCRIPTURA - Alkitab dan hanya Alkitab saja! Singkirkan buku-buku Advent dari mejamu!

(Berlanjut)

Posting Komentar